WASIAT IMAM GOZALI


Imam Ghazali merupakan salah satu ulama besar kaum Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Malam hari sebelum meninggal, beliau memberikan sebuah nasihat penting dan terakhirnya.
"Katakan kepada sahabat-sahabatku,
apabila mereka melihat diriku, mati
Menangis untukku
 
serta berduka dan bersedih karenaku 
Janganlah percaya jika
mayat yang kalian lihat itu adalah diriku
Dengan menyebut nama Allah, aku katakan kepada kalian,
itu bukan aku,
 
Aku adalah roh,
dan (yang kalian lihat) itu tidak lain hanyalah jasad
Ia adalah "rumah"
dan "pakaianku" untuk sementara waktu
  
Aku adalah harta karun,
yang disembunyikan oleh sebuah azimat,
yang terbuat dari debu,
yang menjadi tempat penyimpanan barang yang berharga bagiku
 
Aku adalah mutiara,
yang telah meninggalkan cangkangnya,
Aku adalah burung,
dan tubuh itu adalah sangkarku
  
Yang darinya aku kini telah beranjak pergi dan
ia kini telah ditinggalkan sebagai tanda
Segala puji bagi Allah, yang kini telah membebaskan aku
 
Dan menyiapkan tempat untukku di
surga yang tertinggi,
Sampai hari ini aku adalah mati, meskipun hidup
di tengah-tengah kalian.
 
Kini aku hidup dalam kebenaran, di mana pakaian-
kubur telah kutanggalkan.
Hari ini aku bercakap-cakap dengan para wali
di atas sana,
 
Dengan tanpa tabir di hadapanku,
Aku melihat Tuhan secara langsung,
Aku melihat Lauhul Mahfuz
dan di sana aku membaca
 
Apa yang terjadi di masa lalu
dan di masa sekarang dan semua yang akan terjadi.
Biarkan "rumahku" hancur,
letakkan "sangkarku" di tanah,
 
Buanglah "azimat" itu,
ia hanyalah sebuah tanda, tidak lebih
Singkirkan "jubahku",
ia tidak lain hanyalah "pakaian" luarku.
 
Tempatkan mereka semuanya di dalam kubur,
biarkanlah mereka terlupakan,
Aku telah berlalu di jalanku
dan kalian semua telah ditinggalkan
 
Tempat kediaman kalian
bukanlah tempat tinggal untukku.
Janganlah berpikir kematian adalah kematian,
tidak, ia adalah kehidupan,
 
Sebuah kehidupan yang melebihi semua
yang bisa kita impikan di sini,
Saat di dunia ini,
di sini kita diberikan tidur,
 
Kematian tidak lain hanyalah tidur,
tidur yang akan sangat panjang
Janganlah merasa takut
saat kematian mendekat,
 
Ia tidak lain hanyalah sebuah kepergian
menuju rumah yang diberkahi ini
Pikirkan ampunan
dan cinta Tuhan kalian,
 
Bersyukurlah atas rahmat-Nya
dan datanglah dengan tanpa rasa takut.
Apa yang terjadi pada diriku sekarang,
akan terjadi pada diri kalian juga nanti
 
Karena aku tahu bahwa kalian
seperti halnya diriku
Jiwa dari seluruh umat manusia
datang dari Tuhan
 
Tubuh seluruh umat manusia diramu dengan cara yang sama
Baik dan buruk, keduanya adalah milik kita
 
Aku kini memberi kabar gembira kepada kalian
Semoga kebahagiaan dan keselamatan dari Tuhan menyertai 
diri kalian untuk selamanya."

Popular posts from this blog

MUNGKIN INI YANG SELAMA INI ANDA CARI

Kalkulator Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Menstruasi

ISTILAH KOMPUTER DALAM BAHASA INDONESIA