Obat Alami Obati berbagai2 penyakit

> SAKIT DARAH TINGGI :

* Bagi Anda mereka yang menderita Sakit Darah Tinggi, hindari makanan yang bersifat panas seperti Daging Kambing, Duren, Alpukat, Nangka, Soda ( Soft drink ), Kopi dan Santan. Perbanyak makan makanan yang bersifat dingin seperti Sayur2an, Buah2an terutama Belimbing, Melon, dll. Hindari penggunaan obat2an Kimia secara terus menerus, mengingat setiap obat kimia mengandung efek samping negatif yang membahayakan bila di konsumsi terus menerus. ( Jadi racun )

> SAKIT DARAH RENDAH :

* Bagi yang Sakit Darah Rendah dianjurkan 2 ( dua ) hari sekali untuk memakan Sate Ati Kambing beberapa tusuk untuk meningkatkan tensi, tekanan darah agar menjadi normal, tidak rendah dan banyak2 memakan makanan yang bersifat panas, menghindar dari makanan yang bersifat dingin seperti Belimbing dan Melon.

> SAKIT KEPALA, PUSING, MIGRAIN :

* Bagi Mereka yang sering Pusing, Sakit Kepala, Migrain, jangan langsung meminum obat Sakit Kepala barangkali hanya karena banyak bergerak ber-aktifitas sehingga kekurangan gula. Cobalah untuk meminum segelas Teh Manis atau se sendok Madu, Insya Allah pusingnya, sakit kepala menghilang lenyap. *Meminum obat sakit kepala terus menerus dapat menyebabkan sakit Maag, gangguan pada lambung dan organ tubuh lainnya.

AKIBAT ALIRAN DARAH KE KEPALA KURANG LANCAR :

* Bilamana sakit masih berlanjut, kemungkinan besar di akibatkan oleh tersumbatnya aliran darah ke Otak, segeralah berobat, Terapi NurSyifa' sanggup melenyapkan sakit kepala hingga yang akut sekalipun, melancarkan aliran darah ke Otak dalam hitungan beberapa hari saja, cespleng, pada terapi yang pertama sudah terasa sembuhnya.

AKIBAT STRESS DAN KETEGANGAN BANYAK FIKIRAN :

* Atau sakit kepala dapat juga diakibatkan oleh sering Stress atau Fikiran Tegang banyak masalah dan derita, semua itu dapat disembuhkan Terapi NurSyifa' dalam waktu singkat tanpa meminum obat2an Kimia, bahkan Solusi jalan keluar terbaik akan diberikan agar memperoleh kehidupan yang lebih baik, rejeki lancar.

> RAMBUT RONTOK :

* Bilamana Rambut sering Rontok, Daun Pandan di Juice, di Blender kemudian dioleskan pada akar rambut dipagi hari selama 1 atau 2 jam dan kemudian dibilas. Beberapa hari kemudian rambut tidak rontok lagi, bahkan tercium harum pandan yang wangi keluar dari rambut Anda.

> MENINGKATKAN KINERJA OTAK DAN GIGI YANG SEHAT :

* Ada pepatah Belanda : Memakan sebutir Apel setiap harinya akan menjauhkan dari dokter gigi. Penemu Komputer APPLE memakan buah Apel setiap harinya yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kinerja Otak sehingga menemukan sistem Komputer yang canggih.

> SAKIT LEMAH SYAHWAT DAN EJAKULASI DINI :

* Bagi yang masih muda akan tetapi menderita Lemah Syahwat dan Ejakulasi Dini, cobalah resep ini : Telur ayam kampung 2 atau 3 butir direndam dimalam hari pada air putih, pagi harinya, ambil merahnya saja ( mentah ) dan dicampur dengan beberapa sendok Madu asli, diaduk hingga merah telur menjadi matang karenanya ( mengeras ), diminum langsung saat itu juga. Daging Kambing juga dapat meningkatkan Libido.

HARAP DIPERHATIKAN !

* Bagi penderita Darah tinggi, penderita Diabetes dan yang berumur diatas 40 tahun sebaiknya jangan mencoba resep tersebut. Sebelum berhubungan dengan Isteri, bacalah surat Al Waqi'ah ayat 1 s/d 40 minimal 3x. Bila sakit berlanjut.

> SAKIT PINGGANG, PINGGANG TERASA PANAS :

* Sakit Pinggang dan Pinggang Terasa Panas, sering terjadi pada mereka yang kurang minum. Cirinya : Air kencing berwarna kuning kemerahan dan keruh. Berhati2lah karena dapat berakibat fatal pada Ginjal Anda. Banyak2lah minum air putih haus tidak haus, setiap satu jam satu gelas, tujuannya untuk menguras racun2 dan penyakit agar segera keluar melalui saluran kencing waktu kekamar kecil, banyak minum juga mencegah timbulnya batu ginjal.

> SAKIT SARIAWAN PADA MULUT :

* Bagi penderita Sariawan pada mulut, segenggam akar alang2 ditumbuk kasar dan kemudian direbus dengan air 3 gelas. Setelah disaring, di kumur dan diminum hangat2 sehari 3x @ 1 gelas dengan dicampur sesendok madu atau Gula batu. Atau meminum air penyegar anti panas dalam.

> SAKIT BENJOLAN, KISTE, KISTA, MYOMA, MIUM, TUMOR :

* Bagi penderita sakit Benjolan, Kiste, Kista, Myoma, Mium, Tumor, Ramuan campuran dari Kunyit putih, Keladi Tikus dan Benalu Teh dengan dosis tertentu, selama masih kecil dapat menyembuhkan penyakit tersebut dalam waktu 4 sampai 8 bulan dengan diminum rutin setiap harinya. Atau dapat juga untuk mencegah agar jangan sampai terkena penyakit tersebut.

BILA PENYAKIT TELAH MENJADI KRONIS ATAU GANAS :

* Bilamana telah Membesar atau menjadi Kanker, maka Perlu berobat menyembuhkan tanpa meninggalkan bekas, tanpa Operasi atau Pembedahan maupun memasukan alat kedalam Tubuh. Biasanya sembuh dalam waktu 2 sampai 6 minggu saja tergantung kedalaman penyakitnya.

> SAKIT RADANG TENGGOROKAN :

* Bagi penderita sakit Radang Tenggorokan, jangan meminum obat Antibiotik karena biasanya dibutuhkan dosis tinggi yang keras, sehingga berefek samping negatif terhadap organ2 tubuh lainnya. Ramuan ini cara kerjanya mirip seperti Antibiotik akan tetapi tanpa efek samping negatif :

DAUN SIRIH SEBAGAI ANTIBIOTIK TANPA EFEK SAMPING :

* Tujuh lembar Daun Sirih yang kecil2 direbus dengan dua gelas air hingga tinggal segelas, diminum hangat2 sehari 3 x, pagi, siang dan malam. Bila sakit berlanjut,

> SAKIT KUNING ATAU LIVER :

* Bagi penderita Sakit Kuning atau Liver, obat mujarabnya adalah Istirahat penuh, dipadu dengan ramuan Temulawak dicampur dengan Madu atau Gula batu yang diminum sehari 3x. Pantangannya : Goreng2an, Santen, Lemak2, Pedes, Asem, dan harus banyak minum yang manis2.

BAGI PENDERITA DIABETES, RAMUAN DIATAS MENINGKATKAN GULA DARAH :

* Bagi mereka yang komplikasi dengan sakit Diabetes, dipersilahkan datang ke NurSyifa' saja, karena ramuan diatas dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga menjadi tidak efektif dan berakibat negatif bagi penderita diabetes.

> SAKIT WASIR ATAU AMBEIEN :

* Sakit Wasir atau Ambeien terjadi akibat Jenuh, Bosan atas Rutinitas Pekerjaan dan karena sering duduk diwaktu bekerja dan sedikit bergerak. Oleh karenanya penting untuk banyak beraktifitas ( bergerak, olahraga ) dan refreshing seminggu sekali dengan keluarga, untuk menghilangkan kejenuhan. Pantangan : Jangan makan yang Pedas2, Sambel, Santen, Gorengan, dll.


> SAKIT ASAM URAT :

* Untuk penyakit dan mencegah Asam Urat, pantangannya adalah : Emping, Melinjo, Isi Perut, Jeroan, Kol, Kangkung, Nangka, dll. Banyak2 minum air putih. Terapi NurSyifa' dapat menyembuhkan sakit Asam Urat dalam waktu singkat dan tanpa efek samping negatif.

> SAKIT REMATIK :

* Bagi penderita sakit Rematik dilarang minum Air Es, dan dianjurkan Mandi Air hangat selalu. Ramuan Obat : Daun Sereh ( Bukan Sirih ) ditumbuk sedikit kemudian direbus, air rebusan digunakan untuk Mandi dan untuk merendam yang terasa sakit. Bila air rebusan masih kekuningan, berarti masih ada khasiatnya. *Bila ingin cepat sembuh silahkan berobat Terapi NurSyifa'.

> SAKIT MAAG :

* Sakit Maag biasanya diakibatkan oleh : 1. Keracunan obat atau akibat meminum obat2an yang terlalu keras dalam jangka panjang. 2. Fikiran yang tegang, diakibatkan oleh sering Stress atau banyak masalah dan derita. 3. Gangguan Metabolisme pada Tubuh.

RAMUAN OBAT :

* Ramuan obat : Labu Parang dikukus pakai Gula Merah diminum sebelum makan 3x sehari. *Semua itu dapat disembuhkan Terapi NurSyifa' dalam waktu singkat tanpa meminum obat2an Kimia, bahkan Solusi jalan keluar terbaik akan diberikan agar memperoleh kehidupan yang lebih baik, rejeki lancar.

> MANFAAT MADU :

A) Madu sebagai Minuman / Makanan Kesehatan :

1) Madu sebagai campuran makanan / minuman bayi dan anak2 : Madu dicampurkan ke Susu meningkatkan kualitas susu sehingga memperbaiki gizi. 2) Madu sebagai campuran jamu. 3) Madu sebagai campuran pada minuman atau makanan agar lebih bergizi dan memberi energi aktif.

B) Madu untuk membantu penyembuhan penyakit :

1) Penyembuhan luka : Madu+ minyak ikan dioleskan pada luka. 2) Influenza dan sariawan : Madu dicampur air jeruk, atau susu, teh, mampu menghilangkan riak dan batuk. 3) Penyakit Paru2 : susu+madu 100 gr/hari mempercepat kesembuhan sakit TBC. 4) Penyakit Jantung : Minum madu secara rutin setiap hari mengobati Anginapoctoris atau lemah cardiovascular, dan penyakit jantung yang parah. 5) Penyakit Hati ( concentrated Hepatitis ) : Madu efektif membantu penyembuhan sakit kuning dan hati ( Liver ). 6) Penyakit Syaraf : Madu merupakan semacam obat penenang manjur terhadap gangguan syaraf, efektif sebagi obat insomnia dan sakit kepala. 7) Penyakit Tenggorokan : Madu+air jeruk+putih telur diminum untuk sakit batuk.

C) Madu untuk Kecantikan :

1) Madu untuk masker wajah selama 15 menit, kemudian dibersihkan dengan air dingin, efektif merangsang pertumbuhan jaringan baru pada wajah sehingga terlihat fresh dan lebih kencang. 2) Madu+Lidah Buaya sebagai tonik pada kepala, gosokkan merata pada kepala dan setelah 2 jam bilas dengan air dingin.

> BOTOL PLASTIK TIDAK BAIK BAGI KESEHATAN :

* Bahan plastik itu terbuat dari polimer yang sangat tidak baik jika di gunakan berulang. Coba di lihat di bawah botol ada angka 1 yang dilingkari tanda panah segi tiga. Itu artinya hanya boleh sekali pakai.

* Menurut penelitian, botol yang paling baik untuk minuman adalah yang warna hijau karena aman dari jamur. Coba lihat kalau Pak SBY meeting pasti botol minumnya warna hijau. Semoga bermanfaat.

> CEDERA, KESELEO, SALAH URAT DAN BENGKAK :

* Bilamana Anda keseleo, salah urat dan telah diurut akan tetapi masih bengkak dan matang biru, itu terjadi akibat terjadinya kerusakan jaringan atau pecahnya pembuluh darah didalam. Cara mengatasinya adalah dilumuri dengan ramuan beras kencur dan di kompres dengan air panas dan es bergantian. Tentu saja Anda perlu sabar karena butuh waktu hingga jaringan kembali pulih dan sehat.

> METODE MENGUATKAN TULANG SECARA ALAMI :

* Orang selama ini hanya tahu bahwa untuk mencegah keropos tulang cukup dengan kalsium. Padahal, kalsium hanya menguatkan tulang bagian luar saja. Sedangkan bagian penting adalah bagian dalam tulang yang akan menentukan kekuatan tulang bagian luar yang dibentuk oleh zat yang bernama hydroxyapatite, yaitu zat yang komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia.

* Hydroxyapatite, adalah makanan untuk tulang, yang berasal dari tulang binatang seperti ayam, kuda, sapi, atau kambing. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam yang banyak mengandung zat kapur, kolagen, hydroxyapatite secara alami dapat memelihara kekuatan tulang.* Banyak kasus Osteoporosis yg tidak sembuh hanya dengan minum susu kalsium.

> MANFAAT CAKAR / CEKER AYAM, KOLAGEN :

* Selain untuk tulang dan sendi, Kolagen juga berguna untuk : - Mempercepat pemulihan jaringan yang luka atau cedera. - Melindungi jaringan dari cedera kambuhan. - Membakar lemak ( bagus untuk yang ingin langsing ). - Mempercantik tampilan kulit ( jadi lebih kinclong ).

* Kolagen banyak terdapat pada cakar / ceker ayam.

> SAKIT RADANG SENDI ATAU ARTHRITIS, OSTEOPOROSIS :

* Rematik - adalah peradangan pada sendi, bisa menyerang pada rentang usia 25-50 th, tapi dapat juga menyerang pd usia yg lebih muda. Penyakit ini bersifat simetris, artinya menyerang sendi dikedua sisi tubuh, biasa menyerang sendi jari, pergelangan, lengan maupun tungkai. Yang diserang tidak hanya sendi tapi juga jaringan lunak disekitar sendi seperti otot, tendon dan jaringan lainnya, yg karena peradangannya tsb. menyebabkan mobilitas terganggu.

* Untuk mencegah timbulnya penyakit Radang Sendi, Arthritis, Osteoporosis, biasakanlah makan Ceker / cakar Ayam, Kikil, Tunjang secara berkala, dan Teh Hijau serta daun2an yang berwarna hijau tua.



1. Daun Dewa (Gynura segetum Merr.)
Efek/khasiat : meningkatkan sirkulasi darah, mencairkan bekuan darah, antikoagulan
Dosis : 15-30 gram daun segar atau 5-10 gram umbi
2. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
Khasiat/efek : menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah
Dosis : 2-3 buah matang
3. Mawar (Rosa chinensis Jacq.)
Efek/khasiat : melancarkan sirkulasi darah, menetralkan racun
Dosis : 3-10 gram bunga kering
4. Siantan (Ixora stricta Roxb.)
Efek/khasiat : mengecilkan bekuan darah, menurunkan tekanan darah
Dosis : 10-15 gram bunga
5. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Efek/khasiat : melancarkan sirkulasai dan mencairkan gumpalan darah, menetralkan racun dalam tubuh.
Dosis : 10 – 25 gram rimpang
6. Bawang Putih (Allium sativum L.)
Khasiat/efek :mencegah aterosklerosis, antikoagulan (menghancurkan penggumplan darah), menurunkan tekanan darah tinggi,
menurunkan kolesterol tinggi, menambah siistem kekebalan.
7. Bawang Bombay (Allium cepa L.)
Khasiat/efek : menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, mencegah pembekuan darah.
8. Terung Ungu (Solanum melongena L.)
Khasiat/efek : mencegah aterosklerosis, mencegah meningkatnya kolesterol darah
9. Jamur Kuping (Auricularia auricula)
Khasiat/efek :menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah aterosklerosis, menurunkan kolesterol.
10. Jamur ling zhi (Ganoderma lucidum Karst.)
Khasiat/efek :mencegah dan mengatasi jantung koroner, menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.
Dosis : 3-10 gram direbus, airnya diminum.
11. Daun Salam (Syzigium polyanthum)
Khasiat/efek : menurunkan koesterol dan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah tinggi.
12. Jantung Pisang (Musa paradisiaca)
Khasiat/efek :mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.
13. Rumput Laut (Laminaria japonica)
Khasiat/efek : menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah aterosklerosis.


Obat Alami dengan buah timun
Timun yang biasa hanya Anda pakai untuk lalapan atau rujakan, ternyata lebih bermanfaat dari itu. Tanaman ini gampang ditanam dan mudah didapatkan. Padahal, khasiatnya dahsyat; darah tinggi dan demam bisa luruh karena tanaman ini.
Timun atau mentimun adalah tanaman merambat yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral. Biasanya ditanam di sawah dan di ladang-ladang sebagai tanaman untuk sayur atau pun rujak. Timun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai.
Buah dari tumbuhan yang bernama latin Cucumis sativus ini dipercaya mengandung zat-zat saponin, mengeluarkan lendir, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Biji buah mentimun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan kerut.
Timun mentah bersifat menurunkan panas badan, juga meningkatkan stamina. Selain itu, timun juga mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang serta mengandung asam malonat yang berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, baik untuk mengurangi berat badan.
Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.
Berikut sejumlah contoh ramuan timun bagi kesehatan yang kami rangkum dari pelbagai sumber;

Obat sariawan.
Buah yang sering digunakan sebagai pelengkap hidangan rujak ini ternyata bermanfaat untuk meredakan sariawan atau seriawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup, niscaya buah yang memberi rasa dingin di rongga mulut ini mampu meredam "panas" sariawan. Tentu saja memakannya tanpa bumbu rujak atau sambal terasi, supaya mulut tidak malah jadi "terbakar".
K. Heyne Voderman dalam bukunya, Tijdschr. v. Inl. Geneeskundigen 1895, mengaku menyaksikan penderita sariawan yang berusaha berobat ke Eropa dengan hasil sia-sia, bahkan jadi kekurangan darah. Mereka akhirnya sembuh sempurna setelah setiap hari memakan sembilan buah mentimun selama beberapa bulan sembari melakukan diet ketat terhadap susu, telur, dan anggur.
Sayangnya, senyawa yang dikandung buah yang sangat berair ini belum diketahui akibat sangat langkanya penelitian.

Perawatan kulit dan wajah.
Perawatan dengan buah-buahan selama ini dianggap relatif aman bagi kesehatan kulit wajah dan rambut. Perawatan kecantikan seperti ini lebih baik daripada menggunakan produk kosmetika yang umumnya mengandung zat kimia. Kelebihan lain, perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah pada saat-saat senggang.
Timun sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan airnya mampu menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya pun sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah beberapa saat, lalu gosokkan perlahan-lahan pada seluruh wajah dan leher.
Untuk pembersih dan penyegar wajah, gunakan masker campuran timun yang dicincang dan yoghurt. Diyakini campuran ini cocok untuk semua jenis kulit. Yang perlu diingat, pilihlah buah-buahan yang cocok dengan jenis kulit agar mendapatkan wajah segar berseri seperti yang diinginkan.

Memperlancar air seni dan menurunkan darah tinggi.
Jus timun merupakan salah satu diuresis terbaik untuk melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi. Selain itu jenis sayuran ini enak dimakan mentah serta menyehatkan.

Mata yang sering lelah dan mengantuk.
Tempelkan irisan timun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak untuk mengatasi mata yang sering lelah dan mengantuk.
Obat jerawat. Ambil timun sebiji, iris-iris secukupnya sesuai kebutuhan. Tempelkan pada muka, khususnya daerah yang berjerawat.

Obat demam.
Ambil timun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.
Timun kaya akan silikon dan fluorin dan rendah kandungan kalorinya. Kalium membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak. Baik untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, eksem, gangguan hati, serta untuk kesehatan rambut dan kuku. Gunakan sebagai pasta untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan, dan kulit yang terbakar matahari.

ADZAN

Mukjizat Adzan
Oleh: Shahid Bin Wahid

Adzan adalah media luar biasa untuk mengumandangkan tauhid terhadap Maha yang Maha Kuasa dan risalah (kenabian) Nabi Muhammad saw. Adzan juga merupakan panggilan shalat kepada umat Islam, yang terus bergema di seluruh dunia lima kali setiap hari.
Betapa mengagumkan suara adzan itu, dan bagi umat Islam di seluruh dunia, adzan merupakan sebuah fakta yang telah mapan. Indonesia misalnya, sebagai sebuah negara terdiri dari ribuan pulau dan dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
Begitu fajar fajar menyingsing di sisi timur Sulawesi, di sekitar 5:30 waktu setempat, maka adzan subuh mulai dikumandangkan. Ribuan Muadzin di kawasan timur Indonesia mulai mengumandangkan tauhid kepada yang Maha Kuasa, dan risalah Muhammad saw.
Proses itu terus berlangsung dan bergerak ke arah barat kepulauan Indonesia. Perbedaan waktu antara timur dan barat pulau-pulau di Indonesia adalah satu jam. Oleh karena itu, satu jam setelah adzan selesai di Sulawesi, maka adzan segera bergema di Jakarta, disusul pula sumatra. Dan adzan belum berakhir di Indonesia, maka ia sudah dimulai di Malaysia. Burma adalah di baris berikutnya, dan dalam waktu beberapa jam dari Jakarta, maka adzan mencapai Dacca, ibukota Bangladesh. Dan begitu adzan berakhir di Bangladesh, maka ia ia telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.
Srinagar dan Sialkot (sebuah kota di Pakistan utara) memiliki waktu adzan yang sama. Perbedaan waktu antara Sialkot, Kota, Karachi dan Gowadar (kota di Baluchistan, sebuah provinsi di Pakistan) adalah empat puluh menit, dan dalam waktu ini, (Dawn) adzan Fajar telah terdengar di Pakistan. Sebelum berakhir di sana, ia telah dimulai di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam. Adzan kembali terdengar selama satu jam di wilayah Hijaz al-Muqaddas (Makkah dan Madinah), Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Irak.
Perbedaan waktu antara Bagdad dan Iskandariyah di Mesir adalah satu jam. Adzan terus bergema di Siria, Mesir, Somalia dan Sudan selama jam tersebut. Iskandariyah dan Istanbul terletak di bujur geografis yang sama. Perbedaan waktu antara timur dan barat Turki adalah satu setengah jam, dan pada saat ini seruan shalat dikumandangkan.

Iskandariyah dan Tripoli (ibukota Libya) terletak di lokasi waktu yang sama. Proses panggilan Adzan sehingga terus berlangsung melalui seluruh kawasan Afrika. Oleh karena itu, kumandang keesaan Allah dan kenabian Muhammad saw yang dimulai dari bagian timur pulau Indonesia itu tiba di pantai timur Samudera Atlantik setelah sembilan setengah jam.
Sebelum Adzan mencapai pantai Atlantik, kumandang adzan Zhuhur telah dimulai di kawasan timur Indonesia, dan sebelum mencapai Dacca, adzan Ashar telah dimulai. Dan begitu adzan mencapai Jakarta setelah kira-kira satu setengah jam kemudian, maka waktu Maghrib menyusul. Dan tidak lama setelah waktu Maghrib mencapai Sumatera, maka waktu adzan Isya telah dimulai di Sulawesi! Bila Muadzin di Indonesia mengumandangkan adzan Fajar, maka muadzin di Afrika mengumandangkan adzan untuk Isya.
Jika kita merenungkan fenomena ini dengan serius dan seksama, maka kita menyimpulkan fakta yang luar biasa, yaitu: Setiap saat ribuan muadzin —jika bukan ratusan ribu— di seluruh dunia mengumandangkan keesaan Allah yang Maha Kuasa dan kenabian Nabi Muhammad saw di muka bumi ini! Insya’allah, adzan (panggilan universal) lima kali sehari ini akan terus berlangsung sampai hari kiamat, Amin.
Di dalam kitab Mazmur 149: 1-9 disebutkan,
(1) Haleluya! Nyanyikanlah bagi Tuhan nyanyian baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh.
(2) Biarlah Israel bersukacita atas Yang menjadikannya, biarlah bani Sion bersorak-sorak atas raja mereka!
(3) Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi!
(4) Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.
(5) Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka!
(6) Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,
(7) untuk melakukan pembalasan terhadap bangsa-bangsa, penyiksaan-penyiksaan terhadap suku-suku bangsa,
(8) untuk membelenggu raja-raja mereka dengan rantai, dan orang-orang mereka yang mulia dengan tali-tali besi,
(9) untuk melaksanakan terhadap mereka hukuman seperti yang tertulis. Itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Haleluya!
Dengan membaca nubuwat ini secara seksama, maka kita mendapat kesan bahwa Nabi yang dijanjikan dan digambarkan sebagai raja itu adalah Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya. Allah berfirman di dalam al-Qur’an:
‘(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.’ (Ali Imran: 191)

Perluasan wilayah Islam dengan pedang ‘bermata dua’ sebagaimana disebut dalam nubuat di atas, dimulai dari penaklukan Makkah pada masa Nabi Muhammad (SAW), lalu disusul dengan jatuhnya Syria, Byzantine, Persia, Mesir, Konstantinopel, dan banyak negara lainnya, dimana kekuasaan dan kejayaan pada waktu itu ada di tangan para pengikut Muhammad SAW itu, bukan merupakan sejarah yang asing. Sementara Yahudi dan Kristen tidak dapat mengklaim sebagai pemilik nubuat tersebut, terutama mengenai Isa al-Masih.

SIWAK

KUTAMAAN SIWAK
Siwak atau pembersih gigi, adalah sebatang kayu yang berasal dari pohon “Arok” (pohon-pohonan yang banyak tumbuh di wilaya Timur tengah), sering kali dijumpai oleh para jama’ah Haji atau jama’ah Umrah di Kota Makkah Maupun Madinah Al-Munawwarah. Sayang sekali banyak dari para Jama’ah tersebut tidak membeli dan menjadikan siwak sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat, padahal dengan memakai Siwak, bukan saja telah menjalankan sunnah Rasul, dibalik itu justru manfaatnya sangatlah luar biasa.
Nabi Muhammad SAW, selalu memakai siwak ketika hendak berwudhu, sholat, membaca Al-Quran dan dalam hal-hal kebaikan lainnya termasuk hendak tidur dan bangun dari tidur. Bahkan di detik-detik wafatnya Nabi Muhammad SAW, beliau mencari dan menggunakan Siwak.
Siwak memiliki beberapa faedah yang sangat besar, diantaranya yang paling besar adalah yang telah dianjurkan oleh hadits:
“Siwak itu pembersih mulut dan diridhai Allah.” (HR. Ahmad)
“Keutamaan shalat dengan memakai siwak itu, sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak memakai siwak.” (HR. Ahmad)
Siwak bukan hanya bermanfaat secara spiritual, tetapi juga berguna untuk menjaga kesehatan. Para ilmuwan Amerika baru-baru ini menemukan efek menakjubkan siwak terhadap mulut: dalam satu kali penggunaan, siwak membunuh 80% bakteri. Siwak mencegah caries (gigi berlubang), menguatkan gusi, dan efeknya bertahan hingga hampir 48 jam. Tunisia dan negara-negara lainnya sudah mulai memproduksi pasta gigi berbahan dasar siwak.

Sebuah majalah Jerman memuat tulisan ilmuwan yang bernama Rudat, direktur Institut Perkumanan Universitas Rostock. Dalam tulisannya itu ia berkata,
“Setelah saya membaca tentang siwak yang biasa digunakan Bangsa Arab sebagai sikat gigi, sejak saat itu pula saya mulai melakukan pengkajian. Penelitian ilmiah modern mengukuhkan, bahwa siwak mengandung zat yang melawan pembusukan, zat pembersih yang membantu membunuh kuman, memutihkan gigi, melindungi gigi dari kerapuhan, bekerja membantu merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, dan melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit. Sebagaimana telah terbukti bahwa siwak memiliki manfaat mencegah kanker.”
Selain efek-efek higienis, siwak juga menstimulasi BAS (Biologically Active Spots = Titik Aktif Biologis) yang terletak di antara gigi dan gusi. Titik-titik ini mengatur enam organ (telinga, mata, hidung, lidah, dan oesophagus (saluran makanan dari mulut ke perut), tiga pasang cells (wedge shaped, rahang atas, ethmoid), sinus, sendi temporal rahang bawah, dan 28 saraf tulang belakang yang mengatur fungsi-fungsi secara praktis semua organ, otot, dans endi pada ekstremitas atas dan bawah.
Titik-titik yang sama mengatur fungsi sejumlah organ seperti empedu dan kantong empedu, liver, ginjal, perut, pancreas, limpa, paru-paru, jantung, usus besar dan usus kecil.
Terpijitnya BAS pada mulut oleh siwak akan meredakan rasa sakit dan menurunkan ketegangan otot-otot neurorefleks yang disebabkan oleh osteochondros (sejenis penyakit tulang). Penggunaan siwak secara teratur, selain mencegah penyakit, ia juga mengatur perkembangan 70 BAS dan membantu pikiran kita agar jernih. Dengan demikian, sebatang siwak yang digunakan dengan penuh keimanan dapat menggantikan peran dokter spesialis.
Kandungan Kimia Batang Kayu Siwak
Hasil penelitian oleh Al-Lafi dan Ababneh (1995) terhadap kayu siwak menunjukkan bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.
Siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat, seperti :
• Antibacterial acids, seperti astringents, abrasive dan detergents yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut.
• Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.
• Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.
• Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature.
• Anti decay agent (Zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.
Menurut laporan Lewis (1982), penelitian kimiawi terhadap tanaman ini telah dilakukan semenjak abad ke-19, dan ditemukan sejumlah besar klorida, fluor, trimetilamin dan resin. Kemudian dari hasil penelitian Farooqi dan Srivastava (1990) ditemukan silika, sulfur dan vitamin C. Kandungan kimia tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut dimana trimetilamin dan vitamin C membantu penyembuhan dan perbaikan jaringan gusi. Klorida bermanfaat untuk menghilangkan noda pada gigi, sedangkan silika dapat bereaksi sebagai penggosok. Kemudian keberadaan sulfur dikenal dengan rasa hangat dan baunya yang khas, adapun fluorida berguna bagi kesehatan gigi sebagai pencegah terjadinya karies dengan memperkuat lapisan email dan mengurangi larutnya terhadap asam yang dihasilkan oleh bakteri.
Penelitian lain dengan menjadikan bubuk siwak sebagai bahan tambahan pada pasta gigi dibandingkan dengan penggunaan pasta gigi tanpa campuran bubuk siwak menunjukkan bahwa prosentase hasil terbaik bagi kebersihan gigi secara sempurna adalah pasta gigi dengan butiran-butiran bubuk siwak, karena butiran-butioran tersebut mampu menjangkau sela-sela gigi secara sempurna dan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih bersarang pada sela-sela gigi. Sehingga banyak perusahaan-perusahaan di dunia menyertakan bubuk siwak ke dalam produk pasta gigi mereka. WHO pun turut menjadikan siwak termasuk komoditas kesehatan yang perlu dipelihara dan dibudidayakan.
Dalam penemuan ini terdapat dua mukjizat bagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Mukjizat pertama, yaitu manfaat-manfaat yang tampak pada siwak. Dengan ini, berarti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang pertama yang memerintahkan melindungi mulut dari berbagai macam penyakit. Mukjizat kedua, yaitu bagaimana Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bisa mengetahui dari sekian juta jenis pohon-pohonan, bahwa pohon siwak (saludora persica) mengandung banyak manfaat bagi manusia?
Waktu-waktu Disunnahkannya Bersiwak
Bersiwak disunnahkan di setiap saat, bahkan ketika berpuasa disepanjang harinya, dan menjadi sunnah muakadah pada waktu akan beribadah.
Adapun waktu-waktu yang disunnahkan secara muakkad untuk bersiwak diantaranya:
1. Setiap akan Berwudhu,
“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR. Bukhori dan Muslim)
2. Setiap akan melakukan shalat,
“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan sholat”. (HR. Bukhori dan Muslim)
3. Setiap Bangun Tidur,
“Adalah Rosululloh jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak” (H.R. Bukhori). Termasuk tanda kecintaan Nabi Shallallahu ‘aihi wa sallam kepada kebersihan dan ketidak sukaannya terhadap bau tidak enak, tatkala bangun dari tidur malam yang panjang, yang mana saat itu di mungkinkan bau mulut sudah berubah, maka beliau menggosok giginya dengan siwak untuk menghilangkan bau tidak sedap, dan untuk menambah semangat setelah bangun tidur, karena termasuk kelebihan siwak adalah menambah daya ingat dan semangat.
4. Setiap akan Masuk Rumah.
Telah meriwayatkan Syuraih bin Hani, beliau berkata: ”Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh Rosululloh jika dia memasuki rumahnya?” Beliau menjawab :”Bersiwak”. (HR. Muslim)
5. Ketika hendak membaca Al Qur’an.
Dari Ali ra. berkata : “Rasulullah memerintahkan kami bersiwak. Sesungguhnya seorang hamba apabila berdiri sholat malaikat mendatanginya kemudian berdiri di belakangnya mendengar bacaan Al Qur’an dan ia mendekat. Maka ia terus mendengar dan mendekat sampai ia meletakkan mulutnya di atas mulut hamba itu, sehingga tidaklah dia membaca satu ayat pun kecuali berada di rongganya malaikat” (HR. Baihaqy)
Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya?
Orang menggunakan siwak dalam bentuk batang atau stick kayu dengan cara:
1. Batang atau cabang siwak dipotong berukuran pensil dengan panjang 15-20 cm. Stick kayu siwak ini dapat dipersiapkan dari akar, tangkai, ranting, atau batang tanamannya. Stick dengan ukuran diameter 1 cm dapat digigit dengan mudah dan memberikan tekanan yang tidak merusak gusi apabila digunakan.
2. Kulit dari stick siwak ini dihilangkan atau dibuang hanya pada bagian ujung stick yang akan dipakai saja.
3. Siwak yang kering dapat merusak gusi, sebaiknya direndam dalam air segar selama 1 hari sebelum digunakan. Selain itu, air tersebut juga dapat digunakan untuk kumur-kumur.
4. Bagian ujung stick siwak yang sudah dihilangkan kulit luarnya digigit-gigit atau dikunyah-kunyah sampai berjumbai seperti berus.
5. Bagian siwak yang sudah seperti berus digosokkan pada gigi, dan bisa juga digunakan untuk membersihkan lidah.
Dalam sebuah Hadist dikatakan bahwa, Rasulullah SAW bersiwak dengan kayu arok, dan memulainya dari pertengahan, lalu kearah kanan lalu kekiri, demikian diulangi. sebanyak 3 X. Sebelum dan sesudah bersiwak, kayu Siwak (kayu arok atau sejenisnya) hendaklah dicuci. Siwak hendaklah disimpan posisi berdiri, jangan disimpan diatas tanah. Jika Siwak itu kering, sebaiknya direndam dengan air terlebih dahulu. Siwak berbeda dengan sikat gigi, siwak adalah kayu yang biasa dipakai untuk menggosok gigi hingga akhir masa.
Nah loe, begitu banyak faedah dan manfaatnya. Lalu, masihkah Anda meragukan siwak?
Di Indonesia, berhubung siwak itu sendiri agak sulit dicari, namun bukan berarti kita tidak bisa menunaikan sunnah rasul tersebut. Alternatif lain, yaitu dengan menggunakan pasta gigi siwak. Banyak dijual di toko-toko dan swalayan terdekat.
Sumber : apaajacampur.blogspot.com, abusalma.wordpress.com
DIarsipkan di bawah: Indo Top Religi, Kamu Harus Tahu | Ditandai: keutamaan menggunakan siwak

TIPS

Khasiat Minyak Tanah Dan Garam
Siapapun mengenal minyak tanah dan garam, disetiap dapur rumah pasti ada. Dan merupakah kebutuhan yang penting bagi manusia sehari-hari. Tapi taukah anda jika Minyak tanah dan garam ini punya khasiat yang lain, yaitu untuk pengobatan jika anda atau keluarga anda terkena sengatan binatang-binatang kecil yang berbisa. Contohnya jika tersengat(digigit) lipan/kelabang, tawon, kalajengking, sengat atau sirip(duri) ikan, dan binatang-binatang kecil lainnya yang berbisa. Cara nya cukup mudah hanya dengan mengolesi minyak tanah yang telah dicampur dengan garam ditempat atau tubuh yang terkena gigitan/sengatan binatang berbisa secara berulang-ulang.insya ALLAH rasa sakit dan nyeri akibat bisa tersebut akan hilang.
"Pengobatan ini saya pelajari dari almarhum Bapak saya".
Cara mendapatkan anak buat pasangan yang bertahun-tahun belum karunia anak
Cara untuk mendapatkan anak jika pasangan suami istri yang masih belum dikarunia anak menurut petuah orang tua dulu yaitu buat istri selalulah mengkonsumsi kacang tanah di gonseng tiap harinya, dan buat suami juga harus mengkonsumsi toge atau kecambah yang telah dimasak tiap harinya. Memang petuah ini kelihatannya sepele sekali namun jika dibarengi keyakinan dan sungguh melakukannya dan tak lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada ALLAH SWT ,mudah-mudah Mukjizat Allah swt datang untuk kita.

Tentang petuah kuno ini saya dapatkan dari saudara saya. Dimana saudara saya itu udah menikah hampir lima tahun lamanya, namun yang jadi beban pikiran mereka , mereka belum juga di karunia anak . Udah puas mereka berobat dan memeriksa kebanyak dokter ahli kandungan dan mengikuti saran-saran dari mereka namun belum juga di karunia anak. Namun setelah mengikuti petuah orang tua zaman dulu yaitu dengan mengkonsumsi kacang tanah digongseng yang dilakukan sang istri setiap hari dan sang suami juga mengkonsumsi sayur toge atau kecambah setiap harinya , Alhamdulillah sekarang saudara saya itu sedang menjalani masa kehamilan yang udah berusia 7 bulan.

Ingatlah setiap usaha yang dibarengi dengan doa ,pasti ada hikmat yang baik kan kita dapatkan.

Cara mengobati lemah syahwat dengan telur dan bawang
Penyakit lemah syahwat sangat di takuti pria, dan tidak sedikit pria yang menderitanya, terutama sekali pada pria yang sudah berusia pertengahan. Menurut sebuah buku tua peninggalan mertua saya , untuk mengobati lemah syahwat ini bisa di lakukan dgn cara tradisional yang cukup sederhana. Yaitu :

Ambillah 3 butir telur ayam kampung, dan buang putih telurnya, kemudah ambil 5 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah.

Bawang putih maupun bawang merah ditumbuk sampai halus, diambil airnya. Kemudian campurkan dengan kuning telur ayam kampung tadi, diaduk-aduk sampai rata, kemudian taruh di mangkok dan dikukus (di tim) sampai setengah matang. Waktu yang tepat memakannya ialah pagi hari. Lakukan cara ini setiap pagi hari selama satu bulan penuh.

Mudah-mudah penyakit lemah syahwat anda akan dapat disembuhkan dan bisa kembali kuat merajai dunia persilatan..he..he..he...
khasiat daun pepaya untuk obat malaria
Kemaren saya pernah menuliskan tentang khasiat buah pepaya untuk melancarkan buang air besar , hari ini saya akan menulis tentang khasiat daunnya yang sangat bagus untuk menyembuhkan demam malaria . caranya pun cukup mudah :

Pertama ambilah satu genggaman tangan daun pepaya , kemudian dicuci bersih-bersih dengan air. Kemudian daun papaya tadi ditumbuk sampai halus. Setelah itu daun pepaya yang sudah halus itu diisi didalam kain bersih untuk diperas dan diambil sari airnya.

Kedua air sari perasan daun pepaya tadi diminum , lihat hasilnya jika dalam 12 jam demam kita atau si penderita masih tinggi , boleh diulangi lagi meminum air perasan tersebut .

jika memang panas badan yang terlalu tinggi dan menggigil yang tak berhenti-henti , saya sarankan secepatnya dibawa kedokter, karena penyakit demam malaria ini sangat berbahaya .
cara menurunkan gula darah
cara menurunkan gula darah ini saya dapat resepnya dari tetangga, walau kelihatannya sangat mustahil namun demi pengobatan mak saya , tetap saya coba juga. menurut "mak lan" nama tetangga saya itu cara dia menurunkan gula darahnya yang dulu mencapai 500 hingga menjadi 280 dalam beberapa hari hanya dengan memakan "undur-undur"(istilah kami di singkep, istilah ilmiahnya saya tidak tahu ) binatang kecil pembuat lubang dan penggali pasir seperti gambar disamping , caranya pun teramat mudah hanya dengan memakan 3 ekor "undur-undur" yang dimasukkan kedalam pisang dan dilakukan selama 3 hari berturut -turut , dan hasilnya luar biasa gula darahnya bisa turun teramat drastis (500 turun 280).

rupanya cara ampuh ini dikuatkan oleh salah satu sumber teman saya yang bekerja di batam bernama rusli, katanya pernah sekali temannya membeli obat gula darah dari sense (ahli pengobatan cina)untuk bapaknya yang berbentuk kapsul yang harganya Rp.250rb, 2 x memakan kapsul itu gula darah bapaknya turun drastis , penasaran sang teman tadi karena kemanjuran kapsul tadi yang hanya memakan 2 butir gula darah langsung bisa turun , lalu dia membeli kapsul itu lagi dan coba melihat isinya, rupanya didalam kapsul itu terdapat 3 ekor "undur-undur" , binatang kecil seperti yang saya ceritakan diatas

melihat kenyataan itu mak saya pun mencobanya , susah payah saya mencarinya (kami disingkep binatang ini tak perlu membelinya cukup mencari karena banyak terdapat dirumah orang yang tanahnya berpasir), menyelusuri tepi dan disamping rumah orang dan mengobrak -abriknya dengan sendok kecil (klu kami di kampung mencari-cari disamping rumah orang gak masalah , jangan dikota bisa diteriak maling..he.he... ) , baru dapat 3 ekor dan semalam udah dimakanya, tinggal 6 ekor lagi yang harus saya cari hari ini. mudah-mudahan cara ini bermanfaat membantu menurunkan gula darah ibu saya dan tidak sia-sia saya mempublikasikan tulisan ini untuk membantu orang lain yang mengalami hal yang sama.

info lengkap tentang ini bisa hubungi saya lewat email: dinotakim@gmail.com dan sms melalui 085668775111 (info ini murni gratis)
sumber gambar : http://ikandh2aquarium.blog.friendster.com/
cara mengobati sakit mata pada bayi
mengobati sakit mata pada bayi ini berdasarkan pengalam pribadi saya semasa si kecil (anak pertama saya) berumur 5 hari, waktu itu si kecil susah mau membuka matanya sewaktu terjaga dari tidurnya dan suara tangisannya membuat saya resah. setelah saya cek dan lihat hal itu karena matanya memerah berair dan banyak tahi mata disekitar kelopak mata yang menyebabkan dia menangis . waktu itu saya sempat panik maklum anak pertama, namun mak saya dengan bijak menenangkan saya dan ibunda tercinta bilang, obat sakit mata itu menurut pengalaman dia mengasuh kami sewaktu kecil adalah dengan meneteskan sedikit air susu ibunya ke dalam kedua mata anak itu. .

alhamdulillah setelah cara itu dilakukan berangsur-angsur sakit mata anak kami hilang dan dia tidak menangis lagi sewaktu membuka matanya ketika bangun tidur dan sakit matanya pun hilang.

OBAT KUAT UNTUK PRIA

kemaren saya kedatangan tamu , seorang master. bukan master seo tapi masternya "strong" untuk pria. sang master ini akrab di panggil "pak s...." . kami ngobrol-ngobrol sambil minum kopi di ruang tamu rumah, dan iseng-iseng saya bertanya apa obat kuat untuk pria yang katanya cukup mudah yaitu dengan meminum air rebusan tunas batang pisang "gelale" (bahasa ilmiah atau indonesianya saya tidak tahu pisang ini sejenis pisang apa, dan pisang ini sudah langka disingkep aja hanya tumbuh beberapa batang saja)) dan dicampur sedikit gula batu. menurut master itu lagi caranya tunas pisang itu harus di cabut dan diukur dari pangkal akarnya dan panjangnya harus satu jengkal tangan, namun tidak begitu saja harus ada mantranya(istilah di singkep Jampi-jampi)baru berkhasiat buat si"kecil" jadi strong (seperti keyword fb dgn hp) cerita si master kepada saya.

"wah ..susah juga ya master"...berarti harus melalui master dulu", kata saya. tengah asyik-asyiknya ngobrol terdengan bunyi deheman seperti orang tersedak biji nangka..ehm..ehmm hwwwuakkkk..., rupanya ada sepasang telinga yang sedang menguping disamping dinding papan rumah kami , seraut wajah yang seharusnya manis tapi waktu itu sangat masam seperti asam dapur keluar dari balik papan tadi dan menyelutuk, "obat kuat untuk siapa yah,??..apa mau punya istri dua?????????????????//.....mendengar itu kami langsung bubar..dan sang master pun pulang dengan wajah ada tanda warna merah...

begitulah cerita obat kuat tadi, tapi obat kuat untuk pria ini nyata adanya, namun harus melalui sang master itu dulu baru khasiatnya manjur...
anda tertarik mencobanya, kunjungi dabo singkep sekarang waktu terbatas 2x 24 jam saja promosi ini berlangsung...............wkwkwkwkwkwk???????????????.............

nb. maaf postingan ini rada kacau, karena saya juga lagi kacau.....
TIPS MEMBESARKAN BADAN

Sebelum menulis tips untuk membesarkan badan akan saya tulis beberapa sebab badan kurus :
• Selalu banyak pikiran tentang suatu hal
• emosi dan luapan perasaan yang terlalu berlebihan dan pembuangan energi yang terlalu banyak
• pembuangan sisa makanan didalam badan terlualu cepat, sehingga badan tidak sempat mengambil banyak manfaat dari makanan yang masuk ke dalam badan

Jika penyebabnya seperti di atas dan bukan karena bawaan struktur tubuh yang memang kecil , dibawah ini ada beberapa tips jika ingin membesarkan badan :
• usahakan agar dapat hidup dengan tenang dan menghentikan pikiran yang tak karuan.
• usahakan agar bisa beristirahat sebanyak mungkin
• sebelum tidur minumlah minuman yang hangat dan usahakan membaca sebentar buku-buku yang sifatnya hiburan( buka membaca cerita sex he..he..)
• usahakan istirahat sejenak sehabis makan, jangan beranjak dulu dari tempat duduk kira 5 menit atau lebih
• usahakan tidur siang 1 atau 2 jam
• berolah raga ringan setiap hari karena dgn olah raga bisa menambah nafsu makan
• jika perokok usahakan untuk mengurangi porsinya kalau bisa berhenti
• atur jadwal makan secara teratur, usahakan yang bergizi dan jangan lupa minum susu 2x 1 hari
• rajin-rajinlah konsultasi dgn dokter ahli, agar perkembangan tubuh bisa seimbang


Cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak kecil

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada anak kecil ini hanya bersifat darurat saja seperti waktu larut malam dan biasanya waktu itu sikecil cendrung rewel karena dia susah bernafas dalam tidurnya. Kami punya cara tradisional untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini dengan menggunakan kunyit (salah satu bumbu masakan).
Caranya cukup mudah ambil sedikit kunyit di kupas setelah itu diasah atau digosok-gosokkan di atas batu lesung lalu bekas asahan kunyit di batu itu diambil dan di oleskan di batang hidung sikecil sampai sebatas alis jangan lupa untuk membaca shalawat nabi sebanyak 3x. Insya ALLAH nafas sikecil anda akan kembali lega dan tak tersumbat lagi.

Semoga cara tradisional ini berguna buat anda saat -saat terdesak.
Nb. Foto diatas adalah buah hati saya yang wajahnya semanis ibunya ....
Ramuan pencegah mabuk dalam perjalanan
Mabuk atau mabok istilah buat orang yang pusing, memual-mual , muntah yang di akibatkan perjalanan baik di darat maupun di laut, Tapi kebanyakan mabuk/mabok diakibatkan perjalanan laut. Mabuk seperti ini banyak di alami sebagian dari kita yang memang tidak tahan menjalani perjalanan , rasanya paling tidak enak bumi serasa bergoyang, perut seperti di remas-remas, kepala rasanya di kelilingi ribuan bintang-bintang dan biasanya nasi, ayam, bayam,sambal belacan, air dan banyak lagi bakal keluar seperti gunung api yang mengeluarkan Lahar panasnya.
Jika sudah begitu biasanya kita akan sedikit trauma untuk melakukan perjalanan lagi . Tapi jangan takut buat anda yang sering mabuk karena perjalanan, saya punya resep kuno yang mampu mengatasi atau dapat mencegahnya dengan cara sangat mudah yaitu hanya cukup memakan sedikit ubi kayu mentah yang telah dikupas dan dibersihkan dengan air bersih. caranya :
Jika anda mau melakukan perjalanan isilah perut dulu dengan makanan lalu makan lah sedikit ubi kayu mentah tadi sebelum melakukan perjalanan, atau bisa juga di bawa di perjalan sambil iseng-iseng memakannya. Mudah-mudahan anda tidak mabuk lagi dalam perjalanan.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Maaf postingan ini kemaren udah di terbitkan tetapi saya edit karena terjadi sesuatu pada blog ini. Dan saya mohon maaf
Khasiat Air Kelapa Muda Untuk Mengobati Keracunan
Air kelapa muda selain enak untuk diminum dan melepas dahaga juga punya khasiat yang sangat bagus untuk pengobatan pertama pada manusia jika mengalami keracunan makanan misalnya termakan makanan kadaluarsa biasanya pusing2,mual, muntah-muntah .dan bisa juga menetralis alergi terhadap suatu makan,misalnya makan-makanan laut tiba-tiba tubuh gatal-gatal dan memerah atau juga keracunan obat-obatan. Cara nya pun cukup mudah, hanya meminum air kelapa muda tersebut apabila kita atau keluarga kita mengalami keracunan seperti gejala diatas. Insya ALLAH zat racun tubuh akan hilang.


Ramuan Kuno Penguat Stamina


Beberapa hari yang lalu saya terus memposting tentang
tips dan trik ngeblog
, kali ini saya mau berbagi sedikit cerita juga rahasia
ramuan kuno
penguat stamina.

Dua hari lagi tepatnya tanggal 17 Agustus 2009
Hari Kemerdekaan
Negara kita Indonesia yang ke-64. Sering kali dalam menyambutnya Tiap -tiap daerah mengadakan acara tertentu . Biasanya dalam moment HUT RI ini selalu saja diadakan beragam kegiatan-kegiatan untuk memeriahkannya, baik berupa permainan rakyat maupun lomba-lomba beregu dan banyak lagi hal lainnya yang melibatkan semua lapisan masyarakat.

Lomba Gerak jalan beregu merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan. Kegiatan ini diperlukan kekompakan ,keteraturan dan stamina yang kuat bagi pesertanya.

Lomba gerak jalan ini mengingatkan saya dimasa sekolah dulu , saya sering terpilih mengikuti lomba ini.walau dulu badan saya masih kecil tapi nafas dan stamina saya sangat kuat , mungkin waktu itu saya tidak merokok seperti saat ini atau mungkin karena setiap mengikuti lomba itu ibu(mak) saya sering menganjurkan minum
ramuan
penguat stamina warisan zaman kuno . Ramuan kuno ini biasanya diramu ibu(mak) saya sendiri, bahannya cukup sederhana hanya terdiri dari air putih dicampur gula merah (gula tapak) dan ditambah dengan sedikit garam .

air ini diminum sebelum melakukan lomba , biasanya sebelum meminumnya mengucapkan shalawat 3x baru diminum.ramuan kuno ini sangat bagus untuk menjaga stamina selama mengikuti lomba gerak jalan itu saya merasakan sendiri khasiatnya waktu itu. Anda tertarik mencobanya???...

Nb: Ucapan terimakasih buat Kang jaiman atas awardnya yang indah buat saya dan maaf awardnya tidak saya pajang karena dulu pernah saya pajang.
... Salam Putra Singkep..
Menyembuhkan Sariawan Di Mulut
Menyembuhkan Sariawan di mulut sesuatu yang harus dilakukan jika kita mengalaminya, karena penyakit sariawan ini bisa menimbulkan banyak efek samping yang sangat buruk buat mulut maupun selera makan.
Dizaman yang serba maju ini obat sariawan ini mudah di dapat tiap toko obat maupun Apotik sama hal nya juga jika mencari situs yang berisi pengobatan, ramuan kesehatan maupun toko obat online.
Namun tidak ada salahnya jika saya mau berbagi ramuan-ramuan kuno ala Singkep yang sangat efektif untuk Menyembuhkan Sariawan di mulut yaitu :

Carilah Pohon jarak seperti gambar diatas
Lalu petiklah tangkai daunnya dan ambil sedikit getah -getah yang keluar dari tangkai daun jarak tadi dengan Kapas kecil, Lalu getah daun jarak tadi diolesi di sariawan yang ada di mulut , Memang rasanya Teramat Pedih namun sesudah itu rasa sakit dan sariawan dimulut kita akan hilang.

Oh ya Daun Jarak ini juga punya kasiat lain, akan saya tulis lain waktu...
Cara Mengetahui Pasangan Kita Menyimpan Rahasia
Hari yang dingin, cuaca yang terus menerus hujan mendera kecamatan singkep tempat kelahiran saya . Ditengah derasnya suara hujan yang turun sayup-sayup terdengar suara pertengkaran keluarga yang berada tidak jauh dari rumah,dari suara-suara yang terdengar dapatlah saya mengetahui persoalan yang menyebatkan pertengkaran itu,cuma gara-gara ada telpon gelap yang masuk ke handphone istri tetangga saya mengabarkan bahwa suami punya wanita simpanan lain. Pertengkaran sengit terus terdengar mengalahkan suara-suara hujan yang jatuh diatas atap rumah, saya tidak ada maksud untuk menguping pertengkaran tersebut namun karena suaranya yang keras terdengar kemana-mana.
Ditengah asyiknya menyimak suara itu , tiba-tiba yayang (istri) menyelutuk :" tengok tu yah, jgn nak macam-macam selingkoh, kalau ibu di buat macam tu ibu letak daun sirih yang bertemu urat dalam bantal ayah,biar ayah meracau (berbicara sendiri sewaktu tidur) sambil bilang siape wanita simpan ayah tu..." kata istri saya dalam logat kami orang Melayu. Ha..saya pun heran dan bertanya sama istri saya ,:" apa benar bu, daun sirih bisa mengetahui segala rahasia kita,karena mana mungkin dauh bisa menyebabkan orang bisa mengungkapkan rahasia manusia?", tanya saya dengan nada heran. Lalu istri saya mulai menjelaskan hal tak masuk akal ini, menurut dia, kata orang tua-tua dulu jika kita mau mengetahui apakah suami atau istri kita Menyimpan rahasia
yang mulai menampakkan tanda-tanda tidak baik, caranya hanya dengan menaruh atau menyimpan daun sirih 1 helai tapi daun sirihnya harus urat-urat (seperti akar-akar halus dalam helai daun) saling bertemu atau tanpa terputus seperti daun sirih kebanyak. Katanya jangan lupa sewaktu menyimpan dibantal harus baca shalawat sebanyak 3 kali..dan katanya jika udah disimpan dalam bantal istri atau suami maka malamnya sang suami atau istri bakal bicara sendiri seperti orang mengigau sambil mengucapkan semua hal atau rahasia yang disimpan selama ini.
Oh ya para pembaca ini hanya cara kuno orang-orang tua dulu, kebenarannya masih diragukan dan saya menulis ini hanya sebagai bahan buat melestarikan budaya kuno didaerah saya yang tidak tertulis
PERHATIAN SAYA TIDAK MENYARANKAN ANDA MENCOBANYA KARENA SUATU HUBUNGAN DILANDASI SALING PERCAYA AGAR BAHAGIA
Cara Mencegah Sakit Mata
Warning!!!
"Saya anjurkan untuk memperhatikan tiap baris dalam tulisan ini karena takut ada kesalahan dalam penerapannya ..."


Penyakit mata yang satu ini cukup unik, bisa menular hanya dengan tatapan atau melihat mata si penderita sakit juga bersifat musiman. Walau pun tidak terlalu berbahaya dan mudah diobati , namun sakit mata ini cukup mengganggu baik untuk diri sipenderita maupun orang-orang disekelilingnya. Saya pernah mengalaminya gejala sakit mata ini yang saya rasakan yaitu mata memerah,gatal,berair,membengkakdan jika bangun tidur susah dibuka karena banyaknya tahi mata yang menempel disekitar mata.Biasa saya dulu menggunakan kaca mata hitam untuk menutupinya jika kekantor karena takut menular karena saya tahu Penyakit ini bisa menular dalam waktu yang relatif cepat dan bisa semua orang-orang yang berada disekililing penderita terjangkit semua . Dari pengalaman yang tidak menyenangkan ini saya ingin berbagi cara pencegahan sakit mata ini bila salah satu keluarga, atau rekan-rekan anda ada yang mengalami sakit tersebut agar tidak menular kepada anda.
Caranya cukup mudah yaitu :
Sebelum tidur malam sebaiknya anda melingkari disekitar mata anda dengan SEDIKIT ATAU HANYA SEUJUNG JARI TANGAN ( TIDAK SAMPAI SETITIK) minyak tanah ( awas!!jgn sampai KENA MATA dan MINYAK TANAH nya hanya sedikit saja ) dengan membaca shalawat sebanya 3x. Isya ALLAH penyakit mata ini tidak akan menular kepada anda atau keluarga anda. Tolong diingat ini hanya tips pencegahan bukan pengobatan

Semoga cara sederhana milik keluarga saya ini bisa berguna untuk anda dan keluarga. Karena mencegah lebih baik dari mengobati.

KENTUT ?

KENTUT

1. Darimana asal Kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri perut.
2. Apa komposisi Kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dalam udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai usus). Adanya bakteria dan reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteria juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak uidara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentutnya lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigem.
3. Kenapa Kentut berbau busuk ?
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfur dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging berperan besar dalam menghasilkan bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut dan bukan kebusukannya.
4. Kenapa Kentut menimbulkan bunyi ?
Karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung kecepatan gas.

5. Kenapa Kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara ?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, dan hasil sampingannya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya tapi SBD (Silent but Deadly).
6. Berapa banyak Kentut diproduksi dalam sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.
7. Mengapa Kentut keluar melalui lubang dubur ?
Karena density-nya lebih ringan, mengapa gas tidak melakukan perjalanan ke atas ? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus termasuk gas-ganya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung menjadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.
8. Berapa waktu yang diperlukan Kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain ?
Tergantung kondisi udara seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara transmitter dengan receiver. begiotu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsenstrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selam-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di tempat sempit seperti lift atau mobil, konsentrasinya lebih banyak sehingga baunya akan tinggal dalam kurun waktu lama sampai terserap oleh dinding.
9. Apakah setiap orang Kentut ?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah matipun orang masih bisa kentutJose.
10. Betulkan laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan ?
Tidak ada hubungannya dengan gender. Kalau benar, maka perempuan menahan kentutnya dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan.
11. Saat apa biasanya orang Kentut ?
Pagi hari saat di toilet, yang disebut “morning thunder”. Kalau resonansinya bagus, boleh kedengaran diseluruh penjuru rumah.
12. Mengapa kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut ?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Zat gula tersebut (raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan menghasilkan gas. Jagung, kubis, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya).
13. Selain makanan, apa saja penyebab Kentut ?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi, sehingga muncul sebagai kentut).
14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul di lain lubang ?
Tidak. Sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.
15. Kemana perginya kentut kalau ditahan atau tidak dikeluarkan ?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor. Kentut berimigrasi menuju ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, hanya mengalami penundaan.
16. Mungkinkah kentut terbakar ?
Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyalaannya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.
17. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut ?
Jangan mengada-ada ! Konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.
18. Mengapa Kentut anjing dan kucing lebih busuk ?
Karena kucing dan anjing adalah karnivora. Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan horbivor seperti gajah, kuda, kambing yang memproduksi banyak kentut, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau.
19. Betulkah pening kepala kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut ?
Kentut mengandung sedikit oksigen. Mungkin sedikit saja anda akan mengalami pening kepala kalau mencium bau kentut terlalu banyak.
20. Apakah warna kentut ?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida akan ketahuan siapa yang kentut.
21. Apakah kentut itu acid, basa, atau netral
Acid, karena mengandung karbondioksida (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S).
22. apakah yang terjadi kalau seseorang kentut di planet venus ?
Planet venus sudah banyak mengandung sulfur (belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut disana tidak akan banyak pengaruhnya.
Sumber: Terpercaya

Masih belum ada komentar

JURUS AMPUH

JURUS AMPUH MENGHENTIKAN PERTENGKARAN
Bertengkar adalah hal biasa dalam suatu hubungan. Namun, meskipun hal ini sering terjadi, dan kita tentunya sudah sering waspada mengenai kemungkinan terjadinya perdebatan dengan pasangan, selalu saja kita melontarkan kata-kata yang menyakitkan. Selalu saja kita menyalahkan, menganggap orang lain yang bersalah. Jika pun kita yang menjadi sumber masalah, kita mencari pembenaran-pembenaran atau memberikan alasan-alasan mengapa kita melakukannya.
Bila situasi yang panas ini dibiarkan berlarut-larut, hubungan Anda dan si dia tentu akan terancam karena satu sama lain tidak mau mengalah. Karena itu, lebih baik Anda selalu mengingat apa yang harus dikatakan pada pasangan bila sedang menghadapi pertengkaran. Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, mengumpulkan 23 kalimat yang dapat membantu agar Anda dapat membahas masalah tanpa membuat “panas” si dia. Berikut adalah 9 di antaranya.
“Aku cuma mau ngeluarin uneg-uneg. Kamu enggak harus mencari jalan keluarnya.” Kalimat ini merupakan cara yang baik, tanpa bersifat mengkonfrontasi, untuk menyampaikan bahwa Anda hanya ingin si dia mendengarkan pernyataan Anda, dan bukannya pendapat yang bertentangan.
“Tolong pahami pendapatku.” Salah satu hal yang Anda lupakan saat terjadi argumentasi adalah empati. Semakin terjadi perbedaan pendapat, semakin sempit cara Anda berdua berpikir. Sebaiknya Anda katakan kalimat ini sebelum memulai percakapan, untuk memastikan bahwa Anda berdua melontarkan masalah dengan tetap mempedulikan perasaan masing-masing.
“Ini penting buat aku. Tolong dengarkan.” Saat merasa kesal dan membahas suatu masalah, kita cenderung untuk tidak mendengarkan apa yang disampaikan pasangan. Sebaliknya, Anda akan sibuk berpikir mengenai apa yang harus dikatakan untuk membalas ucapan pasangan yang tidak berkenan. Tunggulah hingga beberapa detik sebelum menyampaikan poin-poin paling penting pada pasangan.
“Aku juga salah.” Bila terjadi masalah, memang paling mudah menyalahkan pasangan sebagai pihak yang menciptakan masalah tersebut. Tentu saja, Anda akan menganggap hal ini merupakan suatu justifikasi, namun tak seorang pun senang bila disudutkan. Akui apa andil Anda dalam terjadinya suatu masalah, tak peduli betapa pun kecilnya.
“Ayolah, kita sudah keluar dari masalahnya.” Anda tahu apa yang terjadi bila hal ini terucap? Anda begitu sibuk menyalahkan, dan mengungkit-ungkit kesalahan di masa lalu, sehingga apa yang Anda perdebatkan sudah melebar ke masalah lain. Gunakan kalimat ini untuk mengarahkan kembali percakapan ke masalah utama yang ingin diselesaikan.
“Apa sih yang kita ributkan?” Masalah kecil bisa berubah menjadi masalah besar, terutama jika hal itu sering terjadi dan berkisar pada masalah yang itu-itu saja. Daripada mempermasalahkan hal-hal kecil tersebut dan membuatnya mengambang tanpa solusi terus-menerus, lebih baik komunikasikan dengan pasangan apa yang sebenarnya mengganggu Anda berdua. Bila sudah menemukan apa sumber masalahnya, hal ini bisa diikuti dengan pernyataan:
“Ini bukan hanya masalah kamu, tetapi masalah kita berdua.” Pernyataan ini bisa mengubah dinamika pertengkaran dari Anda dan dia, menjadi bagaimana Anda dan dia berusaha mengatasi masalah tersebut.
“Ya sudah, kita berpikir dulu lah.” Saat sedang emosi, kita akan cenderung mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan. Jika Anda merasakan dorongan untuk mengatakan sesuatu untuk membalas sakit hati Anda, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berhenti berbicara. Beri waktu bagi Anda berdua untuk berpisah, menenangkan diri dan saling berpikir. Bila mungkin, tunda satu atau dua hari untuk bertemu lagi. Dengan demikian Anda memberi kesempatan amarah untuk mereda lebih dulu.
“Aku sayang sama kamu.” Tak ada sesuatu pun yang sanggup meluluhkan hati seseorang yang sedang dilanda amarah, kecuali menyampaikan perasaan Anda yang paling dalam kepadanya. Anda akan segera menyadari, bahwa dirinya sangat berarti untuk Anda, dan Anda tak ingin kehilangan dia hanya karena memuaskan rasa kesal yang tak ada habisnya.

DO'A

Do'a Mujarab Menghilangkan Rasa Pegal Dan Nyeri
Inilah Do'a Mujarab Menghilangkan Capek, Nyeri dan Pegal - Pegal. Ikhwati fillah, terkadang kita merasakan sakit di salah satu anggota badan kita, bisa karena pegal atau nyeri karena sakit atau yang lainnya. Maka cara yang sesuai sunah adalah dengan meruqyahnya dengan bacaan doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam yaitu:

عن عثمان بن أبي العاص - رضي الله عنه - أنه اشتكى إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده منذ أسلم ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم : ( ضع يدك على الذي تألم من جسدك وقل : بسم الله ثلاثا ، وقل سبع مرات : أعوذ بعزة الله وقدرته من شر ما أجد وأحاذر ) ( أخرجه الإمام أحمد والإمام مسلم وأبو داوود والترمذي والنسائي وابن ماجة )

Dari Utsman bin Abil Ash radhiallahu anhu bahwa dia mengadu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam rasa sakit yang dirasakannya pada badannya sejak masuk Islam, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ( Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dibadanmu dan ucapkanlah:
(Bismillah)
sebanyak tiga kali, dan ucapkan sebanyak tujuh kali:
(A’udzu biizzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru)
Yang artinya: (Aku berlindung dengan kemuliaan Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan apa yang aku jumpai dan aku khuatirkan ) Hadits dikeluarkan Imam Ahmad, Imam Muslim, Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’ie dan Ibnu Majah.
Syaikh Utsaimin rahimahullah berkata: Apabila kita mengucapkannya dengan meyakininya dan mengimaninya dan akan mendapat manfaat dari do’a ini maka dapat menghilangkan rasa sakit dengan izin Allah Azza wa Jalla, dan ini lebih berkesan ketimbang obat yang kelihatan seperti pil, syirup atau suntikan, karena kamu memohon pertolongan kepada Yang ditangan-Nya kerajaan langit dan bumi Yang menurunkan penyakit dan Dialah juga Yang menjauhkannya.( Syarah Riyadhus Sholihin 3 hal 67)
Ibnu Qayyim rahimahullah berkata dalam “ Thibbun Nabawi”: (dalam pengobatan ini, yaitu berdzikir kepada Allah dan menyerahkan urusan kepadaNya, serta memohon perlindungan dengan kemuliaan dan kekuasaan-Nya dan keburukan rasa sakit untuk menghilangkannya, dan dengan mengulanginya supaya lebih sukses dan berpengaruh, seperti mengulang obat untuk mengeluarkan penyakit dalam tubuh, dan dengan mengulanginya sebanyak tujuh kali terdapat hasiat yang tersendiri) ( voa-islam)

Selamat mencoba ...

RESEP MASAK

BEBERAPA RESEP MASAKAN PADANG

1. Rendang Ayam

Bahan:
1 ½ kilo ayam, jangan terlalu muda
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Haluskan:
1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:
~ Ayam dipotong-potong. Kecuali bagian punggung, bagian-bagian lain
sebaiknya dililit dengan benang katun agar tidak terlepas dagingnya
saat dimasak.
~ Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-
daun dan asam kandis.
~ Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai
keluar minyak masukan potongan-potongan ayam.
~ Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan, kecilkan
apinya.



2. Gulai Banak (Otak)

Bahan:
1 potong otak sapi atau kerbau
10 lembar daun mangkokan (tapak leman)
1 batang serai
1 lembar daun kunyit
2 potong asam kandis
2 lembar daun jeruk purut
750 cc santan dari 1 butir kelapa

Haluskan:
15 buah cabe merah keriting
12 siung bawang merah
3 cm kunyit
2 cm jahe
2 cm lengkuas

Cara membuat:
~ Rajang halus daun mangkokan, kemudian remas-remas
dengan 1 sendok makan garam. Diamkan selama menit, lalu cuci bersih,
tiriskan.
~ Didihkan air, masukan otak kedalamnya selama 5 menit,
lalu angkat. Buang kulit ari dan urat-urat darahnya.
Setelah bersih potong-potong bentuk dadu.
~ Campurkan santan dengan bumbu-bumbu, masak sampai
mendidih sambil sekali-kali diaduk.
~ Masukan daun mangkokan. Biarkan sebentar sampai daun
layu, baru masukan otak. Setelah santan kembali mendidih
baru diangkat dan dihidangkan.



3. Gulai Tunjang

Bahan-Bahan:
1 buah kaki sapi/kerbau
4 gelas santan dari satu butir kelapa
1 lembar daun kunyit
2 lmbar daun jeruk purut
2 buah asam kandis
1 batang serai

Haluskan:
1 ons cabe merah
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah kemiri
1 cm kunyit
2 cm lengkuas
garam secukupnya

Cara membuat:
~ Bersihkan kaki sapi, potong-potong, dan rebus sampai empuk.
~ keluarkan tulang-tulangnya lalu potong-potong kikil tersebut.
~ Didihkan santan dengan bumbu-bumbu lainnya, masukan
potongan kikil dan masak sampai santan mengental dan
keluar minyak.



4. Gulai Masin Ikan Tongkol

Bahan-bahan:
I kg ikan tongkol
2 buah jeruk nipis, ambil airnya
750 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
10 buah cabe merah, belah dua, buang bijinya
8 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
10 buah belimbing sayur (bisa diganti dengan tomat hijau)
30 lembar daun ruku-ruku (bisa diganti dengan daun kemangi)

Haluskan:
2 cm jahe
3 cm kunyit
2 cm lengkuas (cukup dimemarkan)
Garam secukupnya

Cara Membuat:
~ Siangi ikan, lalu potong-potong menurut selera. Lumuri dengan
air jeruk nipis dan garam, diamkan sementara.
~ Didalam panci, kecuali belimbing sayur dan daun ruku-ruku, campur
jadi satu seluruh bumbu, masak sampai santan mendidih (jangan lupa
diaduk-aduk agar santan tidak pecah)
~ Masukan potongan ikan dan belimbing sayur. Tunggu sampai mendidih
lagi, baru masukan daun ruku-ruku.
~ kecilkan api, masak terus sampai santannya agak berminyak, angkat.




5. Gulai Paku (Pakis)

Bahan-bahan:
½ kg daun pakis muda yang sudh disiangi
750 cc santan cair dari 2 ½ butir kelapa
200 gr udang, kupas
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 buah asam kandis
30 lembar daun ruku-ruku atau daun kemangi

Haluskan:
1 ons cabe merah
10 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
garam secukupnya

Cara membuat:
~ Cuci daun pakis yang sudah disiangi, tiriskan.
~ Didihkan santan dengan semua bumbu berikut udang,
aduk-aduk agar santan tidak pecah.
~ Masukan daun pakis, tunggu mendidih sekali lagi, masukan
santan kental. Masak terus sampai santan berminyak,angkat.

Note: Udang juga bisa diganti dengan ikan asin jambal atau ikan teri.






Gulai Ayam
Anda mungkin suka masakan Padang yang tidak terlalu pedas,
coba resep di bawah ini, tetapi bagi yang ingin pedas tambah
cabenya 3 buah lagi.
Bahan :
1. Ayam, 1 ekor, diopotong 12.
2. Nangka, 500 gr, dipotong sebesar 2 cm.
3. Santan, 1 kg (3 buah kelapa tua)

Bumbu :
1. Cabe, 12 buah.
2. Bawang Merah, 5 buah.
3. Bawang Merah 6 siung (1 buah)
4. Jahe, sebesar ibu jari
5. Kunyit, 2 ruas jari
6. Ketumbar, 1 sendok makan.
7. Kemiri, 4 buah.
8. Langkuas, 2 ruas jari.
9. Merica (lada), ½ sendok teh.
10. Serei, 1 batang.
11. Daun kunyit, 1 lembar,
12. Daun jeruk purut, 4 lembar.
13. Garam secukupnya.
Cara Memasak :
1. Cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar,kemiri,dan langkuas digiling sampai halus.
2. Bumbu yang sudah digiling dicampur dengan santan besama serei,daun kunyit, daun jeruk purut.
3. Dimasak sampai mendidih, kemudian masukan ayam ,
4. Setelah 15 menit masukan nangka.
5. Angkat panci kalau ayam dan nangka sudah empuk, jangan lupa cicipi rasa garamnya.
Diposting oleh




04 Juli 2008, 20:47:07 | noreply@blogger.com (Lely)

Pangek Ikan Oma Lely
Masakan Padang
BAHAN
1. Ikan Mas atau Ikan Tongkol, 1 kg, (sekitar 2 ekor)
2. Kacang Panjang, 10 lembar, dipotong-potong , 15 cm
3. Santan kental 350 cc (atau satu buah kelapa yg sudah tua)
4. Cabe Merah 10 buah
5. Cabe rawit, 5 buah
6. Jahe sebesar ibu jari
7. Kunyit sebanyak 2 (dua) ruas jari telunjuk
8. Bawang merah, 8 buah
9. Bawang putih, 5 siung
10. Kemiri, 5 buah
11. Daun kunyit satu lembar
12. Serei, satu batang
13. Asam kandis, 4 keping
BUMBU
Bumbu2 yang dihaluskan
1. Cabe
2. Jahe
3. Kunyit
4. Bawang Merah
5. Bawang putih
6. Kemiri
CARA MEMASAK
1. Potong ikan Mas atau tongkol, satu ekor (berat setengah kg) dibagi empat
2. Susun kacang panjang yg sudah dipotong-potong di penggorengan (kuali) untuk alas ikan.
3. Letakan ikan di atas kacang panjang
4. Aduk bumbu2 yg sudah dihaluskan ke dalam santan.
5. Siramkan ke atas ikan yg di dalam penggorengan
6. Masukan daun kunyit, serai , asam kandis dg garam secukupnya
7. Dimasak dan jangan lupa mengaduk santan pelan-pelan
Pangek Situjuh
04 Juli 2008, 20:40:33 | noreply@blogger.com (Lely)

Situjuh adalah sebuah kecamatan di Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat, terletak di lembah gunung Sago. Daerah ini terkenal dengan peristiwa Situjuh, dimana para pemimpin bangsa mengadakan rapat rahasia dalam rangka melawan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan. Di suatu subuh tepat tanggal 15 Januari 1949 tentara Belanda mengepung Surau Lurah di Nagari Situjuh Batur, terjadi perlawanan yang heroik di subuh yang berdarah. Banyak pemimpin bangsa yang meninggal seperti Chatib Sulaiman, Bupati Arisun dll.
Selain alam yang indah dan udaranya sejuk Situjuh terkenal dengan masakan yang khas antara lain Pangek Situjuh. Pangek yang bahannya dari nangka ini adalah salah satu masakan Padang atau Padang foods yang terkenal. Bagi yang ingin mencoba silahkan baca resep di bawah ini. Selamat mencoba.
Ingrediens
1. Nangka, (2 kg.
2. Santan kental, 1500 gr.
3. Bawang merah, 250 gr
4. Bawang putih, 5 siung
5. Jahe, sebesar 3 ibu jari.
6. Kunyit, 2 ruas jari
7. Langkuas, 250 gr.
8. Cabe merah, 250 gr.
9. Terasi, 1 x 2 x 1 cm
10. Kemiri, 15 buah.
11. Daun kunyit.
12. Daun jeruk.
13. Garam secukupnya
Bumbu yang dihaluskan
1. Cabe
2. Bawang Putih dan merah.
3. Jahe dan langkuas,
4. Kemiri.
5. Terasi
Gulai Ayam
02 Juli 2008, 7:55:43 | noreply@blogger.com (Lely)
Gulai Ayam
Anda mungkin suka masakan Padang yang tidak terlalu pedas,
coba resep di bawah ini, tetapi bagi yang ingin pedas tambah
cabenya 3 buah lagi.
Bahan :
1. Ayam, 1 ekor, diopotong 12.
2. Nangka, 500 gr, dipotong sebesar 2 cm.
3. Santan, 1 kg (3 buah kelapa tua)

Bumbu :
1. Cabe, 12 buah.
2. Bawang Merah, 5 buah.
3. Bawang Merah 6 siung (1 buah)
4. Jahe, sebesar ibu jari
5. Kunyit, 2 ruas jari
6. Ketumbar, 1 sendok makan.
7. Kemiri, 4 buah.
8. Langkuas, 2 ruas jari.
9. Merica (lada), ½ sendok teh.
10. Serei, 1 batang.
11. Daun kunyit, 1 lembar,
12. Daun jeruk purut, 4 lembar.
13. Garam secukupnya.
Cara Memasak :
1. Cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar,kemiri,dan langkuas digiling sampai halus.
2. Bumbu yang sudah digiling dicampur dengan santan besama serei,daun kunyit, daun jeruk purut.
3. Dimasak sampai mendidih, kemudian masukan ayam ,
4. Setelah 15 menit masukan nangka.
5. Angkat panci kalau ayam dan nangka sudah empuk, jangan lupa cicipi rasa garamnya.
Gulai Randuah Oma Lely
30 Juni 2008, 18:25:39 | noreply@blogger.com (Lely)


Gulai Randuah adalah masakan Padang khas Maninjau dan sebahagian orang Maninjau menyebutnya gulai Gotongroyong
BAHAN
1. Terong bulat, ukuran sedang, 4 buah, dibelah dua
2. Kentang ukuran besar, 3 buah, dibagi empat
3. Jengkol tua, 500 gram, (direbus lebih dulu)
4. Daun singkong yang muda, 3 ikat (direbus terpisah)
5. Kacang panjang, 5 lembar (dipotong2 ukuran 4 cm)
6. Udang Rebon, 2 (dua) sendok makan
7. Santan kental (pati), 250 cc (1 gelas)
8. Santan encer , 500 cc, (Santan encer dan kental, satu setengah buah kelapa tua)
BUMBU
1. Cabe merah, 8 buah
2. Bawang putih, 4 siung
3. Kemiri, 5 buah
4. Jahe, satu ruas jari
5. Kunyit, 2 ruas jari
6. Daun kunyit satu lembar
7. Serei satu batang
8. Garam secukupnya.
CARA MEMASAK
1. Jengkol direbus lebih dulu sampai matang.
2. Daun singkong direbus terpisah dengan jengkol
3. Cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit dihaluskan.
4. Santan encer dimasak bersama bumbu2 yang sudah dihaluskan
5. Setelah mendidih masukan kentang dan jengkol yang sudah direbus.
6. Setelah kentang setengah matang masukan terong dan daun singkong yang sudah direbus.
7. Kemudian masukan santan kental (pati).
8. Aduk pelan2 agar tidak pecah santan.
9. Cicipi untuk merasakan garamnya.
Asam Padeh DAGING atau IKAN
30 Juni 2008, 9:48:40 | noreply@blogger.com (Lely)

Asam Padeh DAGING atau IKAN
Untuk porsi sedang
Bagi yang tidak suka daging ganti dengan IKAN dg. bumbu dan cara memasak yang sama.
Bahan :
a. Daging Sapi, 500 gram. Dipotong-potong berbentuk segi empat (kotak-kotak)
b. Kentang, 250 gram. Dipotong-potong
Bumbu :
1. Cabe merah besar 7 buah
2. Cabe rawit merah 3 buah
3. Bawang putih 4 siung
4. Bawang merah 6 buah
5. Jahe sebesar ibu jari
6. Tomat merah 2 buah
7. Kemiri 3 buah
8. Asam kandis, 2 buah
9. Langkuas, sebesar ibu jari
10. Serei, 1 batang
11. Daun jeruk purut 2 lembar
12. Daun kunyit, 1 lembar
13. Garam secukupnya
Catatan :
•Daging dan kentang dipotong2
•Bumbu yang dihaluskan: cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, langkuas dan kemiri.
•Tomat diiris-iris setebal 3 mm.
Cara Memasak
1. Masukan daging ke dalam panci bersama bumbu-bumbu yang dihaluskan
2. Selanjutnya masukan serai, daun kunyit, daun jeruk dan tomat yang sudah diris-iris.
3. Agar daging cepat empuk, pancinya ditutup waktu memasak.
4. Apabila daging setengah matang , masukan asam kandis kentang yang sudah dipotong-potong.
5. Apabila daging sudah empuk dan kuah sudah kental panci diangkat
6. Catatan : Waktu memasak apinya pelan (jangan terlalu besar) dan kalau daging sudah empuk dan kuah belum kmengental tambahkan air panas (jangan pakai air dingin, karena daging akan mengeras)
Rendang Padang
24 Juni 2008, 11:21:44 | noreply@blogger.com (Lely)
RENDANG PADANG
Rendang Padang
Bahan :
a. Daging Sapi 2 kg.
b. Kentang kecil2, 500 gram (kalau mau)
Bumbu :
1. Santan pati (kental) 2 kg, (atau 6 buah kelapa tua)
2. Cabe merah 500 gram
3. Jahe sebesar tiga ibu jari tangan
4. Bawang putih 12 siung
5. Bawang merah 16 butir
6. Lada 2 sendok the
7. Cengkeh 12 biji
8. Kayu manis 4 cm.
9. Langkuas, 200 gram
10. Daun sere, 3 batang
11. Daun jeruk purut 6 lembar
12. Daun kunyit 3 lembar
13. Garam secukupnya
Cara Memasak
• Daging dipotong2/ dibagi 23 potong dalam satu kilogram
• Semua bumbu dihaluskan kecuali kayu manis, daun sere, kunyit, salam dan jeruk
• Santan dimasak berasama bumbu2, sampai keluar minyak.
• Kemudian dimasukan daging, diaduk sampai kering.
• Bagi yang mau dicampur kentang kecil2, masukan setelah daging setengah matang.

TIPS

Aneka Resep Obat Tradisional Asli Indonesia

* Penurun panas, batuk, dan pilek
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.

Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.

* Perut kembung
Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tapelkan bawang yang sudah diparut tersebut di bagian pusar. Bisa juga, gunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, pilin-pilin, lalu tempelkan pada pusar si kecil.

* Diare
Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.

* Muntah-muntah
Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali.
Boleh juga dibuatkan air beras kencur. Caranya, cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat.

* Batuk
Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.

* Batuk seratus hari
Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.

* Batuk karena angin atau dahak susah keluar
Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.

* Batuk berlendir
Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

* Pilek
Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

* Mata bintitan
Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.

* Mata merah
Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.

* Sariawan
Ambil sebuah tomat matang, seduh dengan air panas dan kupas kulitnya. Haluskan tomat tersebut dengan menggunakan sendok, saring dan tambahkan sedikit gula. Beri anak minumam sari tomat tersebut.

* Tak nafsu makan
Menurut Endah, hilangnya nafu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. Cara mengatasinya, bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan dipilin, kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon.

Bila usia anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya, 1 ruas jari temu hitam/temu ireng, seruas jari tempe bosok (tempe kemarin), dan sedikit garam. Semua bahan ditumbuk halus, lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak. "Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing, sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya, dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya.

Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan: 1 ruas jari temulawak, gula merah, air secukupnya, dan sedikit garam, kemudian rebus dan saring. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari

* Mimisan
Selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dipilin dan disumpalkan ke hidung anak. Untuk pengobatan dari dalam tubuh lakukan dengan ramuan: 1/2 jempol umbi bidara upas yang sudah bersih diparut dan diseduh dengan 1 cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin diminumkan ke anak ditambah sedikit madu.

* Benjol karena benturan
Rendam 1 sendok makan beras. Tumbuk bersama kencur dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ke bagian yang benjol.

Bisa juga diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi madu, setelah itu dioleskan ke bagian yang benjol.

* Keringat buntet
Sesering mungkin dibedaki tepung kanji.

* Congekan
Cuci bersih 3 lembar daun miana atau 7 lembar daun samiloto segar atau lengkuas merah muda, lalu tumbuk halus. Peras pakai kain bersih dan teteskan air perasannya ke telinga. Lakukan dua kali sehari, masing-masing 3 tetes.

* Panu
Dua jari langkuas merah diparut dan diberi sedikit cuka, oles-oleskan pagi dan sore atau malam hari pada bagian tubuh yang berpanu tersebut.

* Koreng atau borok kepala
Batang brotowali dipotong-potong sebanyak 5 jari. Rebus dengan sedikit air, oleskan pada bagian kepala.

Bisa juga diberi ramuan: daun brotowali, parutan kunyit dan sedikit garam ditumbuk halus. Oleskan ke kepala. Boleh juga hanya dengan kunyit saja.

* Sakit gigi
Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.

* Digigit nyamuk
Hilangkan bekas gigitannya dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas dan dioleskan ke bagian bekas gigitan tersebut. Kalau tak ada sambiloto bisa digunakan minyak sereh.

* Asma
Sepuluh siung bawang putih diparut, ditambah madu 1 gelas, kemudian dikukus. Berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh, dua kali sehari. Bisa juga, 10 siung bawang putih diparut, 1 ons gula batu, direbus bersama 1 gelas air.

* Luka-luka berdarah
Cuci bersih daun jambu biji atau daun bandotan, kemudian remas-remas. Tapelkan pada luka tersebut. Darah akan berhenti segera.

* Keracunan
Minum air kelapa hijau muda 3 kali sehari 1/4 gelas.

* Biduran atau kaligata
Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.



Air Kelapa Muda & Kopi
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekehendak anak. Dicampur dengan sedikit kopi (seujung sendok saja)

Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun : 2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt.

Cara lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas /cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali 1 sdt per hari.

Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendinginkan.

Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.

Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh permukaan kulit yang menderita luka bakar.

Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawak 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan.Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.

Adas (fennel)
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.



Khasiat Daun Sirih
Daun sirih sangat terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi

• Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darh
• Diare
Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.
Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh
• Sakit gigi
Pengobatan: Di kumur
1. daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.
Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.
2. Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya.

Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.
• Alergi
Pengobatan: luar, di oleskan pada bagian yang gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.

Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
• Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.

Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
• Keputihan
Ambil 7 - 10 lembar daun sirih.

Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

Khasiat Daun Salam
Daun salam (Syzygium polyanthum) sudah terkenal sebagai bumbu penyedap di ragam kuliner bangsa indonesia. Selain itu, ada juga khasiat daun salam dalam hal pengobatan alami seperti:

• Diare
Cuci 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus
• Kencing manis
Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.
• Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Cuci 10-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.
• Menurunkan tekanan darah tinggi
Cuci 7-10 lembar daun salam, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.
• Maag
Cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.
• Mabuk alkohol
Cuci 1 genggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, air yang terkumpul diminum sekaligus.
• Kudis, gatal-gatal
Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.


Khasiat Belimbing
Belimbing (Averrhoa pentandra ) memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti:

Gondongan
Ambil 10 ranting muda belimbing berikut daunnya dan 4 butir bawang merah. Cuci bersih lalu ditumbuk halus. Balurkan ke tempat yang sakit.
Jerawat
a. Ambil buah belimbing secukupnya, cuci kemudian ditumbuk halus, lalu diremas dengan air garam seperlunya. Gunakan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

b. Ambil 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang, digiling halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Gunakan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.
Panu
Ambil 10 buah belimbing, dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.

Sementara untuk pemakaian dalam seperti diminum, dibutuhkan cara khusus.
Batuk
Ambil segenggam bunga belimbing, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir. Semua bahan ditim selama beberapa jam, angkat, lalu dinginkan. Saring, kemudian diminum dua kali, pagi dan malam saat perut kosong.

Atau, ambil 25 kuntum bunga belimbing, 1 jari rimpang temu-giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring, tambahkan sedikit madu. Minum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.
Batuk rejan
Ambil 10 buah belimbing, dicuci lalu ditumbuk halus-halus, kemudian diremas dengan 2 sendok makan air garam, lalu disaring. Diminum 2 kali sehari.
Sariawan
a. Ambil segenggam bunga belimbing, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, gunakan untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.

b. Ambil 2/3 genggam bunga belimbing, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

c. Ambil 3 buah belimbing, 3 butir bawang merah, 1 buah pala muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari pulosari, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 3 sendok makan minyak kelapa, diperas lalu disaring. Dipakai untuk mengoles luka-luka akibat sariawan, 6-7 kali sehari.


Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit
Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia.
Beberpa obat tradisional yang sering di gunakan untuk pengobatan penyakit kulit tersebut adlah:

• Kudis, gatal-gatal
Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.
• borok, luka, dan kutil
- Olesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete (Anarcadium occidentale L) selama beberapa hari sampai luka mengering
- Untuk kutil, petiklah 5 lembar DAUN DEWA, tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil, buatlah sampai merekat, biarkan satu hari dan lepas ke esokan harinya
• Ragam penyakit kulit
Bagi penderita penyakit kulit, gatal-gatal, dan luka, ramuan yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Daun itu diolesi minyak kelapa, lalu dilayukan di atas pengapian.
Setelah itu, daun ditempel ke bagian kulit yang luka atau gatal. Sebelum diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 %.
• Bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit
Helaian mahkota bunga teratai ini dibakar, akan menghasilkan abu yang juga berkhasiat sebagai obat. Abu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk menyembuhkan bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit. Sedangkan serbuk dan benang sari bunga teratai jika dicampur madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir.
• Kudis pada Anak-anak
Anak-anak yang terkena kudis dianjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Cara membuat air rebusannya: ambil batang brotowali 1m, di rajang atau potong kecil2, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih, masukkan air rebusan ke dalam emberdan tambahkan air dinngin, mandikan anak sambil merendam tubuhnya.
• Eksim
- Parut rimpang jahe, lalu di peras
- Campur dengan parutan lobak
- Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim
• Lengkuas untuk: Panu, kadas, kudis, koreng, borok
Pengobatan: Pengobatan luar, di oles di tempat yang sakit
Cara membuat: - Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) sampai jadi bubur
- Oleskan/tempelkan di tempat yang sakit
- Untuk kurap yang telah menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka
- Untuk Panu: sediakan rimpang segar, cacah hingga timbul seratnya, gosokkan pada bagian yang sakit



Khasiat Lengkuas
Tanaman bernama latin Alpinia Galanga dikenal juga dengan nama lain laos (jawa), laja (sunda), langkueh (Minang) dll. Bagian tanaman ini yang sering dipergunakan sebagai bahan obat adalah rimpang-nya.
Beberapa penyakit yang bisa di obati oleh lengkuas ini adalah: Aneka penyakit kulit, rematik, obat gosok, pelancar kemih

1. Penyakit kulit: Panu, kadas, kudis, koreng, borok
Pengobatan: Pengobatan luar, di oles di tempat yang sakit
Cara membuat: - Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) sampai jadi bubur
- Oleskan/tempelkan di tempat yang sakit
- Untuk kurap yang telah menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka
- Untuk Panu: sediakan rimpang segar, cacah hingga timbul seratnya, gosokkan pada bagian yang sakit

2. Obat gosok
Pengobatan: Pengobatan luar, di gosok pada perut
Cara membuat: - Iris rimpang lengkuas, rendam dalam alkohol
- Gosokkan irisan rimpang tadi ke perus yang sakit

3. Rematik
Pengobatan: Mandi air rebusan
Cara membuat: - Cuci bersih rimpang lengkuas lalu rebus
- Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mandi

4. Sakit kepala, nyeri dada, menguatkan lambung, memperbaiki pencernaan
Pengobatan: di jadikan bumbu dapur
Cara membuat: - Rimpang lengkuas yang di jadikan bumbu dapur di campur dalam masakan sehari-hari



OBAT WASIR

Jawaban :
Dear Bapak Yessi di Semarang,

Kami telah mencoba mengumpulkan beberapa ramuan obat tradisional untuk mengobati wasir untuk istri Anda.

Berikut adalah ramuan-ramuannya hasil temuan kami:
1.) Ramuan dari Prof. Hembing Wijayakusuma Gunakan 30 gram akar jeruk nipis dan 30 gram daun ungu direbus dengan 600 cc air (kira-kira 3 gelas) hingga tersisa 300 cc, lalu diminum 2 kali sehari masing-masing 150 cc.
2.) Ramuan Bapak Viltor Thames Santosa, beliau salah satu ahli akupunktur di Indonesia, meresepkan 2 buah gambir, 7 lembar daun dewa dan 1 sendok makan kapur sirih, namun sayangnya tidak ada penjelasan tentang cara peracikannya (dapat dilihat di cybermed.cbn.net.id)
3.) Ramuan tradisional Kampung Naga, Tasikmalaya. Mereka menggunakan Pisang Raja matang yang dimakan secara biasa (tidak diolah) untuk mengobati wasir dan radang usus.

Selain tiga resep di atas, Manggis juga dikenal bisa digunakan untuk mengobati wasir secara tradisional, tetapi kami belum mendapat penjelasan bagian manakah dari Manggis yang bisa digunakan, dan kami masih terus mencari.

Tetapi, Pak Yessi, kami tetap menyarankan agar istri Bapak diperiksakan ke dokter terlebih dahulu, karena apabila benjolan tersebut sempat pecah dan berdarah, kami khawatir istri Anda dapat menderita infeksi, apalagi letaknya di anus yang menjadi tempat pembuangan sisa makanan, dan secara otomatis juga banyak terdapat bakteri. Infeksi sebaiknya diobati dengan antibiotik melalui resep dokter. Resep obat tradisional di atas bisa digunakan untuk membantu mengatasi pembengkakan.

Demikian penjelasan kami, mudah-mudahan dapat membantu.

Salam dari kami (Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat) untuk istri Anda, semoga cepat sembuh.


Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Beberpa obat tradisional yang sering di gunakan untuk pengobatan penyakit kulit tersebut adalah:
Kudis, gatal-gatal
Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.
Borok, luka, dan kutil
1. Olesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete (Anarcadium occidentale L) selama beberapa hari sampai luka mengering
2. Untuk kutil, petiklah 5 lembar DAUN DEWA, tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil, buatlah sampai merekat, biarkan satu hari dan lepas ke esokan harinya
Ragam penyakit kulit
Bagi penderita penyakit kulit, gatal-gatal, dan luka, ramuan yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Daun itu diolesi minyak kelapa, lalu dilayukan di atas pengapian.
Setelah itu, daun ditempel ke bagian kulit yang luka atau gatal. Sebelum diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 %.
Bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit
Helaian mahkota bunga teratai ini dibakar, akan menghasilkan abu yang juga berkhasiat sebagai obat. Abu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk menyembuhkan bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit. Sedangkan serbuk dan benang sari bunga teratai jika dicampur madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir.
Kudis pada Anak-anak
Anak-anak yang terkena kudis dianjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Cara membuat air rebusannya: ambil batang brotowali 1m, di rajang atau potong kecil2, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih, masukkan air rebusan ke dalam emberdan tambahkan air dinngin, mandikan anak sambil merendam tubuhnya.
Eksim
1. Parut rimpang jahe, lalu di peras
2. Campur dengan parutan lobak
3. Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim
Lengkuas untuk: Panu, kadas, kudis, koreng, borok
Pengobatan: Pengobatan luar, di oles di tempat yang sakit
Cara membuat:
1. Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) sampai jadi bubur
2. Oleskan/tempelkan di tempat yang sakit
3. Untuk kurap yang telah menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka
4. Untuk Panu: sediakan rimpang segar, cacah hingga timbul seratnya, gosokkan pada bagian yang sakit


J A H E

Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
===
AHE
Nama daerah jahe antara lain halia (Aceh), beeuing (Gayo), bahing (Batak Karo), sipodeh (Minangkabau), jahi (Lampung), jahe (Sunda), jae (Jawa dan Bali), jhai (Madura), melito (Gorontalo), geraka (Ternate), dsb.
Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), se-famili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.
Manfaat jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahe dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpangnya. Umumnya dikenal 3 varietas jahe, yaitu :
Jahe putih/kuning besar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik saat berumur muda maupun berumur tua, baik sebagai jahe segar maupun jahe olahan.
Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga jahe sunti atau jahe emprit Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.
Jahe merah
Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil. sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.
Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup. Adapun manfaat secara pharmakologi antara lain adalah sebagai karminatif
(peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.
KUNYIT
Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.
Jenis Curcuma domestica Val, C. domestica Rumph, C. longa Auct, u C. longa
Linn, Amomum curcuma Murs. Ini merupakan jenis kunyit yang paling terkenal dari jenis kunyit lainnya.
Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena
berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan
gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu:
sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik,
bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit
itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba,
pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan
kolesterol, serta sebagai pembersih darah.
TEMULAWAK
Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di daerah Jawa Barat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak. Kawasan Indo-Malaysia merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia.
Tanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil tanpa memanfaatkan teknik budidaya. Hampir di setiap daerah pedesaan terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.
Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temulawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.
Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker,
dan anti mikroba.
KUMIS KUCING
Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.
Nama daerah: Kumis kucing (Melayu - Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura).
Tanaman terna yang tumbuh tegak, pada buku-bukunya berakar tetapi tidak tampak nyata, tinggi tanaman sampai 2m. Batang bersegi empat agak beralur. Helai daun berbentuk bundar telur lonjong, lanset, lancip atau tumpul pada bagian ujungnya, ukuran daun panjang 1 - 10cm dan lebarnya 7.5mm - 1.5cm, urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 - 29cm.
Kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota berwarna ungu pucat atau putih, dengan ukuran panjang 13 - 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek yang berwarna ungu atau putih, panjang tabung 10 - 18mm, panjang bibir 4.5 -10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 - 2mm.
Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah O. aristatus, O.
thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus var. glabratus. Klon kumis kucing
yang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu.
Daun kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai bahan obatobatan.
Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.
TEH
Tanaman teh umumnya ditanam di perkebunan, di panen secara manual, dan dapat tumbuh di dataran tinggi. Ada dua kelompok varietas teh yang terkenal, yaitu van assamica yang berasal dari Assam dan van sinensis yang berasal dari China. Varietas assamica daunnya agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan varietas sinensis daunnya lebih kecil dan ujungnya agak tumpul. Pucuk dan daun muda yang digunakan untuk pembuatan minuman teh. Perbanyakan dengan biji, setek, sambungan atau cangkokan.
Sifat dan Khasiat : Daun berbau aromatik, sedikit pahit, astringen. Daun teh berguna untuk mengatasi sakit kepala, diare, penyubur dan menghitamkan rambut, kolesterol dan trigliserida darah tinggi, kencing manis (diabetes mellitus), mengurangi terbentuknya karang gigi (dental plaque), dan infeksi saluran cerna.
Cara Pemakaian : Seduh daun teh kering (4-7 g) dengan air panas, lalu minum sewaktu hangat atau setelah dingin. Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun segar, lalu giling halus. Turapkan pada luka berdarah, lalu balut.
Catatan : Jika minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), rasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak riapas, dan kadang sukar buang air besar.
APEL
Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis. Di Indonesia apel telah ditanam sejak tahun 1934 hingga saat ini.
Dari spesies Malus sylvestris Mill ini, terdapat bermacam-macam varietas yang memiliki ciri-ciri atau kekhasan tersendiri. Beberapa varietas apel unggulan antara lain: Rome Beauty, Manalagi, Anna, Princess Noble dan Wangli/Lali jiwo.
Apel mengandung banyak vitamin C dan B. Selain itu apel kerap menjadi pilihan
para pelaku diet sebagai makanan substitusi.
Pektin yang terkandung dalam Apel dapat melawan lemak dan menurunkan kolesterol. Serat nya membantu proses pencernaan. Daging buah apel membantu melarutkan kristal asam di dalam sendi. Baik untuk artritis, konstipasi, kolesterol tinggi, gangguan hati ringan, dan kegemukan.
ALPUKAT/AVOKAD
Tanaman alpukat merupakan tanaman buah berupa pohon dengan nama alpuket (Jawa Barat), alpokat (Jawa Timur/Jawa Tengah), boah pokat, jamboo pokat (Batak), advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (Lampung) dan lain-lain.
Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya di daerah dataran tinggi.
Bagian tanaman alpukat yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya sebagai
makanan buah segar. Selain itu pemanfaatan daging buah alpukat yang biasa
dilakukan masyarakat Eropa adalah digunakan sebagai bahan pangan yang diolah
dalam berbagai masakan. Bagian lain yang dapat dimanfaatkan adalah daunnya yang muda sebagai obat tradisional (obat batu ginjal, rematik).
Alpukat menawarkan asam lemak yang sehat, vitamin dan mineral seperti kalsium. Menurunkan kolesterol sementara meningkatkan karbohidrat. Baik untuk malnutrisi dan kulit kering
Ditulis dalam JAHE (zingiber officinale), MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma | Tidak ada komentar »
Obat Tradisional Indonesia Kini Ada di RSU dan Klinik
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
===
Pdpersi, Jakarta - Niat Indonesia memajukan obat-obatan tradisional, kini kian terbentang. Salah satu buktinya, obat anti reumatik yang merupakan obat tradisional Indonesia golongan fitofarmaka produksi PT Nyonya Meneer, kini sudah diterima dalam pelayanan formal melalui rumah sakit umum dan klinik kesehatan di seluruh Indonesia.
Naskah penandatanganan kerja sama antara PT Nyonya Meneer dengan rumah sakit dan klinik kesehatan itu, dilakukan di Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, Selasa (24/4).
Dalam acara penandatanganan itu, Dr Charles Saerang, Direktur Utama PT Nyonya Meneer mengungkapkan, meski masih perlu pengenalan dan penjajakan lebih intensif, ternyata sudah ada 12 rumah sakit yang memakai “rheumaneer” dan sekitar 30 rumah sakit sudah menyatakan kesiapannya. Menurutnya memang masih banyak dokter ataupun rumah sakit yang belum tahu tentang obat tradisional jenis fitofarmaka ini.
Charles juga mengatakan bahwa diterimanya obat anti rematik itu di rumah sakit umum dan klinik, telah melewati sebuah perjalanan panjang. Menurutnya, setelah dilakukan pengujian ketat, berupa uji efek anti inflamasi, uji toksisitas, dan uji klinis dari tahun 1992-1995 di Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, barulah rheumaneer dinyatakan lolos uji klinis.
?Setelah lolos uji klinis, baru pada tahun 2000 mulai dilempar di pasar dan pada tahun ini rheumaneer dapat diterima di rumah sakit umum serta klinik di seluruh Indonesia,? jelasnya bangga.
Sementara, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Dr Achmad Sujudi SpB MHA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs Richard Panjaitan, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Farmasi mengatakan, Indonesia sebagai megasenter keanekaragaman hayati terbesar kedua setelah Brazil, selayaknya terus menggali dan mengembangkan obat-obat tradisional yang dapat dimanfaatkan secara optimal di bidang kesehatan dan ekonomi.
?Keberadaan rheumaneer yang tergolong fitofarmaka, adalah suatu hal yang positif. Apalagi sudah ada kerja sama dengan rumah sakit umum dan klinik,? paparnya.
Ditambahkan Menkes, meski pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menkes No.760/Menkes/Per/IX/1992 tentang Fitofarmaka, dalam pasal 5 ayat 5 disebutkan bahwa keamanan dan kebenaran khasiat fitofarmaka harus telah dibuktikan dengan uji klinik. Namun selama 8 tahun setelah peraturan itu dikeluarkan, produk fitofarmaka yang terdaftar di Depkes baru 10 item saja.
Karena itu, lanjut Dr Sujudi, untuk memacu pengembangan fitofarmaka, maka Depkes dan Kessos telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Uji Obat Tradisional. Dalam penyusunan pedoman tersebut, Depkes dan Kessos dibantu para pakar dari perguruan tinggi, para peneliti dari Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisonal (Sentra P3T), dan Badan Litbangkes serta beberapa klinisi dan farmakolog.
Dalam penjelasan produk rheumeneer, Charles menuturkan, rheumeneer yang berbentuk kapsul berwarna kecoklatan, mengandung bahan-bahan antara lain Curcummae domesticae rhizoma (ekstrak kunyit 19%), Zingiberis rhizoma (ekstrak jahe 17), Curcumae rhizoma (ekstrak temulawak 24%), Panduratae rhizoma (ekstrak temukunci 15%), dan Retrofracti rhizoma (ekstrak buah cabe jawa 25%).
Ditambahkannya, rheumeneer juga memiliki keampuhan untuk mengobati nyeri sendi tulang, radang sendi, nyeri otot, pegal linu, cepat lelah, dan sukar tidur. Meski untuk reumatik, rheumeneer memiliki efek samping yang kecil sekali dan karena terbuat dari bahan alami maka obat ini sangat aman untuk lambung.
Rumah sakit dan klinik kesehatan yang sudah menggunakan produk tersebut adalah RSU Dr Saiful Anwar Malang, RSU Pelabuhan Cirebon, RSU Karo Sumatra Utara, RSU Banyuwangi, RSU Pantiwilasa Semarang, RSU Ngesti Waluyo Parakan-Tumenggung, RSU Klampok Banjarmasin, Klinik ESTI Jakarta, Klinik Mandiri Medan, Klinik Bali Denpasar, Klinik Taman Brantas Semarang, dan Klinik Lovina Bali.
Pada kesempatan itu juga, diserahkan laporan hasil riset (preklinik) Obat Diabetes oleh BPPT kepada PT Nyonya Meneer. Obat diabetes alami produksi PT Nyonya Meneer ini nantinya akan segera di uji klinis dengan harapan produk ini menjadi produk kedua setelah rheumaneer yang telah diterima masyarakat umum dan rumah sakit serta klinik.
LYH / Gaib M sigit
Cakrawala Lainnya :
Pengobatan Sistem Stemsell Tak Hanya dari Tali Pusar Bayi
Baru Tiga RS yang Serius Tangani Osteoporosis
Cegah Osteoporosis, Generasi Muda Diimbau Sering Jalan 10.000 Langkah
Kelangkaan Obat ARV Akan Terjadi di 200 RS
Bendung Pasien Berobat ke Luar Negeri, Jababeka Bangun Medical City
Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma | Tidak ada komentar »
JAHE (zingiber officinale)
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
SUMBER:
http://www.jamitra.com/Jahe.htm
===
Indonesia : Jahe pahit (Z.o. var. amarun) HaIia padi (rasanya amat tajam) Sunti (Z.o. var. rubrum) Halia barah atau H. udang (merah) Jae / Jhai Bahing / Pemedas / Sipadeh
Wilayah :
Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan (India) dan RRC, kini ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, contohnya di Indonesia. Tanaman jahe biasanya ditanam di daerah beriklim panas, terutama di tanah gembur, kering dan subur. Jahe yang amat baik dihasilkan di Jamaika. Sri Langka dan Cina. Tanaman jahe bisa dipanen apabila daunnya telah menguning.
Uraian Tumbuhan :
Zingiber officinale merupakan tumbuhan herba menahun yang tumbuh liar di ladang-ladang berkadar tanah lembab dan memperoleh banyak sinar matahari. Batangnya tegak, berakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Tumbuhan semak berbatang semu ini tingginya bisa mencapai 30 cm - 1 m. Rimpang jehe berkulit agak tebal membungkus daging umbi yang berserat dan berwarna coklat beraroma khas. Bentuk daun bulat panjang dan tidak lebar. Berdaun tunggal, berbentuk lanset dengan panjang antara 15 - 28 mm. Bunganya memiliki 2 kelamin dengan 1 benang sari dan 3 putik bunga. Bunga ini muncul pada ketiak daun dengan posisi duduk. Biasanya jahe di tanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi (daerah subtropis & tropis) di ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. Akarnya akar serabut.
Kandungan Kimia :
Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, damar, mineral sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol ( misalnya di bagian-bagian merah), zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C dan protein. Minyak jahe berwarna kuning dan kental. Minyak ini kebanyakan mengandung terpen, fellandren, dextrokamfen, bahan sesquiterpen yang dinamakan zingiberen, zingeron damar, pati.
Tanaman jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman yang tumbuh tegak dan merumpun dengan tinggi mencapai 0,4 - m. Jahe tumbuh pada ketinggihan 0-1.750 m dari permukaan alut dengan curah hujan 2000 mm pertahun, pada tanah yang gembur, subur dan cukup banyak mendapat sinar matahari.
Budidaya
Jahe dapat diperbanyak dengan memisahkan anakan atau dengan menanam rimpangnya. Rimpang yang akan ditanam sebaiknya rimpang yang sudah cukup tua dan memiliki 2-3 calon mata tunas. Penanaman jahe pada umumnya dilakukan dengan jarak tanam 25-30 cm x 40-60 cm tergantung jenis jahe yang akan ditanam. Pengolahan tanah dilakukan untuk menggemburkan tanah sedalam 10-25 cm. Pemupukan tanaman dilakukan dengan menaburkan pupuk kedalama masing-masing lubang tanaman :
Pada saat pengolahan tanah (sebelum penanaman) dengan :
pupuk kandang sejumlah 7.5-10 ton/ha
urea sejumlah 75-100 kg/ha
KCL sejumlah 75 kg/ha
Pada saat tanaman berumur 45-60 hari dengan jenis pupuk dan doss yang sama baik. Penyiangan pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 2-4 minggu dan penyiangan selanjutnya dilakukan 3-6 minggu sekali tergantung pada kondisi gulma yang tumbuh.
Hama dan Penyakit Tanaman
Layu bakteri Gejala serangan ditandai dengan layunya daun tanaman mulai dari bawah keatas yang akan diikuti dengan membusuknya tunas. Rimpang jahe yang terinfeksi akan mengeluarkan lendir putih jika dibelah. Pencegahan dilakukan dengan menanam bibit yang sudah cukup umur (9-10 bulan) dan direndam dalam bekterisida selama 10 jam. Lahan dari tanaman yang terserang penyakit ini sebaiknya tidak ditanami selama 2-4 tahun.
Lalat (mimegralla coeruleifrons macquart) Serangan lalat mengakibatkan tanaman layu dan kering sedang rimpangnya akan membusuk. Pemberantasan dilakukan dengan pemakaian nogos 50 EC
Rimpang jahe dan produksi
Panen jahe dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 5-10 bulan. Untuk bumbu masak atau makanan, dibutuhkan jahe umur 5 bulan, sedang untuk industri jamu, dibutuhkan jahe berumur 9-10 bulan. Panen sebaiknya dilakukan pada musim kemarau pada saat seluruh daun mengering. Pada kondisi tanah yang subur dan pemeliharaan yang benar, dari 1 ton bibit jahe dapat dihasilkan jahe seberat 15-20 ton jahe gajah segar dan 10-15 ton jahe emprit atau jahe putih. Pada kondisi tanaman yang kurang terawat, rata-rata dihasilkan 5-7 ton jahe dari 1 ton bibit jahe.
Kandungan & Manfaat :
Menurut Farmakope Belanda, Zingiber Rhizoma (Rhizoma Zingiberis- akar jahe) yang berupa umbi Zingerber officinale mengandung 6% bahan obat-obatan yang sering dipakai sebagai rumusan obat-obatan atau sebagai obat resmi di 23 negara. Menurut daftar prioritas WHO, jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia. Di negara Malaysia, Filipina dan Indonesia telah banyak ditemukan manfaat therapeutis. Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan Iainnya.
Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan. Jahe berguna sebagai obat gosok untuk penyakit encok dan sakit kepala. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar untuk sebagai obat mulas. Rasa dan aromanya pedas dapat menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat.
Minyak atsirinya bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, anti inflamasi dan anti bakteri. Air perasan umbinya (akar tongkat) digunakan untuk penyakit katarak. Pada umumnya jahe dipakai sebagai pencampur beberapa jenis obat yaitu sebagai obat batuk, rnengobati Iuka luar dan dalam,melawan gatal (umbinya ditumbuk haIus) dan untuk mengobati gigitan ular
BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Rimpang.
Kegunaan
1. Obat Kuat
2. Asi.
3. Batuk.
4. Membangkitkan nafsu makan.
5. Mulas.
6. Perut kembung.
7. Serbat.
8. Gatal (obat luar).
9. Luka (obat luar).
10. Sakit kepala (obat luar).
11. Selesma (obat luar
RAMUAN DAN TAKARAN
Impotensi
1 ons jahe (+/- 1 ons Jahe Sulthon) 1 butir telur ayam kampung 1 butir jeruk nipis besar 1 sendok makan kecap manis 1 sendok makan madu murni 7 butir merica 3 kuncup laos Cara membuat: Rimpang jahe diparut diambil airnya atau Jahe Sulthon diseduh dengan air panas dengan air secukupnya, telur dikocok sampai halus. Jeruk nipis diperas diambil airnya, merica ditumbuk halus. Semua bahan dicampur dan diaduk rata. Ramuan yang sudah jadi ini diminum setengah jam sebelum beraksi.
Mulas
Ramuan:
Jahe Merah (parut) 3 rimpang
Cara pembuatan: Diperas.
Cara pemakaian: Diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.
Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari.
Serbat
Ramuan:
Jahe 1 rimpang
Bunga Cengkih 2 biji
Buah Kemukus 4 biji
Buah Cabai Jawa 3 biji
Sereh 1 ruas jari tangan
Biji Pala 1 / 5 butir
Daun Jeruk Purut 1/2 lembar
Kulit Kayu Manis sedikit
Gula Aren secukupnya
Air 200 ml
Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan : Diulang selama 4 hari.
ASI
Ikan dan udang baik sekali untuk melancarkan ASI. Kadang-kadang bayi rentan terhadap ASI yang berbau ikan atau udang. Untuk mencegah hal tersebut ibu menyusui harus makan lalap Jahe atau Kemangi.
Sakit kepala dan Selesma (Influenza)
Penderita influenza biasanya merasa nyeri di punggung dan di pinggang (greges-greges). Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut penderita dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Jahe Merah beberapa rimpang
Air secukupnya
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Tambahkan minyak kelonyo secukupnya dan gosokkan pada bagian badan yang terasa nyeri. Untuk sakit kepala ditempelkan pada pelipis dan belakang telinga penderita.
Selesma
Ramuan:
Jahe Merah 1 rimpang
Herba Poko segar 1 genggam
Buah kemukus 6 butir
Biji Jintan Hitam 2 butir
Air sedikit
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Pindahkan ramuan ke kain bersih dan ikat dengan tali, kemudian masukkan ke dalam cuka hangat dan oleskan ke seluruh badan, agar mempercepat keluarnya keri
Ditulis dalam JAHE (zingiber officinale), MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | Tidak ada komentar »
Bebsa pegel linu dengan Zingiberis Rhizoma / Habbat`s Sehat
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT PEGAL LINU DAN SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
sumber:
http://www.ot.co.id/research_life_BebasPegalLinu.html
===
Pegal linu bisa terjadi pada semua usia, meskipun sebagian besar pada orang tua [40 tahun ke atas]. Hal itu karena pada usia tua organ-organ tubuh sudah mengalami regresi/kemunduran. Pegal linu pada usia muda umumnya karena faktor kebiasaan, misalnya kurang suka berolah raga, kurang atau salah dalam pemanasan ataupun relaksasi dalam berolah raga. Bisa pula karena perubahan posisi dalam duduk, mengangkat barang, dan lain sebagainya.
Sirkulasi darah yang kurang lancar sering juga menyebabkan badan capek, pegal linu, malas, dan tidak bersemangat saat bangun pagi. Bagi para pekerja bisa terkena penyakit pekerja (sick building syndrome /sindrom gedung sakit). Menurut Dr. Hendrawati Utomo, Sp.Ok.MS, setiap jenis pekerjaan memiliki risiko kesehatan. Gedung perkantoran yang ber-AC sentral menyimpan risiko sick building syndrome. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sick building syndrome:
1. Faktor Kimia
Dipengaruhi oleh polusi dalam ruangan –sistem ventilasi dan sanitasi– seperti pembuangan CO2, Co, ozon, asap rokok, ammonia dan sebagainya.
2. Faktor Fisik
Gerakan yang salah/sikap tubuh saat melakukan pekerjaan dan terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama, tempat kerja serta peralatan kantor yang tidak tepat (penerangan, warna, ukuran tempat duduk/meja), penggunaan AC sentral dan terlalu dinginnya udara dari AC, penggunaan komputer dalam waktu lama.
3. Faktor Psikososial
Berkaitan dengan kondisi kejiwaan (stres, hubungan antara rekan kerja dan kesiapan bekerja), beban atau porsi pekerjaan.
Pegal Linu = Reumatik?
Perlu dibedakan antara nyeri pegal linu dan reumatik. Nyeri pegal linu belum tentu disebabkan asam urat, sedangkan bila reumatik dapat juga disebabkan peninggian asam urat. Reumatik karena tingginya asam urat disebut radang sendi gout/pirai. Masyarakat sering menyebutnya sebagai nyeri, encok, boyok, dan sebagainya.
Gejala khas dari gout adalah nyeri dan bengkak pada sendi yang terjadi tiba-tiba terutama pada malam hari menjelang pagi. Keluhan ini ditandai dengan rasa nyeri hebat, pembengkakan, kemerahan, panas pada sendi yang terkena. Biasanya 90% yang sering terkena adalah ibu jari kaki.
Minuman Sehat Alami Atasi Pegal Linu
Pegal Linu merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari rempah-rempah alami Indonesia, dengan rasa yang enak dan dikemas dalam bentuk yang praktis (ready to drink) serta diproses secara higienis sehingga aman untuk dikonsumsi. Pegal Linu telah mendapat predikat sebagai Obat Herbal Terstandar dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), sejak 2005.
Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah distandardisasi.
Manfaat Pegal Linu:
a. Mengatasi pegal linu dan keletihan
b. Meringankan sakit pada persendian
c. Menghangatkan tubuh
Anjuran minum:
1-2 botol per hari, di saat dan setelah beraktivitas.
Bahan alam utama dalam Pegal Linu:
Zingiberis Rhizoma (Jahe Gajah)
Dengan kandungan aktif minyak atsiri (Gingerol) dan oleoresin yang mempunyai efek sebagai antiinflamasi (anti-radang) dan analgesik (penghilang rasa sakit) sehingga dapat meringankan sakit nyeri pada persendian dan mengatasi rasa pegal-pegal. Selain itu, jahe memiliki rasa pedas yang menghangatkan badan, sehingga dapat melebarkan pembuluh- pembuluh darah yang membuat aliran darah ke otot dan sendi menjadi lancar.
Curcumae domesticae Rhizoma (Kunyit)
Curcuminoid sebagai zat aktif di dalam kunyit memiliki efek analgesik (penghilang rasa sakit) dan antiinflamasi (antiradang) sehingga dapat membantu mengatasi pegal linu. Selain itu, kunyit juga bersifat sebagai antioksidan alami yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas (dari polusi, sinar UV, makananminuman fast food, stres, dan sebagainya).
Kaempferiae Rhizoma (Kencur)
Kandungan minyak atsiri dalam kencur juga berkhasiat sebagai analgesik (penghilang rasa sakit) dan menghangatkan badan.
Myristicae Flos (Bunga Pala)
Mengandung minyak terbang (myristin, pinen, kamfen) yang bersifat stimulan dan sedatif, sehingga dapat mengurangi keletihan, lesu dan menyegarkan badan.
Caryophylli Flos (Bunga Cengkeh)
Mengandung minyak atsiri (eugenol) yang bersifat analgesik (penghilang rasa sakit) dan topikal anastetik untuk mengatasi rasa pegal linu dan nyeri otot.
Paullinia cupana (Guarana)
Kandungan aktifnya memiliki sifat seperti kafein yang bekerja sebagai stimulan dan tonik bagi tubuh. Membuat tubuh lebih bersemangat dan segar dalam beraktivitas.
Uji Khasiat Pegal Linu
Pada tahun 2004, Pegal Linu telah diuji khasiatnya di unit layanan pengujian fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya. Hasil uji menunjukkan bahwa Pegal Linu mempunyai efek analgesik (menghilangkan rasa sakit)
1. Pemakaian 2 botol sehari lebih besar efeknya dibandingkan dengan pemakaian 1 botol sehari:
- 1 botol sehari: efek analgesik 54% lebih baik dibanding placebo (air).
- 2 botol sehari: efek analgesik 65% lebih baik dibanding placebo (air).
2. Aman untuk dikonsumsi (tidak menimbulkan efek samping terhadap hati, ginjal, dan sel darah).
Pustaka:
1. Alam Sumber Kesehatan, B.R.A Moeryadi Soedibyo, Balai Pustaka, 1998, hal 157, 216
2. Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit, 2003, Redaksi AgroMedia, hal 144
3. Ginger (Zingiber officinale) and rheumatic disorders, Med.Hypotheses, 29(1): 25 - 28, 1989, http://www.haldin-natural.com
4. Resep Jamu Tradisional Jawa, Intisari, 2002, PT. Gramedia, hal 6
5. http://www.pharmakobotanik.de
6. http://www.kup.at
7. http://www.geocities.com/situsgratis3in1/jawaban-medis.html

Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | Tidak ada komentar »
MANFAAT Zingiberis Rhizoma / JAHE GAJAH
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
SUMBER:
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=293
===
Jahe
(Zingiber officinale Rosc.)
Sinonim :

Familia :
Zingiberaceae
Uraian :
Tanaman herba semusim, tegak, tinggi 40-50 cm. Batang semu, beralur, membentuk rimpang, warna hijau. Daun tunggal, bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, warna hijau tua. Bunga majemuk, bentuk bulir, sempit, ujung runcing, panjang 3,5-5 cm, lebar 1,5-2 cm, mahkota bunga bentuk corong, panjang 2-2,5 cm, warna ungu. Buah kotak, bulat panjang, warna cokelat.
Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA Zingiberis Rhizoma; Rimpang Jahe.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sifat Khas Tajam dan sumelada. Khasiat Karminatif, stomakik, stimulans, dan diaforetik. PENELITIAN Latifah,1987. Jurusan Farmasi, FMIPA UNPAD. Telah melakukan penelitian pengaruh analgesik perasan rimpang Jahe Merah pada mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata perasan rimpang Jahe memberikan efek yang nyata terhadap perpanjangan waktu reaksi. Semakin besar dosis yang diberikan, semakin besar efek perpanjangan waktu reaksi (efek pengurangan sensitifikasi rasa sakit). Pemberian perasan rimpang Jahe Merah antara 199,8 mg/kg dan 218,0 mg/kg bb mempunyai daya analgesik yang setara dengan daya analgesik asam salisilat 10 mg /kg bb. Ema Viaza,1991. Jurusan Farmasi, FMIPA UI. Telah melakukan penelitian efek antijamur Jahe terhadap jamur Tricophyton mentagrophytes, Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata jamur Tricophyton mentagrophytes, Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis memberikan kadar hambat minimum sebagai berikut: 6,25; 12,5 mg/ml. Berdasarkan zona hambatan yang diperoleh, efek antijamur tertinggi diberikan terhadap jamur Tricophyton mentagrophytes, kemudian disusul Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis. Catatan Jahe dapat dibedakan atas dua jenis. 1. Jahe Pahit. 2. Jahe Merah (sunti).
BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Rimpang.
Kegunaan
1. Asi.
2. Batuk.
3. Membangkitkan nafsu makan.
4. Mulas.
5. Perut kembung.
6. Serbat.
7. Gatal (obat luar).
8. Luka (obat luar).
9. Sakit kepala (obat luar).
10. Selesma (obat luar).
RAMUAN DAN TAKARAN
Mulas
Ramuan:
Jahe Merah (parut) 3 rimpang
Cara pembuatan: Diperas.
Cara pemakaian: Diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.
Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari.
Serbat
Ramuan:
Jahe 1 rimpang
Bunga Cengkih 2 biji
Buah Kemukus 4 biji
Buah Cabai Jawa 3 biji
Sereh 1 ruas jari tangan
Biji Pala 1 / 5 butir
Daun Jeruk Purut 1/2 lembar
Kulit Kayu Manis sedikit
Gula Aren secukupnya
Air 200 ml
Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan : Diulang selama 4 hari.
ASI
Ikan dan udang baik sekali untuk melancarkan ASI. Kadang-kadang bayi rentan terhadap ASI yang berbau ikan atau udang. Untuk mencegah hal tersebut ibu menyusui harus makan lalap Jahe atau Kemangi.
Sakit kepala dan Selesma (Influenza)
Penderita influenza biasanya merasa nyeri di punggung dan di pinggang (greges-greges). Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut penderita dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Jahe Merah beberapa rimpang
Air secukupnya
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Tambahkan minyak kelonyo secukupnya dan gosokkan pada bagian badan yang terasa nyeri. Untuk sakit kepala ditempelkan pada pelipis dan belakang telinga penderita.
Selesma
Ramuan:
Jahe Merah 1 rimpang
Herba Poko segar 1 genggam
Buah kemukus 6 butir
Biji Jintan Hitam 2 butir
Air sedikit

Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Pindahkan ramuan ke kain bersih dan ikat dengan tali, kemudian masukkan ke dalam cuka hangat dan oleskan ke seluruh badan, agar mempercepat keluarnya keringat.
Komposisi :
Minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.
Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | yang berkaitan: jahe gajah, MANFAAT Zingiberis Rhizoma, MANFAAT Zingiberis Rhizoma / JAHE GAJAH | Tidak ada komentar »
Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 3, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA DAN NIGELLA PLUS INSYA ALLAH SETIAP PEREMPUAN BISA MENDAPATKAN MULTIORGASME DAN SEGELA MASALH SEKS DAN REPRODUKSI BISA DICEGAH DAN DIOBATI. AMIN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
sumber:
http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/02/24/159853/24/wanita-alami-multiorgasme-usai-menopause
===
KONON banyak wanita malah menikmati aktivitas seks yang menyenangkan setelah mereka melewati masa menopause. Wanita justru lebih besar kemungkinannya mendapatkan orgasme ataupun multiorgasme sebelum masa menopause. Betulkah?
“Masalah itu enggak sepenuhnya benar. Tidak semua wanita bisa mendapatkan orgasme ataupun multiorgasme setelah masa menopause,” tutur Dr Handrawan Nadesul yang dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Minggu (2/11/2008).
Menurut Handrawan, tidak sedikit dari wanita bisa mengalami orgasme atau multiorgasme karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, seperti menjelang usia 50 tahun, banyak wanita memiliki pengalaman dan skill yang memadai dalam ‘permainan’ ranjang. Faktor lainnya, sebagian besar wanita telah kenal dengan sangat baik pola ‘permainan’ pasangannya dalam aktivitas ranjang.
Sungguh pun demikian, Handrawan mengakui memang tidak menutup kemungkinan ada kendala yang bisa dihadapi oleh para wanita dan pasangannya pada saat menjelang atau setelah menopause. Kendala ini antara lain, pada saat-saat mendekati masa menopause, tingkat estrogen (hormon seks penting wanita) mulai mengalami penurunan. Penurunan kadar estrogen ini dapat membawa sejumlah dampak, seperti memunculkan kekeringan vagina dan menipisnya dinding vagina. Hal ini mengurangi gairah serta dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan iritas. Selain itu munculnya masalah psikologis seperti depresi dan insomnia, yang menyulitkan pasangan dalam menikmati seks.
“Kecuali pasangan yang terlebih dahulu mengonsumsi obat hormon atau memakai krim khusus kemungkinan besar bisa menggapai puncak kenikmatan seks,” tukas pria yang mempunyai kesibukan sebagai penulis dan konsultan kesehatan di beberapa media cetak dan radio ini.
(tty)
Berita Terkait: Seksualitas
* Kepuasan Hubungan Intim Bergantung Kepintaran Pria
* Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
* Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
* Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
* 3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
* 3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
* Nikmati Indahnya Malam Halloween
* Trik Jitu Raih Orgasme Berkelanjutan
* Lokasi ‘Liar’ Penyulut Gairah Seksual
* Busana Seksi Ciptakan Permainan Lebih Hot

Ditulis dalam MULTI ORGASME, SEKS WANITA, Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause? | Tidak ada komentar »
Kepuasan Hubungan Intim Bergantung Kepintaran Pria
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 3, 2008
INSYA ALLAH DENGAN HABBAT`S X PLUS PRIA BERKUASA DI TEMPAT TIDUR DAN SEGALA KELUHAN SEKSUAL BISA DIATASI. AMIN.
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69) PEMESANAN DAN KONSULTASI HUBUNGI BIN MUHSIN DI HAP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/02/24/159879/kepuasan-hubungan-intim-bergantung-kepintaran-pria
===
BANYAK yang berkeyakinan bahwa kepuasan hubungan intim yang dirasakan pasangan sangat bergantung dari kepiawaian pihak pria dalam menjalankan misinya di atas ranjang. Betulkah?
“Peran pria dalam urusan di atas ranjang memang bersifat lebih aktif, sedangkan wanita lebih bersifat pasif. Pria karenanya dituntut untuk benar-benar mampu mengendalikan ‘permainan’ di atas ranjang,” tutur Dr Handrawan Nadesul yang dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Minggu (2/11/2008).
Menurut Handrawan, untuk bisa mengendalikan ‘permainan’ dengan baik, tentu saja dibutuhkan kepintaran, bukan hanya yang menyangkut masalah teknis tetapi juga masalah-masalah nonteknis.
“Komunikasi seks dengan pasangan pun haruslah berjalan dengan baik. Pria harus menanyakan kepada pasangannya mau diperlakukan seperti apa. Begitu pun dengan wanita harus jujur mengatakan titik-titik penting dari tubuhnya yang bisa menimbulkan rangsangan seksual. Alhasil, tak sulit lagi bagi masing-masing pasangan meraih hubungan intim yang berlangsung seru dan mengasyikkan,” beber Handrawan panjang.
Kenyataannya, karena faktor kekurangpintaran pihak pria, tidak jarang membuat sejumlah blunder saat ‘bermain’ dengan pasangannya dan membuat ‘permainan’ menjadi tidak seru dan tidak nikmat sehingga kurang memuaskan pasangannya.
Handrawan menyebut, paling tidak ada beberapa kesalahan mendasar yang sering kali dilakukan kaum pria saat berhubungan intim dengan pasangannya. Kesalahan itu seperti, tidak melakukan ‘permainan’ pendahuluan atau foreplay, tidak mengatur suasana, terlalu tergesa-gesa, dan tidak memedulikan pasangannya.
“Hubungan intim yang seru dan memuaskan itu membutuhkan dukungan suasana. Merayu dan mencumbu pasangan akan lebih mudah dilakukan jika tersedia suasana yang nyaman. Begitu pun dengan aktivitas foreplay. Foreplay merupakan bagian penting dari hubungan intim. Namun, sebagian pria mengabaikan masalah ini. Mereka lebih memilih tembak langsung. Padahal, ibarat menu makanan, foreplay merupakan hidangan pembuka selera sebelum masuk ke acara menyantap hidangan utama,” pungkas pria yang mempunyai kesibukan sebagai penulis dan konsultan kesehatan di beberapa media cetak dan radio ini.
===
Berita Terkait: Seksualitas
* Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
* Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
* Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
* Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
* 3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
* 3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
* Nikmati Indahnya Malam Halloween
* Trik Jitu Raih Orgasme Berkelanjutan
* Lokasi ‘Liar’ Penyulut Gairah Seksual
* Busana Seksi Ciptakan Permainan Lebih Hot
Berita Terkait: Seksualitas
*
Minggu, 02/11/2008 15:11
Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
*
Minggu, 02/11/2008 11:11
Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
*
Sabtu, 01/11/2008 12:11
Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
*
Jum’at, 31/10/2008 10:10
Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
*
Kamis, 30/10/2008 11:10
3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
*
Rabu, 29/10/2008 17:10
3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
*
Rabu, 29/10/2008 08:10
Nikmati Indahnya Malam Halloween
Ditulis dalam KEPUASAN SEKS, PRIALAH RAJANYA | Tidak ada komentar »
PEMERIKSAAN SPERMA
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN HABBAT`S X PLUS SPERMA AMDA JADI BERKUALITAS, SEHAT DAN JOSS.. DAN SEGALA KELUHAN SEKSUAL BISA DIATASI. AMIN.
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69) PEMESANAN DAN KONSULTASI HUBUNGI BIN MUHSIN DI HAP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
Pemeriksaan sperma (lebih tepatnya analisis semen) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur jumlah serta kualitas semen dan sperma seorang pria. Pengertian semen berbeda dengan sperma. Secara keseluruhan, cairan putih dan kental yang keluar dari alat kelamin pria saat ejakulasi disebut semen. Sedangkan ‘makhluk’ kecil yang berenang-renang di dalam semen di sebut sperma.
Analisis semen merupakan salah satu pemeriksaan lini pertama untuk menentukan kesuburan pria. Pemeriksaan ini dapat membantu menentukan apakah ada masalah pada sistim produksi sperma atau pada kualitas sperma, yang menjadi biang ketidaksuburan. Perlu diketahui, hampir setengah pasangan yang tidak berhasil memperoleh keturunan, disebabkan karena ketidaksuburan pasangan prianya.
Ada dua tahap penting pada pemeriksaan sperma, yaitu tahap pengambilan sampel dan tahap pemeriksaan sperma.
Pada tahap pengambilan sampel, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
1. Pria yang akan diambil semennya dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Tidak dalam keadaan letih atau lapar.
2. Tiga atau empat hari sebelum semen diambil, pria tersebut tidak boleh melakukan aktifitas seksual yang mengakibatkan keluarnya semen. WHO bahkan merekomendasikan 2 – 7 hari harus puasa ejakulasi, tentunya tidak sebatas hubungan suami istri, tapi dengan cara apapun.
3. Semen (sperma) dikeluarkan melalui masturbasi di laboratorium (biasanya disediakan tempat khusus). Sperma kemudian ditampung pada tabung terbuat dari gelas. Jika mengalami kesulitan untuk mengeluarkan sperma dengan cara ini, diskusikan dengan dokter anda.
4. Masturbasi tidak boleh menggunakan bahan pelicin seperti sabun, minyak, dll.
Sedangkan pada tahap kedua, dilakukan pemeriksaan sampel semen di laboratorium. Beberapa hal yang diperiksa antara lain :
Hitung Sperma (Sperma Count)
Semen normal biasanya mengandung 20 juta sperma per mililiternya dan 8 juta diantaranya bergerak aktif. Sperma yang bergerak aktif ini sangat penting artinya, karena menunjukkan kemampuan sperma untuk bergerak dari tempat dia disemprotkan menuju tempat pembuahan (tuba fallopi, bagian dari kandungan wanita).
Hasil pemeriksaan biasanya disajikan dalam istilah sebagai berikut :
* Polyzoospermia : Konsentrasi sperma sangat tinggi
* Oligozoospermia : Jumlah sperma kurang dari 20 juta/ml
* Hypospermia : Volume semen < 1,5 ml
* Hyperspermia : Volume semen > 5,5 ml
* Aspermia : Tidak ada semen
* Pyospermia : Ada sel darah putih pada semen
* Hematospermia : Ada sel darah merah pada semen
* Asthenozoospermia : Sperma yang mampu bergerak < 40%.
* Teratozoospermia : > 40% sperma mempunyai bentuk yang tidak normal
* Necozoospermia : sperma yang tidak hidup
* Oligoasthenozoospermia : Sperma yang mampu bergerak < 8 juta/ml
Bentuk Sperma (Sperm Morphology)
Pemeriksaan ukuran, bentuk, dan gambaran sperma biasanya melalui pemeriksaan sampel yang telah diwarnai di bawah mikroskop. Hasil pemeriksaan dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu : bentuk normal, kepala tidak normal, ekor tidak normal, dan sel sperma belum matang (immature germ cells, IGC).
Gerakan Sperma (Sperm Motility)
Dikatakan normal jika 40% atau lebih sperma dapat bergerak normal. Tetapi, beberapa pusat laboratorium mengatakan bahwa nilai normal adalah 60% atau lebih.
Bacaan :
1. Persiapan Pemeriksaan Sperma.
2. Sperm Tests.
3. About.Com: Semen Analysis.
4. LabTestOnline.Org: Semen Analysis.
Ditulis dalam PEMERIKSAAN SPERMA | Tidak ada komentar »
Hamil Mola atau Hamil Anggur
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA + NIGELLA PLUS PENYAKIT HAMIL MOLA / ANGGUR BISA DICEGAH DAN DIOBATI. DAN KESULITAN PUNYA KETURUNAN JUGA BISA DIATASI. AMIN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
sumber:
http://www.wartamedika.com/2008/11/hamil-mola-atau-hamil-anggur.html
===
Istilah ‘hamil’ lazim kita hubungkan dengan adanya janin di dalam rahim, baik tunggal maupun kembar. Kembar dua, tiga, dan seterusnya. Lain halnya pada hamil mola atau hamil anggur, seringkali tidak ditemukan janin di dalam rahim, walaupun ’sepertinya’ tanda-tanda hamil ada, yaitu perut membesar, mengidam, dll.
Pada hamil mola, kandungan terisi oleh jaringan berbentuk gelembung berisi cairan. Gelembung-gelembung ini jumlahnya banyak, sehingga menyerupai kumpulan buah anggur. Penyebabnya adalah gangguan pertumbuhan plasenta (ari-ari) karena pembuahan sel telur yang kosong oleh sperma.
Tanda-tanda hamil mola mempunyai kemiripan dengan hamil biasa. Beberapa diantaranya adalah perut membesar, terlambat haid, mual muntah, dan jika dilakukan pemeriksaan urin dengan strip uji kehamilan hasilnya positif. Oleh karena itu, mungkin saja pada awal perjalanan penyakit ini, timbul salah duga, yaitu mengira si ibu hamil normal.
Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, timbul tanda-tanda yang tidak lazim ditemukan pada hamil biasa. Tanda tersebut adalah :
1. Keluar jaringan berbentuk seperti buah anggur dari jalan lahir. Ini adalah gejala yang paling khas dari kehamilan mola.
2. Perdarahan jalan lahir, baik ringan maupun berat.
3. Ukuran perut ibu tidak sesuai dengan usia kehamilan. Misalnya, usia kehamilan baru jalan 4 bulan, tetapi besarnya perut menyerupai usia kehamilan 7 bulan.
4. Mual dan muntah hebat.
Selain itu, pemeriksaan USG kandungan tidak menunjukkan tanda-tanda kehadiran janin. Sebaliknya, pemeriksaan USG hanya memberikan gambaran seperti badai salju (snow storm) atau sarang lebah (honey comb).
Untuk penanganan hamil mola, dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1. Sebagian hamil mola akan sembuh sendiri setelah pengeluaran spontan jaringan mola (mirip buah anggur).
2. Mola yang bandel dikeluarkan dengan cara dikuret.
3. Sekitar 90% wanita yang molanya sudah dikuret tidak membutuhkan pengobatan lanjutan.
4. Pemeriksaan kadar hCG setiap bulan selama enam bulan pertama pasca kuret. Pemeriksaan berkala ini penting untuk memastikan bahwa jaringan mola sudah habis diangkat. Mola yang tersisa bisa saja berkembang menjadi kanker dan membahayakan penderita.
5. Menunda kehamilan, setidaknya satu tahun setelah hamil mola terjadi. Pada kasus ini, semua bentuk KB pada dasarnya dapat diberikan untuk menunda kehamilan, kecuali KB IUD.
Bacaan:
1. About.Com: Molar Pregnancy.
2. WebMD: Molar Pregnancy - Topic Overview.
3. AmericanPregnancy.Org: Molar Pregnancy.
4. IndoGlobar.Com: Hamil Anggur.
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
Ditulis dalam HAMIL ANGGUR, HAMIL MOLA, HAMIL TAK NORMAL, HERBAL UNTUK MASALAH HAMIL, KIRET, SUSAH HAMIL | Tidak ada komentar »
KEPUTIHAN NORMALKAH
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA + NIGELLA PLUS PENYAKIT KEPUTIHAN DAN SEMUA KELUHAN SZKIT RAHIM DAN PEREMPUAN BISA DIOBATI DAN DISEMBUHKAN. AMIN
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
sumber:
http://www.wartamedika.com/2008/11/keputihan-normalkah.html
===
Keputihan merupakan gejala yang dialami oleh hampir semua wanita. Hal ini terjadi sebagai konsekuensi struktur anatomi jalan lahir. Setidaknya ada dua komponen penting di jalan lahir yang berperan terhadap keputihan yaitu serviks (leher rahim) dan vagina. Keduanya mengandung kelenjar yang dapat memproduksi mukus (cairan) yang keluar sebagai keputihan.
Produksi cairan dari kelenjar serviks dan vagina dapat bervariasi dari waktu ke waktu, biasanya mengikuti siklus ovulasi (keluarnya sel telur). Saat akan ovulasi, cairan yang diproduksi cenderung lebih banyak dan lebih lengket. Sebaliknya, setelah ovulasi cairan lebih sedikit dan kurang lengket. Demikian pula saat menyusui atau mengalami stimulasi seksual, mukus atau cairan yang diproduksi akan meningkat.
Keputihan seperti ini dianggap normal. Ciri-cirinya adalah keputihan yang keluar tidak berwarna (bening), tidak berbau, dan tidak disertai gejala-gejala lain seperti gatal, nyeri, dll.
Keputihan dapat mengalami gangguan. Penyebabnya beragam dan seringkali dapat diketahui melalui gejala keputihan yang muncul. Berikut beberapa jenis keputihan yang tidak normal.
Keputihan Karena Jamur
Jamur dalam jumlah kecil normal ada dalam vagina. Tetapi jika jumlahnya meningkat, akan menimbulkan gejala keputihan. Salah satu jenis jamur yang sering menjadi biang keputihan adalah Candida albicans.
Keputihan karena jamur ditandai dengan keluarnya cairan berbentuk keju lunak berwarna putih (white, cottage cheese like discharge), rasa gatal yang hebat, dan seringkali menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual.
Untuk mengatasinya, dokter biasanya memberi obat anti jamur. Obat ini ada yang berupa obat minum, ada juga yang harus dimasukkan ke dalam vagina.
Vaginosis Bakterial
Penyebabnya adalah bakteri Gardnerella vaginalis. Ciri-ciri keputihan akibat bakteri ini adalah cairan berwarna agak putih, keabuan, atau kekuningan, disertai bau yang menyengat, terutama setelah melakukan hubungan seksual. Juga dapat timbul gatal dan rasa terbakar di daerah vagina. Pengobatannya dengan antibiotik, biasanya dalam bentuk obat minum.
Trikhomoniasis
Keputihan jenis ini disebabkan oleh kuman Trichomonas vaginalis. Keputihannya ditandai dengan keluarnya cairan agak encer, berbusa, berwarna kekuningan atau kehijauan. Selain itu, timbul bau tidak sedap serta nyeri atau gatal saat buang air kecil. Gejala-gejala ini biasanya meningkat setelah menstruasi. Pengobatan trikhomoniasis dengan pemberian antibiotik yang diminum.
Gonorrhea dan Klamidia
Kedua penyakit kelamin ini kadang-kadang dapat menimbulkan keputihan. Tetapi, gejalanya tidak terlalu khas. Seringkali hanya ditandai oleh peningkatan jumlah cairan yang keluar. Pengobatannya adalah dengan antibiotika, baik berupa antibiotika yang diminum maupun antibiotika yang disuntikkan.
Bacaan :
1. ClavelandClincic.Org: Vaginal Discharge Overview.
2. MedlinePlus : Vaginal discharge.
3. Palo Alto Medical Foundation : Vaginal Discharge.
4. FamilyDoctor.Org: Vaginal Discharge: Changes That May Be Signs of a Problem
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
Ditulis dalam KEPUTIHAN, OBAT KEPUTIHAN | Tidak ada komentar »

J A H E

Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
===
AHE
Nama daerah jahe antara lain halia (Aceh), beeuing (Gayo), bahing (Batak Karo), sipodeh (Minangkabau), jahi (Lampung), jahe (Sunda), jae (Jawa dan Bali), jhai (Madura), melito (Gorontalo), geraka (Ternate), dsb.
Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), se-famili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.
Manfaat jahe terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Jahe dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpangnya. Umumnya dikenal 3 varietas jahe, yaitu :
Jahe putih/kuning besar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak Rimpangnya lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik saat berumur muda maupun berumur tua, baik sebagai jahe segar maupun jahe olahan.
Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga jahe sunti atau jahe emprit Ruasnya kecil, agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin dan minyak atsirinya.
Jahe merah
Rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil. sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua, dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.
Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng dan sirup. Adapun manfaat secara pharmakologi antara lain adalah sebagai karminatif
(peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.
KUNYIT
Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatan khususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.
Jenis Curcuma domestica Val, C. domestica Rumph, C. longa Auct, u C. longa
Linn, Amomum curcuma Murs. Ini merupakan jenis kunyit yang paling terkenal dari jenis kunyit lainnya.
Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena
berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan
gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu:
sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik,
bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit
itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba,
pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan
kolesterol, serta sebagai pembersih darah.
TEMULAWAK
Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Di daerah Jawa Barat temulawak disebut sebagai koneng gede sedangkan di Madura disebut sebagai temu lobak. Kawasan Indo-Malaysia merupakan tempat dari mana temulawak ini menyebar ke seluruh dunia.
Tanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil tanpa memanfaatkan teknik budidaya. Hampir di setiap daerah pedesaan terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.
Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temulawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.
Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker,
dan anti mikroba.
KUMIS KUCING
Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.
Nama daerah: Kumis kucing (Melayu - Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura).
Tanaman terna yang tumbuh tegak, pada buku-bukunya berakar tetapi tidak tampak nyata, tinggi tanaman sampai 2m. Batang bersegi empat agak beralur. Helai daun berbentuk bundar telur lonjong, lanset, lancip atau tumpul pada bagian ujungnya, ukuran daun panjang 1 - 10cm dan lebarnya 7.5mm - 1.5cm, urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 - 29cm.
Kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota berwarna ungu pucat atau putih, dengan ukuran panjang 13 - 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek yang berwarna ungu atau putih, panjang tabung 10 - 18mm, panjang bibir 4.5 -10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 - 2mm.
Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah O. aristatus, O.
thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus var. glabratus. Klon kumis kucing
yang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu.
Daun kumis kucing basah maupun kering digunakan sebagai bahan obatobatan.
Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.
TEH
Tanaman teh umumnya ditanam di perkebunan, di panen secara manual, dan dapat tumbuh di dataran tinggi. Ada dua kelompok varietas teh yang terkenal, yaitu van assamica yang berasal dari Assam dan van sinensis yang berasal dari China. Varietas assamica daunnya agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan varietas sinensis daunnya lebih kecil dan ujungnya agak tumpul. Pucuk dan daun muda yang digunakan untuk pembuatan minuman teh. Perbanyakan dengan biji, setek, sambungan atau cangkokan.
Sifat dan Khasiat : Daun berbau aromatik, sedikit pahit, astringen. Daun teh berguna untuk mengatasi sakit kepala, diare, penyubur dan menghitamkan rambut, kolesterol dan trigliserida darah tinggi, kencing manis (diabetes mellitus), mengurangi terbentuknya karang gigi (dental plaque), dan infeksi saluran cerna.
Cara Pemakaian : Seduh daun teh kering (4-7 g) dengan air panas, lalu minum sewaktu hangat atau setelah dingin. Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun segar, lalu giling halus. Turapkan pada luka berdarah, lalu balut.
Catatan : Jika minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), rasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak riapas, dan kadang sukar buang air besar.
APEL
Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis. Di Indonesia apel telah ditanam sejak tahun 1934 hingga saat ini.
Dari spesies Malus sylvestris Mill ini, terdapat bermacam-macam varietas yang memiliki ciri-ciri atau kekhasan tersendiri. Beberapa varietas apel unggulan antara lain: Rome Beauty, Manalagi, Anna, Princess Noble dan Wangli/Lali jiwo.
Apel mengandung banyak vitamin C dan B. Selain itu apel kerap menjadi pilihan
para pelaku diet sebagai makanan substitusi.
Pektin yang terkandung dalam Apel dapat melawan lemak dan menurunkan kolesterol. Serat nya membantu proses pencernaan. Daging buah apel membantu melarutkan kristal asam di dalam sendi. Baik untuk artritis, konstipasi, kolesterol tinggi, gangguan hati ringan, dan kegemukan.
ALPUKAT/AVOKAD
Tanaman alpukat merupakan tanaman buah berupa pohon dengan nama alpuket (Jawa Barat), alpokat (Jawa Timur/Jawa Tengah), boah pokat, jamboo pokat (Batak), advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (Lampung) dan lain-lain.
Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya di daerah dataran tinggi.
Bagian tanaman alpukat yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya sebagai
makanan buah segar. Selain itu pemanfaatan daging buah alpukat yang biasa
dilakukan masyarakat Eropa adalah digunakan sebagai bahan pangan yang diolah
dalam berbagai masakan. Bagian lain yang dapat dimanfaatkan adalah daunnya yang muda sebagai obat tradisional (obat batu ginjal, rematik).
Alpukat menawarkan asam lemak yang sehat, vitamin dan mineral seperti kalsium. Menurunkan kolesterol sementara meningkatkan karbohidrat. Baik untuk malnutrisi dan kulit kering
Ditulis dalam JAHE (zingiber officinale), MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma | Tidak ada komentar »
Obat Tradisional Indonesia Kini Ada di RSU dan Klinik
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
===
Pdpersi, Jakarta - Niat Indonesia memajukan obat-obatan tradisional, kini kian terbentang. Salah satu buktinya, obat anti reumatik yang merupakan obat tradisional Indonesia golongan fitofarmaka produksi PT Nyonya Meneer, kini sudah diterima dalam pelayanan formal melalui rumah sakit umum dan klinik kesehatan di seluruh Indonesia.
Naskah penandatanganan kerja sama antara PT Nyonya Meneer dengan rumah sakit dan klinik kesehatan itu, dilakukan di Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, Selasa (24/4).
Dalam acara penandatanganan itu, Dr Charles Saerang, Direktur Utama PT Nyonya Meneer mengungkapkan, meski masih perlu pengenalan dan penjajakan lebih intensif, ternyata sudah ada 12 rumah sakit yang memakai “rheumaneer” dan sekitar 30 rumah sakit sudah menyatakan kesiapannya. Menurutnya memang masih banyak dokter ataupun rumah sakit yang belum tahu tentang obat tradisional jenis fitofarmaka ini.
Charles juga mengatakan bahwa diterimanya obat anti rematik itu di rumah sakit umum dan klinik, telah melewati sebuah perjalanan panjang. Menurutnya, setelah dilakukan pengujian ketat, berupa uji efek anti inflamasi, uji toksisitas, dan uji klinis dari tahun 1992-1995 di Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, barulah rheumaneer dinyatakan lolos uji klinis.
?Setelah lolos uji klinis, baru pada tahun 2000 mulai dilempar di pasar dan pada tahun ini rheumaneer dapat diterima di rumah sakit umum serta klinik di seluruh Indonesia,? jelasnya bangga.
Sementara, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Dr Achmad Sujudi SpB MHA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Drs Richard Panjaitan, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Farmasi mengatakan, Indonesia sebagai megasenter keanekaragaman hayati terbesar kedua setelah Brazil, selayaknya terus menggali dan mengembangkan obat-obat tradisional yang dapat dimanfaatkan secara optimal di bidang kesehatan dan ekonomi.
?Keberadaan rheumaneer yang tergolong fitofarmaka, adalah suatu hal yang positif. Apalagi sudah ada kerja sama dengan rumah sakit umum dan klinik,? paparnya.
Ditambahkan Menkes, meski pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menkes No.760/Menkes/Per/IX/1992 tentang Fitofarmaka, dalam pasal 5 ayat 5 disebutkan bahwa keamanan dan kebenaran khasiat fitofarmaka harus telah dibuktikan dengan uji klinik. Namun selama 8 tahun setelah peraturan itu dikeluarkan, produk fitofarmaka yang terdaftar di Depkes baru 10 item saja.
Karena itu, lanjut Dr Sujudi, untuk memacu pengembangan fitofarmaka, maka Depkes dan Kessos telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Uji Obat Tradisional. Dalam penyusunan pedoman tersebut, Depkes dan Kessos dibantu para pakar dari perguruan tinggi, para peneliti dari Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisonal (Sentra P3T), dan Badan Litbangkes serta beberapa klinisi dan farmakolog.
Dalam penjelasan produk rheumeneer, Charles menuturkan, rheumeneer yang berbentuk kapsul berwarna kecoklatan, mengandung bahan-bahan antara lain Curcummae domesticae rhizoma (ekstrak kunyit 19%), Zingiberis rhizoma (ekstrak jahe 17), Curcumae rhizoma (ekstrak temulawak 24%), Panduratae rhizoma (ekstrak temukunci 15%), dan Retrofracti rhizoma (ekstrak buah cabe jawa 25%).
Ditambahkannya, rheumeneer juga memiliki keampuhan untuk mengobati nyeri sendi tulang, radang sendi, nyeri otot, pegal linu, cepat lelah, dan sukar tidur. Meski untuk reumatik, rheumeneer memiliki efek samping yang kecil sekali dan karena terbuat dari bahan alami maka obat ini sangat aman untuk lambung.
Rumah sakit dan klinik kesehatan yang sudah menggunakan produk tersebut adalah RSU Dr Saiful Anwar Malang, RSU Pelabuhan Cirebon, RSU Karo Sumatra Utara, RSU Banyuwangi, RSU Pantiwilasa Semarang, RSU Ngesti Waluyo Parakan-Tumenggung, RSU Klampok Banjarmasin, Klinik ESTI Jakarta, Klinik Mandiri Medan, Klinik Bali Denpasar, Klinik Taman Brantas Semarang, dan Klinik Lovina Bali.
Pada kesempatan itu juga, diserahkan laporan hasil riset (preklinik) Obat Diabetes oleh BPPT kepada PT Nyonya Meneer. Obat diabetes alami produksi PT Nyonya Meneer ini nantinya akan segera di uji klinis dengan harapan produk ini menjadi produk kedua setelah rheumaneer yang telah diterima masyarakat umum dan rumah sakit serta klinik.
LYH / Gaib M sigit
Cakrawala Lainnya :
Pengobatan Sistem Stemsell Tak Hanya dari Tali Pusar Bayi
Baru Tiga RS yang Serius Tangani Osteoporosis
Cegah Osteoporosis, Generasi Muda Diimbau Sering Jalan 10.000 Langkah
Kelangkaan Obat ARV Akan Terjadi di 200 RS
Bendung Pasien Berobat ke Luar Negeri, Jababeka Bangun Medical City
Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma | Tidak ada komentar »
JAHE (zingiber officinale)
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
SUMBER:
http://www.jamitra.com/Jahe.htm
===
Indonesia : Jahe pahit (Z.o. var. amarun) HaIia padi (rasanya amat tajam) Sunti (Z.o. var. rubrum) Halia barah atau H. udang (merah) Jae / Jhai Bahing / Pemedas / Sipadeh
Wilayah :
Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan (India) dan RRC, kini ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, contohnya di Indonesia. Tanaman jahe biasanya ditanam di daerah beriklim panas, terutama di tanah gembur, kering dan subur. Jahe yang amat baik dihasilkan di Jamaika. Sri Langka dan Cina. Tanaman jahe bisa dipanen apabila daunnya telah menguning.
Uraian Tumbuhan :
Zingiber officinale merupakan tumbuhan herba menahun yang tumbuh liar di ladang-ladang berkadar tanah lembab dan memperoleh banyak sinar matahari. Batangnya tegak, berakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Tumbuhan semak berbatang semu ini tingginya bisa mencapai 30 cm - 1 m. Rimpang jehe berkulit agak tebal membungkus daging umbi yang berserat dan berwarna coklat beraroma khas. Bentuk daun bulat panjang dan tidak lebar. Berdaun tunggal, berbentuk lanset dengan panjang antara 15 - 28 mm. Bunganya memiliki 2 kelamin dengan 1 benang sari dan 3 putik bunga. Bunga ini muncul pada ketiak daun dengan posisi duduk. Biasanya jahe di tanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi (daerah subtropis & tropis) di ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. Akarnya akar serabut.
Kandungan Kimia :
Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, damar, mineral sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol ( misalnya di bagian-bagian merah), zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C dan protein. Minyak jahe berwarna kuning dan kental. Minyak ini kebanyakan mengandung terpen, fellandren, dextrokamfen, bahan sesquiterpen yang dinamakan zingiberen, zingeron damar, pati.
Tanaman jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman yang tumbuh tegak dan merumpun dengan tinggi mencapai 0,4 - m. Jahe tumbuh pada ketinggihan 0-1.750 m dari permukaan alut dengan curah hujan 2000 mm pertahun, pada tanah yang gembur, subur dan cukup banyak mendapat sinar matahari.
Budidaya
Jahe dapat diperbanyak dengan memisahkan anakan atau dengan menanam rimpangnya. Rimpang yang akan ditanam sebaiknya rimpang yang sudah cukup tua dan memiliki 2-3 calon mata tunas. Penanaman jahe pada umumnya dilakukan dengan jarak tanam 25-30 cm x 40-60 cm tergantung jenis jahe yang akan ditanam. Pengolahan tanah dilakukan untuk menggemburkan tanah sedalam 10-25 cm. Pemupukan tanaman dilakukan dengan menaburkan pupuk kedalama masing-masing lubang tanaman :
Pada saat pengolahan tanah (sebelum penanaman) dengan :
pupuk kandang sejumlah 7.5-10 ton/ha
urea sejumlah 75-100 kg/ha
KCL sejumlah 75 kg/ha
Pada saat tanaman berumur 45-60 hari dengan jenis pupuk dan doss yang sama baik. Penyiangan pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 2-4 minggu dan penyiangan selanjutnya dilakukan 3-6 minggu sekali tergantung pada kondisi gulma yang tumbuh.
Hama dan Penyakit Tanaman
Layu bakteri Gejala serangan ditandai dengan layunya daun tanaman mulai dari bawah keatas yang akan diikuti dengan membusuknya tunas. Rimpang jahe yang terinfeksi akan mengeluarkan lendir putih jika dibelah. Pencegahan dilakukan dengan menanam bibit yang sudah cukup umur (9-10 bulan) dan direndam dalam bekterisida selama 10 jam. Lahan dari tanaman yang terserang penyakit ini sebaiknya tidak ditanami selama 2-4 tahun.
Lalat (mimegralla coeruleifrons macquart) Serangan lalat mengakibatkan tanaman layu dan kering sedang rimpangnya akan membusuk. Pemberantasan dilakukan dengan pemakaian nogos 50 EC
Rimpang jahe dan produksi
Panen jahe dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 5-10 bulan. Untuk bumbu masak atau makanan, dibutuhkan jahe umur 5 bulan, sedang untuk industri jamu, dibutuhkan jahe berumur 9-10 bulan. Panen sebaiknya dilakukan pada musim kemarau pada saat seluruh daun mengering. Pada kondisi tanah yang subur dan pemeliharaan yang benar, dari 1 ton bibit jahe dapat dihasilkan jahe seberat 15-20 ton jahe gajah segar dan 10-15 ton jahe emprit atau jahe putih. Pada kondisi tanaman yang kurang terawat, rata-rata dihasilkan 5-7 ton jahe dari 1 ton bibit jahe.
Kandungan & Manfaat :
Menurut Farmakope Belanda, Zingiber Rhizoma (Rhizoma Zingiberis- akar jahe) yang berupa umbi Zingerber officinale mengandung 6% bahan obat-obatan yang sering dipakai sebagai rumusan obat-obatan atau sebagai obat resmi di 23 negara. Menurut daftar prioritas WHO, jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia. Di negara Malaysia, Filipina dan Indonesia telah banyak ditemukan manfaat therapeutis. Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan Iainnya.
Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan. Jahe berguna sebagai obat gosok untuk penyakit encok dan sakit kepala. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar untuk sebagai obat mulas. Rasa dan aromanya pedas dapat menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat.
Minyak atsirinya bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, anti inflamasi dan anti bakteri. Air perasan umbinya (akar tongkat) digunakan untuk penyakit katarak. Pada umumnya jahe dipakai sebagai pencampur beberapa jenis obat yaitu sebagai obat batuk, rnengobati Iuka luar dan dalam,melawan gatal (umbinya ditumbuk haIus) dan untuk mengobati gigitan ular
BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Rimpang.
Kegunaan
1. Obat Kuat
2. Asi.
3. Batuk.
4. Membangkitkan nafsu makan.
5. Mulas.
6. Perut kembung.
7. Serbat.
8. Gatal (obat luar).
9. Luka (obat luar).
10. Sakit kepala (obat luar).
11. Selesma (obat luar
RAMUAN DAN TAKARAN
Impotensi
1 ons jahe (+/- 1 ons Jahe Sulthon) 1 butir telur ayam kampung 1 butir jeruk nipis besar 1 sendok makan kecap manis 1 sendok makan madu murni 7 butir merica 3 kuncup laos Cara membuat: Rimpang jahe diparut diambil airnya atau Jahe Sulthon diseduh dengan air panas dengan air secukupnya, telur dikocok sampai halus. Jeruk nipis diperas diambil airnya, merica ditumbuk halus. Semua bahan dicampur dan diaduk rata. Ramuan yang sudah jadi ini diminum setengah jam sebelum beraksi.
Mulas
Ramuan:
Jahe Merah (parut) 3 rimpang
Cara pembuatan: Diperas.
Cara pemakaian: Diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.
Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari.
Serbat
Ramuan:
Jahe 1 rimpang
Bunga Cengkih 2 biji
Buah Kemukus 4 biji
Buah Cabai Jawa 3 biji
Sereh 1 ruas jari tangan
Biji Pala 1 / 5 butir
Daun Jeruk Purut 1/2 lembar
Kulit Kayu Manis sedikit
Gula Aren secukupnya
Air 200 ml
Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan : Diulang selama 4 hari.
ASI
Ikan dan udang baik sekali untuk melancarkan ASI. Kadang-kadang bayi rentan terhadap ASI yang berbau ikan atau udang. Untuk mencegah hal tersebut ibu menyusui harus makan lalap Jahe atau Kemangi.
Sakit kepala dan Selesma (Influenza)
Penderita influenza biasanya merasa nyeri di punggung dan di pinggang (greges-greges). Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut penderita dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Jahe Merah beberapa rimpang
Air secukupnya
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Tambahkan minyak kelonyo secukupnya dan gosokkan pada bagian badan yang terasa nyeri. Untuk sakit kepala ditempelkan pada pelipis dan belakang telinga penderita.
Selesma
Ramuan:
Jahe Merah 1 rimpang
Herba Poko segar 1 genggam
Buah kemukus 6 butir
Biji Jintan Hitam 2 butir
Air sedikit
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Pindahkan ramuan ke kain bersih dan ikat dengan tali, kemudian masukkan ke dalam cuka hangat dan oleskan ke seluruh badan, agar mempercepat keluarnya keri
Ditulis dalam JAHE (zingiber officinale), MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | Tidak ada komentar »
Bebsa pegel linu dengan Zingiberis Rhizoma / Habbat`s Sehat
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT PEGAL LINU DAN SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
sumber:
http://www.ot.co.id/research_life_BebasPegalLinu.html
===
Pegal linu bisa terjadi pada semua usia, meskipun sebagian besar pada orang tua [40 tahun ke atas]. Hal itu karena pada usia tua organ-organ tubuh sudah mengalami regresi/kemunduran. Pegal linu pada usia muda umumnya karena faktor kebiasaan, misalnya kurang suka berolah raga, kurang atau salah dalam pemanasan ataupun relaksasi dalam berolah raga. Bisa pula karena perubahan posisi dalam duduk, mengangkat barang, dan lain sebagainya.
Sirkulasi darah yang kurang lancar sering juga menyebabkan badan capek, pegal linu, malas, dan tidak bersemangat saat bangun pagi. Bagi para pekerja bisa terkena penyakit pekerja (sick building syndrome /sindrom gedung sakit). Menurut Dr. Hendrawati Utomo, Sp.Ok.MS, setiap jenis pekerjaan memiliki risiko kesehatan. Gedung perkantoran yang ber-AC sentral menyimpan risiko sick building syndrome. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sick building syndrome:
1. Faktor Kimia
Dipengaruhi oleh polusi dalam ruangan –sistem ventilasi dan sanitasi– seperti pembuangan CO2, Co, ozon, asap rokok, ammonia dan sebagainya.
2. Faktor Fisik
Gerakan yang salah/sikap tubuh saat melakukan pekerjaan dan terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama, tempat kerja serta peralatan kantor yang tidak tepat (penerangan, warna, ukuran tempat duduk/meja), penggunaan AC sentral dan terlalu dinginnya udara dari AC, penggunaan komputer dalam waktu lama.
3. Faktor Psikososial
Berkaitan dengan kondisi kejiwaan (stres, hubungan antara rekan kerja dan kesiapan bekerja), beban atau porsi pekerjaan.
Pegal Linu = Reumatik?
Perlu dibedakan antara nyeri pegal linu dan reumatik. Nyeri pegal linu belum tentu disebabkan asam urat, sedangkan bila reumatik dapat juga disebabkan peninggian asam urat. Reumatik karena tingginya asam urat disebut radang sendi gout/pirai. Masyarakat sering menyebutnya sebagai nyeri, encok, boyok, dan sebagainya.
Gejala khas dari gout adalah nyeri dan bengkak pada sendi yang terjadi tiba-tiba terutama pada malam hari menjelang pagi. Keluhan ini ditandai dengan rasa nyeri hebat, pembengkakan, kemerahan, panas pada sendi yang terkena. Biasanya 90% yang sering terkena adalah ibu jari kaki.
Minuman Sehat Alami Atasi Pegal Linu
Pegal Linu merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari rempah-rempah alami Indonesia, dengan rasa yang enak dan dikemas dalam bentuk yang praktis (ready to drink) serta diproses secara higienis sehingga aman untuk dikonsumsi. Pegal Linu telah mendapat predikat sebagai Obat Herbal Terstandar dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), sejak 2005.
Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah distandardisasi.
Manfaat Pegal Linu:
a. Mengatasi pegal linu dan keletihan
b. Meringankan sakit pada persendian
c. Menghangatkan tubuh
Anjuran minum:
1-2 botol per hari, di saat dan setelah beraktivitas.
Bahan alam utama dalam Pegal Linu:
Zingiberis Rhizoma (Jahe Gajah)
Dengan kandungan aktif minyak atsiri (Gingerol) dan oleoresin yang mempunyai efek sebagai antiinflamasi (anti-radang) dan analgesik (penghilang rasa sakit) sehingga dapat meringankan sakit nyeri pada persendian dan mengatasi rasa pegal-pegal. Selain itu, jahe memiliki rasa pedas yang menghangatkan badan, sehingga dapat melebarkan pembuluh- pembuluh darah yang membuat aliran darah ke otot dan sendi menjadi lancar.
Curcumae domesticae Rhizoma (Kunyit)
Curcuminoid sebagai zat aktif di dalam kunyit memiliki efek analgesik (penghilang rasa sakit) dan antiinflamasi (antiradang) sehingga dapat membantu mengatasi pegal linu. Selain itu, kunyit juga bersifat sebagai antioksidan alami yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas (dari polusi, sinar UV, makananminuman fast food, stres, dan sebagainya).
Kaempferiae Rhizoma (Kencur)
Kandungan minyak atsiri dalam kencur juga berkhasiat sebagai analgesik (penghilang rasa sakit) dan menghangatkan badan.
Myristicae Flos (Bunga Pala)
Mengandung minyak terbang (myristin, pinen, kamfen) yang bersifat stimulan dan sedatif, sehingga dapat mengurangi keletihan, lesu dan menyegarkan badan.
Caryophylli Flos (Bunga Cengkeh)
Mengandung minyak atsiri (eugenol) yang bersifat analgesik (penghilang rasa sakit) dan topikal anastetik untuk mengatasi rasa pegal linu dan nyeri otot.
Paullinia cupana (Guarana)
Kandungan aktifnya memiliki sifat seperti kafein yang bekerja sebagai stimulan dan tonik bagi tubuh. Membuat tubuh lebih bersemangat dan segar dalam beraktivitas.
Uji Khasiat Pegal Linu
Pada tahun 2004, Pegal Linu telah diuji khasiatnya di unit layanan pengujian fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya. Hasil uji menunjukkan bahwa Pegal Linu mempunyai efek analgesik (menghilangkan rasa sakit)
1. Pemakaian 2 botol sehari lebih besar efeknya dibandingkan dengan pemakaian 1 botol sehari:
- 1 botol sehari: efek analgesik 54% lebih baik dibanding placebo (air).
- 2 botol sehari: efek analgesik 65% lebih baik dibanding placebo (air).
2. Aman untuk dikonsumsi (tidak menimbulkan efek samping terhadap hati, ginjal, dan sel darah).
Pustaka:
1. Alam Sumber Kesehatan, B.R.A Moeryadi Soedibyo, Balai Pustaka, 1998, hal 157, 216
2. Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit, 2003, Redaksi AgroMedia, hal 144
3. Ginger (Zingiber officinale) and rheumatic disorders, Med.Hypotheses, 29(1): 25 - 28, 1989, http://www.haldin-natural.com
4. Resep Jamu Tradisional Jawa, Intisari, 2002, PT. Gramedia, hal 6
5. http://www.pharmakobotanik.de
6. http://www.kup.at
7. http://www.geocities.com/situsgratis3in1/jawaban-medis.html

Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | Tidak ada komentar »
MANFAAT Zingiberis Rhizoma / JAHE GAJAH
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 4, 2008
INSYA ALLAH DG HABBAT`S SEHAT SEGALA MACAM PENYAKIT BISA DIOBATI. AMIN. HABBATS SEHAT MENGANDUNG HABBATUSSAUDA(JINTEN HITAM) , OLIVE OIL (MINYAK ZAITUN), HONEY (MEL/MADU, ZINGIBERIS RHIZOMA (JAHE GAJAH).
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
KONSULTASI DAN PEMESANAN HUB BIN MUHSIN DI HP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
SUMBER:
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=293
===
Jahe
(Zingiber officinale Rosc.)
Sinonim :

Familia :
Zingiberaceae
Uraian :
Tanaman herba semusim, tegak, tinggi 40-50 cm. Batang semu, beralur, membentuk rimpang, warna hijau. Daun tunggal, bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, warna hijau tua. Bunga majemuk, bentuk bulir, sempit, ujung runcing, panjang 3,5-5 cm, lebar 1,5-2 cm, mahkota bunga bentuk corong, panjang 2-2,5 cm, warna ungu. Buah kotak, bulat panjang, warna cokelat.
Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA Zingiberis Rhizoma; Rimpang Jahe.
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sifat Khas Tajam dan sumelada. Khasiat Karminatif, stomakik, stimulans, dan diaforetik. PENELITIAN Latifah,1987. Jurusan Farmasi, FMIPA UNPAD. Telah melakukan penelitian pengaruh analgesik perasan rimpang Jahe Merah pada mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata perasan rimpang Jahe memberikan efek yang nyata terhadap perpanjangan waktu reaksi. Semakin besar dosis yang diberikan, semakin besar efek perpanjangan waktu reaksi (efek pengurangan sensitifikasi rasa sakit). Pemberian perasan rimpang Jahe Merah antara 199,8 mg/kg dan 218,0 mg/kg bb mempunyai daya analgesik yang setara dengan daya analgesik asam salisilat 10 mg /kg bb. Ema Viaza,1991. Jurusan Farmasi, FMIPA UI. Telah melakukan penelitian efek antijamur Jahe terhadap jamur Tricophyton mentagrophytes, Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata jamur Tricophyton mentagrophytes, Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis memberikan kadar hambat minimum sebagai berikut: 6,25; 12,5 mg/ml. Berdasarkan zona hambatan yang diperoleh, efek antijamur tertinggi diberikan terhadap jamur Tricophyton mentagrophytes, kemudian disusul Trichophyton rubrum, dan Microsparum canis. Catatan Jahe dapat dibedakan atas dua jenis. 1. Jahe Pahit. 2. Jahe Merah (sunti).
BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Rimpang.
Kegunaan
1. Asi.
2. Batuk.
3. Membangkitkan nafsu makan.
4. Mulas.
5. Perut kembung.
6. Serbat.
7. Gatal (obat luar).
8. Luka (obat luar).
9. Sakit kepala (obat luar).
10. Selesma (obat luar).
RAMUAN DAN TAKARAN
Mulas
Ramuan:
Jahe Merah (parut) 3 rimpang
Cara pembuatan: Diperas.
Cara pemakaian: Diminum 3 kali sehari 1 sendok teh.
Lama pengobatan: Diulang selama 3 hari.
Serbat
Ramuan:
Jahe 1 rimpang
Bunga Cengkih 2 biji
Buah Kemukus 4 biji
Buah Cabai Jawa 3 biji
Sereh 1 ruas jari tangan
Biji Pala 1 / 5 butir
Daun Jeruk Purut 1/2 lembar
Kulit Kayu Manis sedikit
Gula Aren secukupnya
Air 200 ml
Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan : Diulang selama 4 hari.
ASI
Ikan dan udang baik sekali untuk melancarkan ASI. Kadang-kadang bayi rentan terhadap ASI yang berbau ikan atau udang. Untuk mencegah hal tersebut ibu menyusui harus makan lalap Jahe atau Kemangi.
Sakit kepala dan Selesma (Influenza)
Penderita influenza biasanya merasa nyeri di punggung dan di pinggang (greges-greges). Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut penderita dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Jahe Merah beberapa rimpang
Air secukupnya
Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Tambahkan minyak kelonyo secukupnya dan gosokkan pada bagian badan yang terasa nyeri. Untuk sakit kepala ditempelkan pada pelipis dan belakang telinga penderita.
Selesma
Ramuan:
Jahe Merah 1 rimpang
Herba Poko segar 1 genggam
Buah kemukus 6 butir
Biji Jintan Hitam 2 butir
Air sedikit

Cara pembuatan:
Dipipis hingga berbentuk pasta.
Cara pemakaian:
Pindahkan ramuan ke kain bersih dan ikat dengan tali, kemudian masukkan ke dalam cuka hangat dan oleskan ke seluruh badan, agar mempercepat keluarnya keringat.
Komposisi :
Minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.
Ditulis dalam MANFAAT Zingiberis Rhizoma, Zingiberis Rhizoma, jahe gajah | yang berkaitan: jahe gajah, MANFAAT Zingiberis Rhizoma, MANFAAT Zingiberis Rhizoma / JAHE GAJAH | Tidak ada komentar »
Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 3, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA DAN NIGELLA PLUS INSYA ALLAH SETIAP PEREMPUAN BISA MENDAPATKAN MULTIORGASME DAN SEGELA MASALH SEKS DAN REPRODUKSI BISA DICEGAH DAN DIOBATI. AMIN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
sumber:
http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/02/24/159853/24/wanita-alami-multiorgasme-usai-menopause
===
KONON banyak wanita malah menikmati aktivitas seks yang menyenangkan setelah mereka melewati masa menopause. Wanita justru lebih besar kemungkinannya mendapatkan orgasme ataupun multiorgasme sebelum masa menopause. Betulkah?
“Masalah itu enggak sepenuhnya benar. Tidak semua wanita bisa mendapatkan orgasme ataupun multiorgasme setelah masa menopause,” tutur Dr Handrawan Nadesul yang dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Minggu (2/11/2008).
Menurut Handrawan, tidak sedikit dari wanita bisa mengalami orgasme atau multiorgasme karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, seperti menjelang usia 50 tahun, banyak wanita memiliki pengalaman dan skill yang memadai dalam ‘permainan’ ranjang. Faktor lainnya, sebagian besar wanita telah kenal dengan sangat baik pola ‘permainan’ pasangannya dalam aktivitas ranjang.
Sungguh pun demikian, Handrawan mengakui memang tidak menutup kemungkinan ada kendala yang bisa dihadapi oleh para wanita dan pasangannya pada saat menjelang atau setelah menopause. Kendala ini antara lain, pada saat-saat mendekati masa menopause, tingkat estrogen (hormon seks penting wanita) mulai mengalami penurunan. Penurunan kadar estrogen ini dapat membawa sejumlah dampak, seperti memunculkan kekeringan vagina dan menipisnya dinding vagina. Hal ini mengurangi gairah serta dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan iritas. Selain itu munculnya masalah psikologis seperti depresi dan insomnia, yang menyulitkan pasangan dalam menikmati seks.
“Kecuali pasangan yang terlebih dahulu mengonsumsi obat hormon atau memakai krim khusus kemungkinan besar bisa menggapai puncak kenikmatan seks,” tukas pria yang mempunyai kesibukan sebagai penulis dan konsultan kesehatan di beberapa media cetak dan radio ini.
(tty)
Berita Terkait: Seksualitas
* Kepuasan Hubungan Intim Bergantung Kepintaran Pria
* Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
* Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
* Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
* 3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
* 3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
* Nikmati Indahnya Malam Halloween
* Trik Jitu Raih Orgasme Berkelanjutan
* Lokasi ‘Liar’ Penyulut Gairah Seksual
* Busana Seksi Ciptakan Permainan Lebih Hot

Ditulis dalam MULTI ORGASME, SEKS WANITA, Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause? | Tidak ada komentar »
Kepuasan Hubungan Intim Bergantung Kepintaran Pria
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 3, 2008
INSYA ALLAH DENGAN HABBAT`S X PLUS PRIA BERKUASA DI TEMPAT TIDUR DAN SEGALA KELUHAN SEKSUAL BISA DIATASI. AMIN.
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69) PEMESANAN DAN KONSULTASI HUBUNGI BIN MUHSIN DI HAP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/02/24/159879/kepuasan-hubungan-intim-bergantung-kepintaran-pria
===
BANYAK yang berkeyakinan bahwa kepuasan hubungan intim yang dirasakan pasangan sangat bergantung dari kepiawaian pihak pria dalam menjalankan misinya di atas ranjang. Betulkah?
“Peran pria dalam urusan di atas ranjang memang bersifat lebih aktif, sedangkan wanita lebih bersifat pasif. Pria karenanya dituntut untuk benar-benar mampu mengendalikan ‘permainan’ di atas ranjang,” tutur Dr Handrawan Nadesul yang dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Minggu (2/11/2008).
Menurut Handrawan, untuk bisa mengendalikan ‘permainan’ dengan baik, tentu saja dibutuhkan kepintaran, bukan hanya yang menyangkut masalah teknis tetapi juga masalah-masalah nonteknis.
“Komunikasi seks dengan pasangan pun haruslah berjalan dengan baik. Pria harus menanyakan kepada pasangannya mau diperlakukan seperti apa. Begitu pun dengan wanita harus jujur mengatakan titik-titik penting dari tubuhnya yang bisa menimbulkan rangsangan seksual. Alhasil, tak sulit lagi bagi masing-masing pasangan meraih hubungan intim yang berlangsung seru dan mengasyikkan,” beber Handrawan panjang.
Kenyataannya, karena faktor kekurangpintaran pihak pria, tidak jarang membuat sejumlah blunder saat ‘bermain’ dengan pasangannya dan membuat ‘permainan’ menjadi tidak seru dan tidak nikmat sehingga kurang memuaskan pasangannya.
Handrawan menyebut, paling tidak ada beberapa kesalahan mendasar yang sering kali dilakukan kaum pria saat berhubungan intim dengan pasangannya. Kesalahan itu seperti, tidak melakukan ‘permainan’ pendahuluan atau foreplay, tidak mengatur suasana, terlalu tergesa-gesa, dan tidak memedulikan pasangannya.
“Hubungan intim yang seru dan memuaskan itu membutuhkan dukungan suasana. Merayu dan mencumbu pasangan akan lebih mudah dilakukan jika tersedia suasana yang nyaman. Begitu pun dengan aktivitas foreplay. Foreplay merupakan bagian penting dari hubungan intim. Namun, sebagian pria mengabaikan masalah ini. Mereka lebih memilih tembak langsung. Padahal, ibarat menu makanan, foreplay merupakan hidangan pembuka selera sebelum masuk ke acara menyantap hidangan utama,” pungkas pria yang mempunyai kesibukan sebagai penulis dan konsultan kesehatan di beberapa media cetak dan radio ini.
===
Berita Terkait: Seksualitas
* Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
* Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
* Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
* Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
* 3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
* 3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
* Nikmati Indahnya Malam Halloween
* Trik Jitu Raih Orgasme Berkelanjutan
* Lokasi ‘Liar’ Penyulut Gairah Seksual
* Busana Seksi Ciptakan Permainan Lebih Hot
Berita Terkait: Seksualitas
*
Minggu, 02/11/2008 15:11
Wanita Alami Multiorgasme Usai Menopause?
*
Minggu, 02/11/2008 11:11
Seks Tidak Mungkin Lagi Setelah Menopause?
*
Sabtu, 01/11/2008 12:11
Trik Hebat Atasi Ejakulasi Dini
*
Jum’at, 31/10/2008 10:10
Kegemukan Timbulkan Disfungsi Seksual?
*
Kamis, 30/10/2008 11:10
3 Rumus Pintar Bercinta di Ranjang
*
Rabu, 29/10/2008 17:10
3 Lokasi Bercinta Paling Kreatif
*
Rabu, 29/10/2008 08:10
Nikmati Indahnya Malam Halloween
Ditulis dalam KEPUASAN SEKS, PRIALAH RAJANYA | Tidak ada komentar »
PEMERIKSAAN SPERMA
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN HABBAT`S X PLUS SPERMA AMDA JADI BERKUALITAS, SEHAT DAN JOSS.. DAN SEGALA KELUHAN SEKSUAL BISA DIATASI. AMIN.
HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69) PEMESANAN DAN KONSULTASI HUBUNGI BIN MUHSIN DI HAP: 085227044550 / 021-91913103 email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
===
Pemeriksaan sperma (lebih tepatnya analisis semen) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur jumlah serta kualitas semen dan sperma seorang pria. Pengertian semen berbeda dengan sperma. Secara keseluruhan, cairan putih dan kental yang keluar dari alat kelamin pria saat ejakulasi disebut semen. Sedangkan ‘makhluk’ kecil yang berenang-renang di dalam semen di sebut sperma.
Analisis semen merupakan salah satu pemeriksaan lini pertama untuk menentukan kesuburan pria. Pemeriksaan ini dapat membantu menentukan apakah ada masalah pada sistim produksi sperma atau pada kualitas sperma, yang menjadi biang ketidaksuburan. Perlu diketahui, hampir setengah pasangan yang tidak berhasil memperoleh keturunan, disebabkan karena ketidaksuburan pasangan prianya.
Ada dua tahap penting pada pemeriksaan sperma, yaitu tahap pengambilan sampel dan tahap pemeriksaan sperma.
Pada tahap pengambilan sampel, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
1. Pria yang akan diambil semennya dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Tidak dalam keadaan letih atau lapar.
2. Tiga atau empat hari sebelum semen diambil, pria tersebut tidak boleh melakukan aktifitas seksual yang mengakibatkan keluarnya semen. WHO bahkan merekomendasikan 2 – 7 hari harus puasa ejakulasi, tentunya tidak sebatas hubungan suami istri, tapi dengan cara apapun.
3. Semen (sperma) dikeluarkan melalui masturbasi di laboratorium (biasanya disediakan tempat khusus). Sperma kemudian ditampung pada tabung terbuat dari gelas. Jika mengalami kesulitan untuk mengeluarkan sperma dengan cara ini, diskusikan dengan dokter anda.
4. Masturbasi tidak boleh menggunakan bahan pelicin seperti sabun, minyak, dll.
Sedangkan pada tahap kedua, dilakukan pemeriksaan sampel semen di laboratorium. Beberapa hal yang diperiksa antara lain :
Hitung Sperma (Sperma Count)
Semen normal biasanya mengandung 20 juta sperma per mililiternya dan 8 juta diantaranya bergerak aktif. Sperma yang bergerak aktif ini sangat penting artinya, karena menunjukkan kemampuan sperma untuk bergerak dari tempat dia disemprotkan menuju tempat pembuahan (tuba fallopi, bagian dari kandungan wanita).
Hasil pemeriksaan biasanya disajikan dalam istilah sebagai berikut :
* Polyzoospermia : Konsentrasi sperma sangat tinggi
* Oligozoospermia : Jumlah sperma kurang dari 20 juta/ml
* Hypospermia : Volume semen < 1,5 ml
* Hyperspermia : Volume semen > 5,5 ml
* Aspermia : Tidak ada semen
* Pyospermia : Ada sel darah putih pada semen
* Hematospermia : Ada sel darah merah pada semen
* Asthenozoospermia : Sperma yang mampu bergerak < 40%.
* Teratozoospermia : > 40% sperma mempunyai bentuk yang tidak normal
* Necozoospermia : sperma yang tidak hidup
* Oligoasthenozoospermia : Sperma yang mampu bergerak < 8 juta/ml
Bentuk Sperma (Sperm Morphology)
Pemeriksaan ukuran, bentuk, dan gambaran sperma biasanya melalui pemeriksaan sampel yang telah diwarnai di bawah mikroskop. Hasil pemeriksaan dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu : bentuk normal, kepala tidak normal, ekor tidak normal, dan sel sperma belum matang (immature germ cells, IGC).
Gerakan Sperma (Sperm Motility)
Dikatakan normal jika 40% atau lebih sperma dapat bergerak normal. Tetapi, beberapa pusat laboratorium mengatakan bahwa nilai normal adalah 60% atau lebih.
Bacaan :
1. Persiapan Pemeriksaan Sperma.
2. Sperm Tests.
3. About.Com: Semen Analysis.
4. LabTestOnline.Org: Semen Analysis.
Ditulis dalam PEMERIKSAAN SPERMA | Tidak ada komentar »
Hamil Mola atau Hamil Anggur
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA + NIGELLA PLUS PENYAKIT HAMIL MOLA / ANGGUR BISA DICEGAH DAN DIOBATI. DAN KESULITAN PUNYA KETURUNAN JUGA BISA DIATASI. AMIN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
sumber:
http://www.wartamedika.com/2008/11/hamil-mola-atau-hamil-anggur.html
===
Istilah ‘hamil’ lazim kita hubungkan dengan adanya janin di dalam rahim, baik tunggal maupun kembar. Kembar dua, tiga, dan seterusnya. Lain halnya pada hamil mola atau hamil anggur, seringkali tidak ditemukan janin di dalam rahim, walaupun ’sepertinya’ tanda-tanda hamil ada, yaitu perut membesar, mengidam, dll.
Pada hamil mola, kandungan terisi oleh jaringan berbentuk gelembung berisi cairan. Gelembung-gelembung ini jumlahnya banyak, sehingga menyerupai kumpulan buah anggur. Penyebabnya adalah gangguan pertumbuhan plasenta (ari-ari) karena pembuahan sel telur yang kosong oleh sperma.
Tanda-tanda hamil mola mempunyai kemiripan dengan hamil biasa. Beberapa diantaranya adalah perut membesar, terlambat haid, mual muntah, dan jika dilakukan pemeriksaan urin dengan strip uji kehamilan hasilnya positif. Oleh karena itu, mungkin saja pada awal perjalanan penyakit ini, timbul salah duga, yaitu mengira si ibu hamil normal.
Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, timbul tanda-tanda yang tidak lazim ditemukan pada hamil biasa. Tanda tersebut adalah :
5. Keluar jaringan berbentuk seperti buah anggur dari jalan lahir. Ini adalah gejala yang paling khas dari kehamilan mola.
6. Perdarahan jalan lahir, baik ringan maupun berat.
7. Ukuran perut ibu tidak sesuai dengan usia kehamilan. Misalnya, usia kehamilan baru jalan 4 bulan, tetapi besarnya perut menyerupai usia kehamilan 7 bulan.
8. Mual dan muntah hebat.
Selain itu, pemeriksaan USG kandungan tidak menunjukkan tanda-tanda kehadiran janin. Sebaliknya, pemeriksaan USG hanya memberikan gambaran seperti badai salju (snow storm) atau sarang lebah (honey comb).
Untuk penanganan hamil mola, dapat dilakukan dengan beberapa cara:
6. Sebagian hamil mola akan sembuh sendiri setelah pengeluaran spontan jaringan mola (mirip buah anggur).
7. Mola yang bandel dikeluarkan dengan cara dikuret.
8. Sekitar 90% wanita yang molanya sudah dikuret tidak membutuhkan pengobatan lanjutan.
9. Pemeriksaan kadar hCG setiap bulan selama enam bulan pertama pasca kuret. Pemeriksaan berkala ini penting untuk memastikan bahwa jaringan mola sudah habis diangkat. Mola yang tersisa bisa saja berkembang menjadi kanker dan membahayakan penderita.
10. Menunda kehamilan, setidaknya satu tahun setelah hamil mola terjadi. Pada kasus ini, semua bentuk KB pada dasarnya dapat diberikan untuk menunda kehamilan, kecuali KB IUD.
Bacaan:
5. About.Com: Molar Pregnancy.
6. WebMD: Molar Pregnancy - Topic Overview.
7. AmericanPregnancy.Org: Molar Pregnancy.
8. IndoGlobar.Com: Hamil Anggur.
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
Ditulis dalam HAMIL ANGGUR, HAMIL MOLA, HAMIL TAK NORMAL, HERBAL UNTUK MASALAH HAMIL, KIRET, SUSAH HAMIL | Tidak ada komentar »
KEPUTIHAN NORMALKAH
Ditulis oleh Bin Muhsin di/pada Nopember 2, 2008
INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA + NIGELLA PLUS PENYAKIT KEPUTIHAN DAN SEMUA KELUHAN SZKIT RAHIM DAN PEREMPUAN BISA DIOBATI DAN DISEMBUHKAN. AMIN
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)
===
sumber:
http://www.wartamedika.com/2008/11/keputihan-normalkah.html
===
Keputihan merupakan gejala yang dialami oleh hampir semua wanita. Hal ini terjadi sebagai konsekuensi struktur anatomi jalan lahir. Setidaknya ada dua komponen penting di jalan lahir yang berperan terhadap keputihan yaitu serviks (leher rahim) dan vagina. Keduanya mengandung kelenjar yang dapat memproduksi mukus (cairan) yang keluar sebagai keputihan.
Produksi cairan dari kelenjar serviks dan vagina dapat bervariasi dari waktu ke waktu, biasanya mengikuti siklus ovulasi (keluarnya sel telur). Saat akan ovulasi, cairan yang diproduksi cenderung lebih banyak dan lebih lengket. Sebaliknya, setelah ovulasi cairan lebih sedikit dan kurang lengket. Demikian pula saat menyusui atau mengalami stimulasi seksual, mukus atau cairan yang diproduksi akan meningkat.
Keputihan seperti ini dianggap normal. Ciri-cirinya adalah keputihan yang keluar tidak berwarna (bening), tidak berbau, dan tidak disertai gejala-gejala lain seperti gatal, nyeri, dll.
Keputihan dapat mengalami gangguan. Penyebabnya beragam dan seringkali dapat diketahui melalui gejala keputihan yang muncul. Berikut beberapa jenis keputihan yang tidak normal.
Keputihan Karena Jamur
Jamur dalam jumlah kecil normal ada dalam vagina. Tetapi jika jumlahnya meningkat, akan menimbulkan gejala keputihan. Salah satu jenis jamur yang sering menjadi biang keputihan adalah Candida albicans.
Keputihan karena jamur ditandai dengan keluarnya cairan berbentuk keju lunak berwarna putih (white, cottage cheese like discharge), rasa gatal yang hebat, dan seringkali menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual.
Untuk mengatasinya, dokter biasanya memberi obat anti jamur. Obat ini ada yang berupa obat minum, ada juga yang harus dimasukkan ke dalam vagina.
Vaginosis Bakterial
Penyebabnya adalah bakteri Gardnerella vaginalis. Ciri-ciri keputihan akibat bakteri ini adalah cairan berwarna agak putih, keabuan, atau kekuningan, disertai bau yang menyengat, terutama setelah melakukan hubungan seksual. Juga dapat timbul gatal dan rasa terbakar di daerah vagina. Pengobatannya dengan antibiotik, biasanya dalam bentuk obat minum.
Trikhomoniasis
Keputihan jenis ini disebabkan oleh kuman Trichomonas vaginalis. Keputihannya ditandai dengan keluarnya cairan agak encer, berbusa, berwarna kekuningan atau kehijauan. Selain itu, timbul bau tidak sedap serta nyeri atau gatal saat buang air kecil. Gejala-gejala ini biasanya meningkat setelah menstruasi. Pengobatan trikhomoniasis dengan pemberian antibiotik yang diminum.
Gonorrhea dan Klamidia
Kedua penyakit kelamin ini kadang-kadang dapat menimbulkan keputihan. Tetapi, gejalanya tidak terlalu khas. Seringkali hanya ditandai oleh peningkatan jumlah cairan yang keluar. Pengobatannya adalah dengan antibiotika, baik berupa antibiotika yang diminum maupun antibiotika yang disuntikkan.
Bacaan :
5. ClavelandClincic.Org: Vaginal Discharge Overview.
6. MedlinePlus : Vaginal discharge.
7. Palo Alto Medical Foundation : Vaginal Discharge.
8. FamilyDoctor.Org: Vaginal Discharge: Changes That May Be Signs of a Problem
addthis_url=”; addthis_title=”; addthis_pub=’badrudin’;
Ditulis dalam KEPUTIHAN, OBAT KEPUTIHAN | Tidak ada komentar »





JAMU
Bahan Baku, Khasiat, dan Cara Pengolahan Jamu Gendong: Studi Kasus di Kotamadya Surabaya, 1998
SUHARMIATI DAN LESTARI HANDAYANI
Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI

Abstrak
Jamu gendong adalah fenomena yang sangat terkenal di Indonesia. Tetapi, dokumen tertulis tentangnya sangat jarang. Pada 1998, 20 penjual jamu gendong di Surabaya diwawancara dan diobservasi untuk memahami bagaimana mereka menyiapkan resep, menggunakan bahan baku, dan membuat jamu gendong.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjual jamu itu mempunyai pengetahuan yang serupa tentang penggunaan jamu gendong. Bahan-bahan yang digunakan juga mirip. Perbedaannya hanya pada penggunaan bahan tambahan.
Resep jamu gendong umumnya ada 8 macam, yaitu Beras Kencur, Kunyit Asem, Sinom, Cabe Puyang, Pahitan, Kunci Suruh, Kudu Laos, dan Uyup-uyup.
Ada dua cara dalam membuat jamu gendong. Pertama dengan merebus semua bahan. Kedua dengan memeras sari yang ada kemudian mencampurnya dengan air matang. Abstract
Herbal Medicine "jamu gendong" is famous among Indonesian but only few documents about it are found. In 1998, 20 handlers including pedlar of "Jamu Gendong" in Surabaya Municipality were interviewed and observed to find out the recepies, raw materials, the usage and how to handle "jamu gendong".
The result showed that the handlers had similar knowledge about the usage of "jamu gendong". The primary raw material which composed the recepies were similar except for the ajuvant. They handled them simple and traditional. There are 8 kinds of recepies: beras kencur, kunir asam, sinom, cabe puyang, pahitan, kunci suruh, kudu laos, and uyup-uyup/gepyokan. There are two technics on producing "jamu gendong" that are first, boiling all the herbs and second, squeeze the pounded herbs and than poured into boiled water. They did not use standart measurement (kilogram etc.), on the contrary they use handfuls, pieces to estimate the proportion of recepies.
Pendahuluan
Penjaja jamu gendong jumlahnya semakin tinggi dari tahun ke tahun. Data di Departemen Kesehatan RI menunjukkan peningkatan tersebut, yaitu 13.128 pada 1989, menjadi 25.077 pada 1995. Demikian pula angka untuk Jawa Timur yang menunjukkan jumlah 3.306 pada 1995, yaitu menduduki urutan jumlah terbanyak ketiga setelah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Angka tersebut diyakini masih belum mencakup jumlah keseluruhan penjaja jamu gendong mengingat mobilitas mereka yang sangat tinggi.
Melihat jumlah yang terus meningkat tersebut, dapat diperkirakan bahwa pemanfaatan jamu gendong masih tinggi. Masyarakat masih berminat untuk mengkonsumsi jamu gendong sebagai salah satu upaya untuk perawatan kesehatan. Pembelian jamu gendong biasanya berdasar kebiasaan turun-menurun. Secara umum, sudah diketahui manfaat jamu gendong, namun secara tertulis belum banyak yang mengidentifisir khasiat dan manfaat dari sudut pandang penjaja. Di samping itu, diperkirakan resep jamu gendong bervariasi sedangkan pencatatan atau dokumentasi tentang resep jamu gendong tidak banyak dilakukan sehingga sulit diperoleh gambaran secara pasti.
Untuk menjawab ketidaklengkapan informasi tertulis tersebut maka dilakukan suatu penelitian yang mengidentifikasi cara pengolahan, khasiat, dan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan jamu gendong. Dengan temuan tersebut diharapkan akan memperkaya pengetahuan tentang jamu gendong sebagai salah satu upaya pelestarian pengobatan tradisional khas Indonesia. Di samping itu, pemanfaatan jamu gendong lebih banyak sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan yang sangat sesuai dengan paradigma sehat sehingga pengetahuan tentang jamu gendong menjadi penting.
Bahan dan Cara
Penelitian ini dilakukan pada 1998 di wilayah Kotamadya Surabaya dengan mengambil sampel 20 penjaja jamu gendong yang tersebar di 5 wilayah kerja Puskesmas. Pemilihan daerah didasarkan pada lokasi yang banyak berdomisili penjaja jamu gendong. Terpilih wilayah kerja Puskesmas Kalirungkut, Tembok Dukuh, Krembangan, Tambaksari, dan Jagir. Dipilih wanita penjaja jamu gendong yang mengolah sendiri jamu yang dijajakan serta telah berprofesi sebagai penjaja jamu minimal 2 tahun. Dilakukan wawancara untuk mengetahui pendapat mereka tentang khasiat jamu gendong selain mengetahui cara pengolahan jamu dan bahan baku yang dipakai. Selain itu, dilakukan pengamatan terhadap pembuatan jamu gendong di tempat tinggal mereka.
Hasil Penelitian
1. Jenis Jamu yang Dijual
Penjualan jenis dan jumlah jamu gendong sangat bervariasi untuk setiap penjaja. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan yang mereka pelajari dari pengalaman tentang jamu apa yang diminati serta pesanan yang diminta oleh pelanggan. Setiap hari jumlah dan jenis jamu yang dijajakan tidak selalu sama, tergantung kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Setelah dilakukan pendataan, diperoleh informasi bahwa jenis jamu yang dijual oleh responden dalam penelitian ini ada delapan, yaitu beras kencur, cabe puyang, kudu laos, kunci suruh, uyup-uyup/gepyokan, kunir asam, pahitan, dan sinom.
Dari data yang diperoleh, ternyata hampir semua penjual jamu menyediakan seluruh jenis jamu ini meskipun jumlah yang dibawa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan konsumen. Masing-masing jenis jamu disajikan untuk diminum tunggal atau dicampur satu jenis jamu dengan jenis yang lain. Beberapa di antara responden, selain menyediakan jamu gendong juga menyediakan jamu serbuk atau pil hasil produksi industri jamu. Jamu tersebut diminum dengan cara diseduh air panas, terkadang dicampur jeruk nipis, madu, kuning telor, dan selanjutnya minum jamu sinom atau kunir asam sebagai penyegar rasa.
2. Khasiat, Bahan Baku, dan cara Pengolahan
Jamu gendong pada umumnya digunakan untuk maksud menjaga kesehatan. Orang membeli jamu gendong seringkali karena kebiasaan mengkonsumsi sebagai minuman kesehatan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun demikian, dicoba digali kepada penjual dan pembuat jamu tentang khasiat yang dapat diperoleh dengan minum jamu gendong. Di samping itu, ditanyakan pula tentang bahan baku yang digunakan serta cara pembuatan/pengolahan.
Jamu Beras Kencur
Jamu beras kencur dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu yang dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerja terlalu payah. Selain itu, banyak pula yang berpendapat bahwa jamu beras kencur dapat merangsang nafsu makan, sehingga selera makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.
Dalam pembuatan jamu beras kencur, terdapat beberapa variasi bahan yang digunakan, namun terdapat dua bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan ini sesuai dengan nama jamu, dan jamu ini selalu ada meskipun komposisinya tidak selalu sama di antara penjual jamu. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda, yaitu direbus dan dibiarkan sampai dingin, kemudian disediakan sesuai kebutuhan. Mula-mula beras disangan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Bahan-bahan lain sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, diperas, dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Sari perasan bahan dicampurkan ke dalam air matang yang sudah tersedia, diaduk rata. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol.
Jamu Kunir Asam
Jamu Kunir asam dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'adem-ademan atau seger-segeran' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. Seorang penjual jamu mengatakan bahwa jamu jenis ini baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda dan dapat menyuburkan kandungan. Ada pula penjual jamu yang menganjurkan minum jamu kunir asam untuk melancarkan haid.
Penggunaan bahan baku jamu kunir asam pada umumnya tidak jauh berbeda di antara pembuat. Perbedaan terlihat pada komposisi bahan penyusunnya. Jamu dibuat dengan bahan utama buah asam ditambah kunir/kunyit, namun beberapa pembuatnya ada yang mencampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan, serta dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu direbus sampai mendidih dan jumlahnya sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus sampai mendidih beberapa saat. Selanjutnya, ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, kemudian disaring dengan saringan. Rebusan yang sudah disaring dibiarkan dalam panci dan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.
Jamu Sinom
Manfaat, bahan penyusun, serta cara pembuatan jamu sinom tidak banyak berbeda dengan jamu kunir asam. Perbedaan hanya terletak pada tambahan bahan sinom. Bahkan, beberapa penjual tidak menambahkan sinom, tetapi dengan cara mengencerkan jamu kunir asam dengan mengurangi jumlah bahan baku yang selanjutnya ditambahkan gula secukupnya.
Jamu Cabe Puyang
Jamu cabe puyang dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'pegal linu'. Artinya, untuk menghilangkan cikalen, pegal, dan linu-linu di tubuh, terutama pegal-pegal di pinggang. Namun, ada pula yang mengatakan untuk menghilangkan dan menghindarkan kesemutan, menghilangkan keluhan badan panas dingin atau demam. Seorang penjual mengatakan minuman ini baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua.
Bahan dasar jamu cabe puyang adalah cabe jamu dan puyang. Tambahan bahan baku lain dalam jamu cabe puyang sangat bervariasi, baik jenis maupun jumlahnya. Bahan lain yang ditambahkan antara lain temu ireng, temulawak, jahe, kudu, adas, pulosari, kunir, merica, kedawung, keningar, buah asam, dan kunci. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan kadangkala mereka juga mencampurkan gula buatan serta dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda, yaitu pertama-tama air direbus sampai mendidih dan dibiarkan sehingga dingin, jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Seluruh bahan ini kemudian diperas melalui saringan ke dalam air matang yang sudah tersedia. Selanjutnya, ramuan yang diperoleh diaduk rata kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol.
Jamu Pahitan
Jamu pahitan dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Penjual jamu memberikan jawaban yang bervariasi tentang manfaat jamu ini, namun utamanya adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis. Penjual yang lain mengatakan manfaatnya untuk 'cuci darah', kurang nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/sebah, jerawat, pegal, dan pusing.
Khusus untuk jamu pahitan, ternyata tidak semua pembuat jamu mampu meracik sendiri bahan-bahannya. Enam orang mengatakan membeli racikan jamu pahitan dan pada umumnya dibeli di tempat asalnya, yaitu dari peracik jamu di Solo. Bahan baku dasar dari jamu pahitan adalah sambiloto. Racikan pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan-bahan lain yang rasanya juga pahit seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule. Ada pula yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan atau empon-empon (bahan rimpang yang dipergunakan dalam bumbu masakan).
Pembuatan jamu pahitan adalah dengan merebus semua bahan ke dalam air sampai air rebusan menjadi tersisa sekitar separuhnya. Cara ini dimaksudkan agar semua zat berkhasiat yang terkandung dalam bahan dapat larut ke dalam air rebusan. Sebagai hasil akhirnya, diperoleh rebusan dengan rasa sangat pahit. Khusus jamu pahitan, tidak diberikan gula atau bahan pemanis lain. Sebagai penawar rasa pahit, konsumen minum jamu gendong lain yang mempunyai rasa manis dan segar seperti sinom atau kunir asam.
Jamu Kunci Suruh
Jamu kunci suruh dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan (fluor albus). Sedangkan manfaat lain yaitu untuk merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta dikatakan dapat menguatkan gigi.
Bahan baku jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya selalu ditambahkan buah asam yang masak. Beberapa penjual jamu menambahkan bahan-bahan lain yang biasa digunakan dalam ramuan jamu keputihan atau jamu sari rapat seperti buah delima, buah pinang, kunci pepet, dan majakan. Dalam penelitian ini, ditemukan bahan lain yang ditambahkan, yaitu jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, dan kencur. Sebagai pemanis digunakan gula pasir, gula merah, dan dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu air direbus sampai mendidih sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), diperas, disaring, dan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah didinginkan. Selanjutnya, ditambahkan gula sesuai kebutuhan, sampai diperoleh rasa manis sesuai selera dengan cara dicicipi. Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.
Jamu Kudu Laos
Menurut sebagian besar penjual jamu, khasiat jamu kudu laos adalah untuk menurunkan tekanan darah. Tetapi, ada pula yang mengatakan untuk melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan. Bahan baku jamu kudu laos adalah buah mengkudu masak ditambah rimpang laos dan biasanya ditambahkan buah asam masak (asam kawak). Sedangkan bahan tambahan lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah merica, bawang putih, kedawung, jeruk nipis, bahkan ada yang menambahkan tape singkong. Sebagai pemanis digunakan gula merah dan gula putih, ditambahkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu yaitu pertama-tama air direbus sampai mendidih sejumlah sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu kemudian diperas dan disaring dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.
Jamu Uyup-uyup/Gepyokan
Jamu uyup-uyup atau gepyokan adalah jamu yang digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui. Hanya seorang penjual jamu yang mengatakan bahwa ada khasiat lain, yaitu untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap, baik pada ibu maupun anak dan 'mendinginkan' perut.
Bahan baku jamu uyup-uyup sangat bervariasi antar pembuat jamu, namun pada umumnya selalu menggunakan bahan empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring. Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu semua bahan dicuci bersih tanpa dikupas, selanjutnya empon-empon dirajang (diiris tipis) ditambah bahan-bahan lain dan ditumbuk kasar, lalu diperas serta disaring. Perasan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk diperjual belikan.
Pembahasan
Dalam pembuatan jamu gendong, tampaknya tidak ada perbedaan bahan baku pokok untuk setiap jenis jamu. Hal ini dapat terjadi mungkin karena pengetahuan resep jamu gendong yang mereka peroleh dari sumber yang berasal dari satu daerah yang sama. Cara perolehan pengetahuan dengan cara magang di pembuat jamu, yaitu dengan melihat atau membantu pekerjaan mereka membuat komposisi resep. Resep yang dibuat tidak sama antar pembuat jamu. Ketidaksamaan dimungkinkan karena cara mereka membuat jamu tanpa takaran standar, hanya dengan perkiraan sehingga terjadi perbedaan dalam setiap pembuatan jamu. Di samping itu, kadar kandungan zat berkhasiat yang berbeda-beda untuk setiap kali pembelian bahan baku akan mempengaruhi pula hasil olahan jamu.
Dalam penggunaan bahan baku sebagai bahan pokok tampaknya sesuai dengan khasiat yang dikenal. Seperti: kudu laos menggunakan buah kudu yang mempunyai khasiat sebagai penurun tekanan darah tinggi, beras kencur memberikan tambahan vitamin B dan kencur yang bermanfaat sebagai analgesik. Bahan-bahan yang digunakan berkhasiat antara lain untuk memperbaiki pencernaan makanan sehingga meningkatkan nafsu makan (temulawak, kunyit) serta menghilangkan nyeri dan pegal (jahe, kencur,puyang). Sedangkan daun-daunan yang digunakan seperti katuk, bermanfaat untuk meningkatkan air susu ibu. Manfaat dari tanaman obat tersebut memang dibutuhkan oleh ibu yang menyusui, yang biasanya dalam keadaan cukup letih dan lelah karena harus mengasuh bayinya. Namun, beberapa penjual memberikan tambahan bahan jamu yang khasiatnya tidak sesuai dengan nama jamu, misalnya menambahkan adas, buah kudu, pulosari dalam jamu cabe puyang, kencur dalam jamu kunci suruh, dll.
Pengolahan jamu secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama dengan merebus seluruh bahan dan kedua dengan cara mengambil/memeras sari yang terkandung dalam jamu, kemudian dituangkan ke dalam air matang. Cara-cara tersebut dilakukan mengikuti cara yang dilakukan pendahulunya yang dilakukan secara sederhana dan tradisional. Perbedaan yang ada kemungkinan hanya pada peralatan yang digunakan. Misalnya, dahulu lebih banyak menggunakan pipisan batu sekarang lebih disukai dengan ditumbuk bahkan ada yang menggunakan alat listrik (blender). Alat untuk merebus dahulu banyak menggunakan 'kendil' yang terbuat dari tanah liat kini berganti dengan panci email.
Di samping bahan pokok, terdapat variasi bahan baku yang merupakan bahan tambahan yang dimaksudkan untuk memperbaiki warna, rasa, maupun khasiat. Variasi ini memberikan perbedaan rasa dan khasiat jamu yang menjadi andalan dari masing-masing pembuat jamu. Upaya tersebut mereka lakukan untuk memenuhi selera konsumen berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari dalam menjajakan jamu.
Sebagai pemanis rasa jamu, pada umumnya digunakan gula merah dan atau gula pasir, tetapi ada pula yang menambahkan gula obat (saccharin). Tindakan tersebut dilakukan kemungkinan untuk menekan harga mengingat cukup mahalnya harga gula sedangkan untuk menaikkan harga jual jamu akan mempengaruhi kemampuan beli konsumen atau adanya keinginan dari pembuat jamu gendong agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Hasil penelitian menunjukkan tidak banyak perbedaan pengetahuan pada pembuat jamu tentang manfaat dari setiap jenis jamu. Hal ini menunjukkan keseragaman pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang berasal dari daerah yang sama, ditambah lagi rata-rata mereka hanya mendapat pengetahuan secara lisan tanpa berusaha untuk menambah pengetahuan dari sumber lain.
Kesimpulan dan Saran
Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa:
• Dikenal 8 jenis jamu gendong, yaitu beras kencur, kunir asam, sinom, cabe puyang, pahitan, kunci suruh, kudu laos, dan uyup-uyup/gepyokan.
• Dalam pembuatan jamu gendong, tampaknya tidak ada perbedaan bahan baku pokok untuk setiap jenis jamu, hanya komposisi yang berbeda dan variasi dari bahan yang bersifat sebagai tambahan serta pada umumnya tidak menggunakan takaran standar.
• Terdapat kesamaan pengetahuan pada pembuat jamu tentang manfaat dari setiap jenis jamu.
• Pengolahan jamu dengan cara sederhana dan tradisional. Pengolahan jamu secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu dengan merebus seluruh bahan atau dengan cara mengambil/memeras sari yang terkandung dalam jamu kemudian dicampur dengan air matang.
• Mengingat jamu gendong dikonsumsi secara luas oleh masyarakat, perlu peningkatan mutu. Untuk itu, disarankan agar dalam pembuatan jamu gendong menggunakan takaran standar, tidak hanya dengan perkiraan komposisi. Dengan perlakuan secara standar, akan menghasilkan jamu gendong terstandar pula sehingga jamu yang diedarkan kepada masyarakat mempunyai ciri khas untuk setiap penjual jamu, baik rasa maupun khasiat.
Daftar Pustaka
1. Dyson, P.L., 1991. Penjaja jamu gendong (Studi kasus di Kotamadya Surabaya). Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Airlangga.
2. Indonesia, Direktorat Pengawasan Obat Tradisional. Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan, 1994. Kodifikasi Peraturan Perundang-undangan Obat Tradisional jilid I. Jakarta: Departemen Kesehatan R.I.
3. Indonesia. Direktorat Bina Peran Serta Masyarakat. Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat, 1997. Profil Pengobatan Tradisional di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
4. Indonesia, Direktorat Pengawasan Obat Tradisional, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. 1996. Penyuluhan Jamu Gendong 1995. Jakarta: Departemen Kesehatan R.I.
5. --------------, 1991. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (I). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
6. --------------, 1993. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (II). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
7. --------------, 1994. Inventaris Tanaman Obat Indonesia (III). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
8. Wijayakusuma,Hembing; Setiawan Dalimartha, AS Wirian, 1993. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia jilid ke-1, 2. Jakarta: Pustaka Kartini.
9. -------------, 1994. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia jilid ke-3. Jakarta: Pustaka Kartini.
10. -------------, 1996. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia jilid ke-4. Jakarta: Pustaka Kartini.
Contoh Bahan Penyusun Resep Jamu Gendong dan Khasiat Menurut Penjual Jamu
Jamu Beras Kencur
No. Khasiat Bahan yang digunakan
01. Pegal/kelelahan cabe, kencur, kunci, asam, kedawung, jahe, kapulogo, gula
02. Payah/pegal beras, kencur, kedawung, jahe, asam kawak, gula
03. Pegal, nafsu makan beras, kencur, gula, asam kawak
04. Meningkatkan nafsu makan beras, jahe, asam, gula merah/putih, kedawung, kencur
05. Pegal, linu-linu kencur, asam, kedawung, gula, jeruk nipis
06. Pegel linu beras, kencur, kunci, ke dawung, gula, asam
07. Meningkatkan nafsu makan beras, kencur, jahe, gula kunir, keningar, asam, kedawung, pandan, sereh, daun jeruk purut
08. Menambah nafsu makan, pegal-pegal kencur, jahe, asam, gula merah, jeruk nipis, keda wung, keningar
09. Pegal, nafsu makan beras, jahe, kencur, kapulogo, cengkeh, pala
10. Pegal-pegal kencur, kedawung, gula merah, asam, jeruk nipis garam, jahe, beras (disangan)
Jamu Kunir Asam
No. Khasiat Bahan baku
01. Segar, adem-ademan kunir, asam kawak, temulawak, gula
02. Untuk perut, adem-ademan kunir (banyak), asam kawak, gula merah
03. Adem-ademan, sariawan kunir, asam kawak, gula
04. Perut dingin kunir, asam kawak, gula
05. Penyegar badan, sariawan kunir, asam kawak, gula
06. Seger-segeran, sariawan kunir, asam kawak, gula
07. Panas dalam kunir, asam kawak, gula
08. Panas dalam kunir, sinom, asam kawak, jeruk nipis, gula
09. Seger-segeran kunir, asam kawak, jeruk nipis, gula merah
10. Adem-ademam, sariawan kunir, kedawung, asam kawak, gula
11. Untuk melancarkan haid kunir, asam kawak, gula merah gula obat
12. Perawatan hamil muda kunir, asam kawak, gula merah menyuburkan kandungan
Jamu Sinom
No. Khasiat Bahan baku
01. Segar badan kunir, asam kawak, gula
02. Sariawan temulawak, kunir, sinom, asam kawak, jeruk nipis
03. Adem-ademan, sariawan kunir, asam kawak, sinom, jeruk nipis
04. Seger-segeran asam kawak, kunir
05. Minuman segar kunir (sedikit), asam kawak, gula
06. Penyegar kunir, asam kawak, gula, jeruk nipis
07. Seger-segeran, menyuburkan kandungan sinom, kunir, asem, jeruk nipis
08. Adem-ademan, sariwan kunir, asem, sinom, jeruk nipis, gula
09. Seger-segeran sinom, jeruk nipis, gula merah/putih, kunir,asem
10. Untuk penyegar badan kunir, gula merah, asem dan gula obat
11. Mendinginkan perut kunir, asem, gula putih, obat gula
Jamu Cabe Puyang
No. Khasiat Bahan baku
01. Pegal di pinggang cabe, puyang, kudu, adas, gula, asam kawak
02. Kaki mudah payah cikalen cabe, puyang, gula, asam
03. Pegal, linu cabe, puyang, asem, gula
04. Cikalen cabe, puyang, jahe, merica, kunci
05. Pegal, linu cabe, puyang, kedawung, gula, asam kawak
06. Kesemutan cabe, puyang, gula, asam
07. Pegal, adem panas cabe, puyang, kunir, temu ireng, temulawak
08. Pegal-pegal, ampas untuk 'bobok' cabe, puyang, jahe, kunir, adas pulosari
09. Pegal-pegal cabe, puyang, merica, gula merah/putih, empon-empon
10. Pegal-pegal kedawung, keningar, cabe, puyang, kunir, jahe
11. Pegal-pegal, menyehatkan badan cabe, kedawung, puyang gula merah, garam
12. Badan meriang cabe, puyang, kunir, asem, jahe
13. Hamil tua, pegal-pegal cabe, puyang, beras, kunir, gula merah
Jamu Pahitan
No. Khasiat Bahan baku
01. Gatal-gatal pule, kedawung, widoro laut, sambiloto, adas
02. Gatal-gatal, kencing manis sambiloto, pule, widoro putih
03. Kurang nafsu makan racikan bungkusan (beli)
04. Gatal, kencing manis sambiloto, empon-empon komplit**
05. Gatal-gatal, nafsu makan sambiloto
06. Gatal-gatal, bau badan tidak enak brotowali+sambiloto (ramuan jadi dari Solo)
07. Kembung, pegel beli di Solo (ramuan)
08. Cuci darah ramuan + imbo, sambiloto
09. Menurunkan kholesterol, cuci darah sambiloto, brotowali
10. Bau badan, gatal-gatal sambiloto
11. Gatal-gatal, perut sebah sambiloto
12. Gatal-gatal babakan pule, sambiloto brotowali (beli bahan bungkusan)
13. Kencing manis, gatal-gatal jerawat sambiloto, brotowali, babakan pule
Jamu Kunci Suruh
No. Khasiat Bahan baku
01. Sari Rapat, keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
02. Keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
03. Mengencangkanperut, keputihan kunci, sirih, kencur, jahe
04. Bau keringat, keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
05. Galian rapet, keputihan, menghilangkan bau rahim, darah merah/putih kunci, suruh, pinang, temulawak, delima, kencur
06. Bau badan, keputihan kunci, suruh, jambe, kunci pepet, kayu legi, manis jangan, delima
07. Keputihan suruh, kunci, gula, asam kawak
08. Keputihan kunci, majakan, suruh, asam
09. Supaya keringat tidak berbau, keputihan kunci, suruh, kunir
10. Keputihan, merapatkan rahim kunci, suruh, gula merah, asam kawak
11. Keputihan, menghilangkan bau badan kunci, suruh, beluntas
12. Keputihan, awet muda, menguatkan gigi kunir, kunci, suruh, majakan, gula merah
Jamu Kudu Laos
No. Khasiat Bahan baku
01. Menurunkan tekanan darah kudu, laos, gula, asam kawak
02. Menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan darah kudu, laos, gula, asam kawak
04. Memperlancar peredaran darah kudu, laos, gula, asam kawak
05. Menambah nafsu makan kudu, merica/lada, laos, asam kawak, gula, kedawung
06. Supaya badan segar laos, kudu, bawang putih, merica, gula, asam kawak
07. Enak perut, nafsu makan, terlambat bulan laos, merica, kudu, asam kawak, gula merah
08. Menghangatkan badan kudu, laos, gula merah, asam kawak, jeruk nipis
09. Menambah nafsu makan kudu, laos, kedawung, asam kawak, gula merah, merica
10. Penambah nafsu makan, supaya badan hangat kudu, laos, bawang putih, merico, tape singkong
Jamu Uyup-uyup/Gepyokan
No. Khasiat Bahan baku
01. Melancarkan ASI beluntas, temulawak, katu, asem, gula
02. Melancarkan ASI (air susu ibu) empon-empon komplit**, beluntas, suruh,daun katu, gula, asem, jeruk nipis
03. Melancarkan ASI beluntas, puyang, krokot, lampes, sinom, suruh, temulawak, gula, asem, jeruk nipis
04. Melancarkan ASI empon-empon komplit**, beluntas, sembukan, jambu
05. Melancarkan ASI katu, landep, suruh, lampes, empon-empon, gula, asem
06. Melancarkan ASI, menghilangkan bau badan (anak & ibu) katu, temuireng, temula wak, kunir, kunci
07. Melancarkan ASI daun-daunan beli di pasar, empon-empon komplit**, gula, asem
08. Melancarkan ASI kunir, asam kawak, beluntas, simbukan, kedawung, gula merah
09. Melancarkan ASI kunir, puyang, daun pepaya, temuireng, sembukan, beluntas, jambu, jarak
10. Melancarkan ASI, mendinginkan perut kawak kunir, beluntas, beras, gula merah, asem
*No.: pembuat jamu
**Empon komplit: kencur, jahe, bangle, temugiring, kunir, temulawak.





JAMU GENDONG
Sejarah jamu gendong seiring perjalanan sejarah kerajaan Mataram Islam. Wiku, orang pintar atau dukun yang pertama kali membuat ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang kemudian dijajakan dengan cara dipikul laki-laki dan digendong oleh perempuan.
Di antara kedua cara ini, jamu gendong inilah yang tetap berjalan hingga sekarang. Jenis jamu gendong bermacam-ragam seperti cabe puyang, beras kencur, dan daun pepaya. Jamu gendong yang populer sampai sekarang adalah beras kencur yang berkhasiat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Selain itu, dapat merangsang nafsu makan. Bahan pokoknya adalah beras dan kencur. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula pasir dan ditambah sedikit garam.
Ramuan untuk membuat jamu beras kencur menggunakan bahan 1 setengah ons beras, 1 setengah ons kencur, kapulaga 6 butir, jahe setengah ons, jeruk nipis 2-3 buah, asam kawak setengah ons, gula merah setengah kg, gula pasir secukupnya, garam secukupnya, dan air 4 liter. Masukkan air ke dalam panci bersama gula merah dan asam kawak, kemudian rebus sampai mendidih sambil diaduk agar seluruh bahan larut. Setelah mendidih, angkat dan tambahkan sedikit garam, lalu aduk dan biarkan dingin, kemudian saring. Jahe dan kencur dicuci bersih kemudian dikupas kulitnya. Cuci sekali lagi dan iris tipis-tipis. Selanjutnya, jahe, kencur, dan kapulaga dicuci dengan air panas. Bahan-bahan tersebut ditambah sedikit air matang dan dihaluskan (menggunakan blender jika ada). Bahan-bahan yang sudah halus seperti bubur itu diperas dan disaring untuk diambil sarinya dan langsung dicampurkan dengan larutan gula asam sambil diaduk. Masukkan dalam botol yang bersih dan kering, kemudian tutup rapat.



Anak Ogah Makan

Kalau seorang anak ogah-ogahan makan, bisa jadi bukan faktor si anak tetapi lantaran kesalahan ortu (orang tua) dalam menerapkan pola makan pada anak.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Asupan gizi yang baik sering tidak bisa dipenuhi oleh seorang anak karena faktor dari luar dan dalam. Faktor luar lantaran keterbatasan ekonomi keluarga. Sedangkan faktor internal ada dalam diri anak yang secara psikologis muncul sebagai problema makan anak.

Problema makan ini misalnya dijumpai dalam bentuk anak enggan makan. Perilaku ogah makan bukanlah persoalan sepele. Tidak ada obat mujarab yang bisa segera memulihkan nafsu makan anak. Anak yang malas makan selalu berusaha mencari-cari alasan untuk tidak makan. Misalnya dengan ngemut makanan, mempermainkan, atau memuntahkan makanan.

Picky eater (pilih-pilih makanan) sering dijumpai pada anak yang membuat orang tua bingung. Anak yang cenderung berperilaku picky eater akan mengalami kesulitan dalam meramu variasi makanan untuk memenuhi kecukupan gizinya. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari cenderung seragam, padahal keanekaragaman makanan merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi. Anak-anak ini pun bisa saja setelah besar tidak mau mengkonsumsi makanan yang keras. Bahkan nasi pun harus diganti bubur.

Mengapa problema makan ini muncul pada anak? Secara psikologis dapat diterangkan, perilaku makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula.

Perilaku sulit makan juga dapat timbul karena orang tua tidak mengakui ego anak. Orang tua selalu memaksakan anak harus makan ini-itu dengan porsi yang sudah ditentukan. Misalnya dengan mengharuskan menghabiskan makanan di piring. Maksud orang tua mungkin benar mereka menginginkan anaknya tumbuh sehat dengan gizi cukup. Tetapi mereka kurang menyadari kalau makan bukan melulu persoalan gizi tetapi terdapat pula unsur psikologis.

Soalnya, anak balita dalam rangka menuju proses kemandirian sebenarnya ingin pula diakui egonya. Jadi, sekali-kali beri mereka kebebasan untuk mengambil makanan sendiri tanpa harus disuapi.

Ulah Orang Tua

Ada perbedaan mendasar bagaimana orang Barat mempersiapkan proses kemandirian anak dibandingkan dengan orang Timur. Di sini kita selalu cenderung meladeni anak, termasuk dalam hal makan karena tidak ingin makanan tumpah berceceran.

Membuang-buang makanan adalah tabu dan bisa kualat. Sehingga dalam masyarakat kita bisa dijumpai orang tua masih menyuapi anak yang sudah kelas V SD. Hal ini nyaris tidak kita temukan pada masyarakat Barat yang sejak dini melatih anak untuk bisa makan sendiri.

Perilaku makan yang kurang pas sering kali muncul karena ulah orang tua. Semisal kebiasaan untuk menenangkan anak yang sedang rewel dengan cara membelikan jajanan yang padat kalori (permen, minuman ringan, coklat, dsb.). Anak yang sudah mengkonsumsi makanan padat kalori perutnya akan segera kenyang sehingga ia tidak mau makan.

Karena itu kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Kebiasaan makan bersama yang sudah mulai ditinggalkan ada baiknya dihidupkan lagi. Anak balita pun bisa merasakan nikmatnya makan bila semua anggota keluarga duduk bersama-sama di meja makan.

Problema makan pada anak dapat berakibat buruk bagi tumbuh kembang anak. Sedikitnya makanan yang masuk ke dalam perut anak dapat menjadi indikasi bahwa anak itu mempunyai peluang besar untuk menderita kurang gizi. Indikator status gizi kurang dicerminkan oleh berat badan atau tinggi badan anak di bawah standar.

Dengan menggunakan ukuran standar sebagai pembanding kita dapat mengetahui status gizi seorang anak. Di dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), yang dibagikan secara gratis bagi peserta program Posyandu, tergambar grafik pertambahan berat badan berdasarkan usia anak. Melalui penimbangan anak balita setiap bulan dapat diketahui kecenderungan status gizi seorang anak.

Mereka yang mengalami kegagalan pertumbuhan (berat badan tetap atau turun dalam penimbangan bulan berikutnya) sering disebabkan oleh kekurangan gizi atau sakit. Anak-anak itu mengalami kekurangan gizi karena kurangnya makanan di tingkat rumah tangga.

Anak balita memang sudah bisa makan apa saja seperti halnya orang dewasa. Tetapi mereka pun bisa menolak bila makanan yang disajikan tidak memenuhi selera mereka. Oleh karena itu sebagai orang tua kita juga harus berlaku demokratis untuk sekali-kali menghidangkan makanan yang memang menjadi kegemaran si anak.

Faktor psikososial yang bisa mempengaruhi nafsu makan anak bisa timbul karena pemberian makan yang terlalu tergantung pada seseorang. Misalnya, anak balita yang biasa disuapi pembantu mungkin nafsu makannya berkurang ketika harus makan bersama-sama ibunya yang selama ini selalu sibuk di kantor.

Yang paling baik adalah menciptakan suasana sosial yang seimbang di dalam rumah tangga sehingga anak balita merasa dekat dengan semua anggota rumah tangga dan mau makan dengan siapa saja.

Susu Tidak Wajib

Asupan gizi yang baik tentu berperan penting dalam mencapai pertumbuhan badan yang optimal. Pertumbuhan badan yang optimal ini mencakup pula pertumbuhan otak yang sangat menentukan kecerdasan seseorang.

Masa pertumbuhan otak tercepat adalah pada trisemester ketika janin berada dalam kandungan sampai bayi berusia 18 bulan. Setelah itu otak masih tumbuh dengan kecepatan yang semakin berkurang sampai usia lima tahun. Oleh karena itu usia balita ini sangat rawan terhadap kondisi-kondisi kurang gizi.

Pada usia rawan ini banyak orang tua yang mempunyai persepsi keliru mengenai makanan untuk anaknya. Misalnya, bayi sampai usia empat bulan sebenarnya cukup kalau hanya diberi ASI oleh ibunya tanpa tambahan makanan apa pun. Hal ini sesuai dengan sistem enzim dalam pencernaan bayi yang masih didominasi oleh enzim laktase untuk memecah laktosa susu.

Tetapi sebagian orang tua menganggap bayi akan kelaparan tanpa makanan tambahan sehingga mereka memperkenalkan pisang, bubur, dan sebagainya. Padahal jenis makanan ini memerlukan kehadiran enzim maltase untuk memecah maltosa (karbohidrat) pada pisang atau bubur. Enzim maltosa umumnya belum banyak diproduksi oleh bayi di bawah usia empat bulan. Kesalahan dalam memberikan makanan ini tentu membuat tubuh bayi tidak dapat mencerna dengan sempurna makanan yang diberikan oleh ibunya sehingga sari makanan tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Akhirnya, bayi bisa terhambat kecerdasannya.

Setelah anak berusia dua tahun sebenarnya kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Yang penting aneka ragam makanan dikonsumsi dengan cukup. Dengan memperhatikan 4 sehat saja (nasi, sayur, lauk, dan buah), anak-anak setelah usia dua tahun dapat tumbuh secara baik.

Namun kenyataannya, orang tua seolah memaksa anak agar mengkonsumsi susu banyak-banyak dan membiarkan anak mengurangi porsi makannya. Padahal makan dengan porsi tiga kali sehari lebih penting daripada minum segelas atau dua gelas susu. Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan nasi, sayur, dan lauk pauk.

Susu dari sudut pandang gizi bukanlah sumber protein tetapi lebih tepat sumber kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor ini dengan mudah kita dapatkan dalam ikan teri atau ikan sarden. Sementara sumber protein utama kita adalah nasi serta lauk-pauk. Jadi, dengan konsumsi 4 sehat tanpa 5 sempurna pun anak-anak kita setelah usia dua tahun bisa tumbuh dengan optimal. Juga pertumbuhan tinggi badannya.

Perawakan tinggi ini ditentukan oleh banyak faktor. Faktor genetik atau potensi biologik menjadi modal dasar dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang. Tinggi badan seorang anak akan dipengaruhi tinggi badan kedua orang tuanya. Kita tidak bisa mengharapkan anak tumbuh tinggi bila orang tuanya pendek atau sebaliknya.

Selain itu ada pula faktor hormonal. Hormon yang sangat penting untuk pertumbuhan adalah hormon pertumbuhan, hormon tiroid, dan hormon seks. Hormon pertumbuhan diperlukan untuk merangsang perkembangan tulang panjang. Anak-anak yang menderita kekurangan hormon pertumbuhan hanya akan mempunyai tinggi akhir 120 cm pada masa dewasanya. Hormon tiroid berperan besar dalam metabolisme tubuh. Sedang hormon seks menentukan pertumbuhan anak pada masa pubertas. Jadi kalau ada anak disunat menjelang pubertas, sesudahnya dia tumbuh secara lebih cepat karena aktivitas hormon seks. Bukan khitan itu yang menyebabkan seseorang tumbuh lebih cepat.

Ukuran perawakan tinggi sebagai manifestasi ketiga faktor di atas berbeda-beda untuk setiap populasi. Tinggi untuk ukuran kita belum tentu demikian untuk orang Eropa atau Amerika. Masyarakat kita bahkan mungkin belum bisa mentoleransi anak perempuan yang tingginya 175 cm.

Tapi pada era globalisasi ini tinggi badan menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Soalnya, berbagai formasi pekerjaan mensyaratkan ukuran tinggi badan tertentu. Kalau dulu hanya ABRI dan awak pesawat udara, kini semakin banyak sektor yang menginginkan pegawainya berperawakan tinggi. Nah, ada baiknya para orang tua lebih memperhatikan perlaku makan putra-putrinya. (Sumber: Intisari)

Jamu Beras Kencur
No. Khasiat Bahan yang digunakan
01. Pegal/kelelahan cabe, kencur, kunci, asam, kedawung, jahe, kapulogo, gula
02. Payah/pegal beras, kencur, kedawung, jahe, asam kawak, gula
03. Pegal, nafsu makan beras, kencur, gula, asam kawak
04. Meningkatkan nafsu makan beras, jahe, asam, gula merah/putih, kedawung, kencur
05. Pegal, linu-linu kencur, asam, kedawung, gula, jeruk nipis
06. Pegel linu beras, kencur, kunci, ke dawung, gula, asam
07. Meningkatkan nafsu makan beras, kencur, jahe, gula kunir, keningar, asam, kedawung, pandan, sereh, daun jeruk purut
08. Menambah nafsu makan, pegal-pegal kencur, jahe, asam, gula merah, jeruk nipis, keda wung, keningar
09. Pegal, nafsu makan beras, jahe, kencur, kapulogo, cengkeh, pala
10. Pegal-pegal kencur, kedawung, gula merah, asam, jeruk nipis garam, jahe, beras (disangan)
Jamu Kunir Asam
No. Khasiat Bahan baku
01. Segar, adem-ademan kunir, asam kawak, temulawak, gula
02. Untuk perut, adem-ademan kunir (banyak), asam kawak, gula merah
03. Adem-ademan, sariawan kunir, asam kawak, gula
04. Perut dingin kunir, asam kawak, gula
05. Penyegar badan, sariawan kunir, asam kawak, gula
06. Seger-segeran, sariawan kunir, asam kawak, gula
07. Panas dalam kunir, asam kawak, gula
08. Panas dalam kunir, sinom, asam kawak, jeruk nipis, gula
09. Seger-segeran kunir, asam kawak, jeruk nipis, gula merah
10. Adem-ademam, sariawan kunir, kedawung, asam kawak, gula
11. Untuk melancarkan haid kunir, asam kawak, gula merah gula obat
12. Perawatan hamil muda kunir, asam kawak, gula merah menyuburkan kandungan
Jamu Sinom
No. Khasiat Bahan baku
01. Segar badan kunir, asam kawak, gula
02. Sariawan temulawak, kunir, sinom, asam kawak, jeruk nipis
03. Adem-ademan, sariawan kunir, asam kawak, sinom, jeruk nipis
04. Seger-segeran asam kawak, kunir
05. Minuman segar kunir (sedikit), asam kawak, gula
06. Penyegar kunir, asam kawak, gula, jeruk nipis
07. Seger-segeran, menyuburkan kandungan sinom, kunir, asem, jeruk nipis
08. Adem-ademan, sariwan kunir, asem, sinom, jeruk nipis, gula
09. Seger-segeran sinom, jeruk nipis, gula merah/putih, kunir,asem
10. Untuk penyegar badan kunir, gula merah, asem dan gula obat
11. Mendinginkan perut kunir, asem, gula putih, obat gula
Jamu Cabe Puyang
No. Khasiat Bahan baku
01. Pegal di pinggang cabe, puyang, kudu, adas, gula, asam kawak
02. Kaki mudah payah cikalen cabe, puyang, gula, asam
03. Pegal, linu cabe, puyang, asem, gula
04. Cikalen cabe, puyang, jahe, merica, kunci
05. Pegal, linu cabe, puyang, kedawung, gula, asam kawak
06. Kesemutan cabe, puyang, gula, asam
07. Pegal, adem panas cabe, puyang, kunir, temu ireng, temulawak
08. Pegal-pegal, ampas untuk ‘bobok’ cabe, puyang, jahe, kunir, adas pulosari
09. Pegal-pegal cabe, puyang, merica, gula merah/putih, empon-empon
10. Pegal-pegal kedawung, keningar, cabe, puyang, kunir, jahe
11. Pegal-pegal, menyehatkan badan cabe, kedawung, puyang gula merah, garam
12. Badan meriang cabe, puyang, kunir, asem, jahe
13. Hamil tua, pegal-pegal cabe, puyang, beras, kunir, gula merah
Jamu Pahitan
No. Khasiat Bahan baku
01. Gatal-gatal pule, kedawung, widoro laut, sambiloto, adas
02. Gatal-gatal, kencing manis sambiloto, pule, widoro putih
03. Kurang nafsu makan racikan bungkusan (beli)
04. Gatal, kencing manis sambiloto, empon-empon komplit**
05. Gatal-gatal, nafsu makan sambiloto
06. Gatal-gatal, bau badan tidak enak brotowali+sambiloto (ramuan jadi dari Solo)
07. Kembung, pegel beli di Solo (ramuan)
08. Cuci darah ramuan + imbo, sambiloto
09. Menurunkan kholesterol, cuci darah sambiloto, brotowali
10. Bau badan, gatal-gatal sambiloto
11. Gatal-gatal, perut sebah sambiloto
12. Gatal-gatal babakan pule, sambiloto brotowali (beli bahan bungkusan)
13. Kencing manis, gatal-gatal jerawat sambiloto, brotowali, babakan pule
Jamu Kunci Suruh
No. Khasiat Bahan baku
01. Sari Rapat, keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
02. Keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
03. Mengencangkanperut, keputihan kunci, sirih, kencur, jahe
04. Bau keringat, keputihan kunci, sirih, gula, asam kawak
05. Galian rapet, keputihan, menghilangkan bau rahim, darah merah/putih kunci, suruh, pinang, temulawak, delima, kencur
06. Bau badan, keputihan kunci, suruh, jambe, kunci pepet, kayu legi, manis jangan, delima
07. Keputihan suruh, kunci, gula, asam kawak
08. Keputihan kunci, majakan, suruh, asam
09. Supaya keringat tidak berbau, keputihan kunci, suruh, kunir
10. Keputihan, merapatkan rahim kunci, suruh, gula merah, asam kawak
11. Keputihan, menghilangkan bau badan kunci, suruh, beluntas
12. Keputihan, awet muda, menguatkan gigi kunir, kunci, suruh, majakan, gula merah
Jamu Kudu Laos
No. Khasiat Bahan baku
01. Menurunkan tekanan darah kudu, laos, gula, asam kawak
02. Menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan darah kudu, laos, gula, asam kawak
04. Memperlancar peredaran darah kudu, laos, gula, asam kawak
05. Menambah nafsu makan kudu, merica/lada, laos, asam kawak, gula, kedawung
06. Supaya badan segar laos, kudu, bawang putih, merica, gula, asam kawak
07. Enak perut, nafsu makan, terlambat bulan laos, merica, kudu, asam kawak, gula merah
08. Menghangatkan badan kudu, laos, gula merah, asam kawak, jeruk nipis
09. Menambah nafsu makan kudu, laos, kedawung, asam kawak, gula merah, merica
10. Penambah nafsu makan, supaya badan hangat kudu, laos, bawang putih, merico, tape singkong
Jamu Uyup-uyup/Gepyokan
No. Khasiat Bahan baku
01. Melancarkan ASI beluntas, temulawak, katu, asem, gula
02. Melancarkan ASI (air susu ibu) empon-empon komplit**, beluntas, suruh,daun katu, gula, asem, jeruk nipis
03. Melancarkan ASI beluntas, puyang, krokot, lampes, sinom, suruh, temulawak, gula, asem, jeruk nipis
04. Melancarkan ASI empon-empon komplit**, beluntas, sembukan, jambu
05. Melancarkan ASI katu, landep, suruh, lampes, empon-empon, gula, asem
06. Melancarkan ASI, menghilangkan bau badan (anak & ibu) katu, temuireng, temula wak, kunir, kunci
07. Melancarkan ASI daun-daunan beli di pasar, empon-empon komplit**, gula, asem
08. Melancarkan ASI kunir, asam kawak, beluntas, simbukan, kedawung, gula merah
09. Melancarkan ASI kunir, puyang, daun pepaya, temuireng, sembukan, beluntas, jambu, jarak
10. Melancarkan ASI, mendinginkan perut kawak kunir, beluntas, beras, gula merah, asem
*No.: pembuat jamu
**Empon komplit: kencur, jahe, bangle, temugiring, kunir, temulawak.

Jamu Uyup-uyup/Gepyokan
April 7, 2007
Jamu uyup-uyup atau gepyokan adalah jamu yang digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui. Hanya seorang penjual jamu yang mengatakan bahwa ada khasiat lain, yaitu untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap, baik pada ibu maupun anak dan ‘mendinginkan’ perut.
Bahan baku jamu uyup-uyup sangat bervariasi antar pembuat jamu, namun pada umumnya selalu menggunakan bahan empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring. Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu semua bahan dicuci bersih tanpa dikupas, selanjutnya empon-empon dirajang (diiris tipis) ditambah bahan-bahan lain dan ditumbuk kasar, lalu diperas serta disaring. Perasan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk diperjual belikan.

Jamu Kudu Laos
April 7, 2007
Menurut sebagian besar penjual jamu, khasiat jamu kudu laos adalah untuk menurunkan tekanan darah. Tetapi, ada pula yang mengatakan untuk melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan. Bahan baku jamu kudu laos adalah buah mengkudu masak ditambah rimpang laos dan biasanya ditambahkan buah asam masak (asam kawak). Sedangkan bahan tambahan lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah merica, bawang putih, kedawung, jeruk nipis, bahkan ada yang menambahkan tape singkong. Sebagai pemanis digunakan gula merah dan gula putih, ditambahkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu yaitu pertama-tama air direbus sampai mendidih sejumlah sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu kemudian diperas dan disaring dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.

Jamu Kunci Suruh
April 7, 2007
Jamu kunci suruh dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan (fluor albus). Sedangkan manfaat lain yaitu untuk merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta dikatakan dapat menguatkan gigi.
Bahan baku jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya selalu ditambahkan buah asam yang masak. Beberapa penjual jamu menambahkan bahan-bahan lain yang biasa digunakan dalam ramuan jamu keputihan atau jamu sari rapat seperti buah delima, buah pinang, kunci pepet, dan majakan. Dalam penelitian ini, ditemukan bahan lain yang ditambahkan, yaitu jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, dan kencur. Sebagai pemanis digunakan gula pasir, gula merah, dan dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu air direbus sampai mendidih sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), diperas, disaring, dan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah didinginkan. Selanjutnya, ditambahkan gula sesuai kebutuhan, sampai diperoleh rasa manis sesuai selera dengan cara dicicipi. Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.

Jamu Pahitan
April 7, 2007
Jamu pahitan dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Penjual jamu memberikan jawaban yang bervariasi tentang manfaat jamu ini, namun utamanya adalah untuk gatal-gatal dan kencing manis. Penjual yang lain mengatakan manfaatnya untuk ‘cuci darah’, kurang nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/sebah, jerawat, pegal, dan pusing.
Khusus untuk jamu pahitan, ternyata tidak semua pembuat jamu mampu meracik sendiri bahan-bahannya. Enam orang mengatakan membeli racikan jamu pahitan dan pada umumnya dibeli di tempat asalnya, yaitu dari peracik jamu di Solo. Bahan baku dasar dari jamu pahitan adalah sambiloto. Racikan pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan-bahan lain yang rasanya juga pahit seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule. Ada pula yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan atau empon-empon (bahan rimpang yang dipergunakan dalam bumbu masakan).
Pembuatan jamu pahitan adalah dengan merebus semua bahan ke dalam air sampai air rebusan menjadi tersisa sekitar separuhnya. Cara ini dimaksudkan agar semua zat berkhasiat yang terkandung dalam bahan dapat larut ke dalam air rebusan. Sebagai hasil akhirnya, diperoleh rebusan dengan rasa sangat pahit. Khusus jamu pahitan, tidak diberikan gula atau bahan pemanis lain. Sebagai penawar rasa pahit, konsumen minum jamu gendong lain yang mempunyai rasa manis dan segar seperti sinom atau kunir asam.


Jamu Sinom
April 7, 2007
Manfaat, bahan penyusun, serta cara pembuatan jamu sinom tidak banyak berbeda dengan jamu kunir asam. Perbedaan hanya terletak pada tambahan bahan sinom. Bahkan, beberapa penjual tidak menambahkan sinom, tetapi dengan cara mengencerkan jamu kunir asam dengan mengurangi jumlah bahan baku yang selanjutnya ditambahkan gula secukupnya.
Jamu Cabe Puyang
Jamu cabe puyang dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu ‘pegal linu’. Artinya, untuk menghilangkan cikalen, pegal, dan linu-linu di tubuh, terutama pegal-pegal di pinggang. Namun, ada pula yang mengatakan untuk menghilangkan dan menghindarkan kesemutan, menghilangkan keluhan badan panas dingin atau demam. Seorang penjual mengatakan minuman ini baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua.
Bahan dasar jamu cabe puyang adalah cabe jamu dan puyang. Tambahan bahan baku lain dalam jamu cabe puyang sangat bervariasi, baik jenis maupun jumlahnya. Bahan lain yang ditambahkan antara lain temu ireng, temulawak, jahe, kudu, adas, pulosari, kunir, merica, kedawung, keningar, buah asam, dan kunci. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan kadangkala mereka juga mencampurkan gula buatan serta dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda, yaitu pertama-tama air direbus sampai mendidih dan dibiarkan sehingga dingin, jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Seluruh bahan ini kemudian diperas melalui saringan ke dalam air matang yang sudah tersedia. Selanjutnya, ramuan yang diperoleh diaduk rata kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol.

Jamu Kunir Asam
April 7, 2007
Jamu Kunir asam dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu ‘adem-ademan atau seger-segeran’ yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. Seorang penjual jamu mengatakan bahwa jamu jenis ini baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda dan dapat menyuburkan kandungan. Ada pula penjual jamu yang menganjurkan minum jamu kunir asam untuk melancarkan haid.
Penggunaan bahan baku jamu kunir asam pada umumnya tidak jauh berbeda di antara pembuat. Perbedaan terlihat pada komposisi bahan penyusunnya. Jamu dibuat dengan bahan utama buah asam ditambah kunir/kunyit, namun beberapa pembuatnya ada yang mencampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan, serta dibubuhkan sedikit garam.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda antar penjual jamu, yaitu direbus sampai mendidih dan jumlahnya sesuai kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus sampai mendidih beberapa saat. Selanjutnya, ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, kemudian disaring dengan saringan. Rebusan yang sudah disaring dibiarkan dalam panci dan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk dijajakan.

Jamu Beras Kencur
April 7, 2007
Jamu beras kencur dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu yang dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerja terlalu payah. Selain itu, banyak pula yang berpendapat bahwa jamu beras kencur dapat merangsang nafsu makan, sehingga selera makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.
Dalam pembuatan jamu beras kencur, terdapat beberapa variasi bahan yang digunakan, namun terdapat dua bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan ini sesuai dengan nama jamu, dan jamu ini selalu ada meskipun komposisinya tidak selalu sama di antara penjual jamu. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan seringkali mereka juga mencampurkan gula buatan.
Cara pengolahan pada umumnya tidak jauh berbeda, yaitu direbus dan dibiarkan sampai dingin, kemudian disediakan sesuai kebutuhan. Mula-mula beras disangan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Bahan-bahan lain sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, diperas, dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Sari perasan bahan dicampurkan ke dalam air matang yang sudah tersedia, diaduk rata. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol.




PENGOBATAN AMBEIEN TANPA OPERASI
************
ANDA MEMPUNYAI KASUS AMBEIEN BERTAHUN-TAHUN ?
TANPA PIJAT DAN TANPA OPERASI
MENGHILANGKAN BENJOLAN-BENJOLAN
DI DALAM & DI LUAR SEKITAR DUBUR
MENGHENTIKAN PENDARAHAN
MENGATASI ANUS YANG KELUAR 1/2 CM - 3 CM SECARA ALAMI

AMBEXTRA merupakan ramuan racikan yang ditemukan oleh Ibu Hj. Sjafi'ie sebagai ramuan yang paling ampuh dalam mengatasi AMBEIEN TANPA OPERASI. Terbuat dari bahan yang berkhasiat tinggi yang sudah banyak terbukti mampu mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan AMBEIEN mulai dari PENDARAHAN, PEMBENGKAKAN DAERAH ANUS dan KELUARNYA ANUS.
AMBEXTRA ini dibuat mengingat banyak sekali keluhan penderita AMBEIEN yang sudah berobat secara medis dengan dioperasi tapi masih kambuh lagi dan harus dioperasi kembali. Bahkan ada yang mengalami sampai 3 kali operasi. Selain biayanya relatif mahal, banyak yang mengeluh rasa sakit yang luar biasa (ada sebagian yang mengatakan operasinya lebih sakit daripada orang melahirkan).
Adapun proses kerja dari AMBEXTRA ini adalah :
Jika penderita mengalami pendarahan saat buang air besar, nantinya akan berkurang sampai berhenti pendarahannya dengan sendirinya.
Jika penderita mengalami benjolan, misalnya ada 3 benjolan, nantinya benjolan-benjolan tersebut akan berkurang atau mengecil satu persatu. Proses kesembuhan ini ada yang cepat ada juga yang lambat tergantung pada makanan yang dikonsumsinya terutama jika yang dimakan banyak mengandung lemak dan kolesterol.
Jika anus/rektum keluar, maka lakukan / masukkan rektum yang keluar tersebut secara perlahan-lahan, nantinya lama kelamaan rektum tersebut akan lengket lagi seperti semula. Pengobatan AMBEIEN yang seperi ini membutuhkan waktu yang relatif agak lama karena penyakitnya sudah termasuk katagori sangat parah.
CARA MINUM AMBEXTRA :
• Ambil 1 (satu) sendok makan AMBEXTRA
• Masukkan ke dalam 1 (satu) gelas air panas (gelas ukuran sedang/220 - 240 cc) kemudian aduk rata
• Tunggu sampai hangat lalu saring dan buang ampasnya . baru diminum
• Selanjutnya minum 2 kapsul ALERGO
ATURAN MINUM :
MINUM 3 KALI SEHARI :
• 1 KALI SEBELUM SARAPAN. SEBAIKNYA MINUM SETELAH MINUM AIR PUTIH.KALAU BISA SETELAH BANGUN PAGI DIUSAHAKAN MINUM AIR PUTIH SEBANYAK-BANYAKNYA , KALAU BISA 1 LITER.AIR PUTIH YANG ANDA MINUM USAHAKAN AIR YANG TDS-NYA 0 (NOL) ATAU "AIR OKSIGEN" , ATAU KALAU TIDAK ADA AIR OKSIGEN PALING TIDAK AIR MERK AQUA.
• 1 KALI SEBELUM MAKAN SIANG
• 1 KALI SEBELUM TIDUR MALAM.SETELAH MINUM AMBEXTRA INI JANGAN MAKAN / MINUM YANG LAIN KARENA SEWAKTU TIDUR LAMBUNG MELAKUKAN PENYERAPAN DENGAN BAIK.MENJELANG TIDUR MALAM JANGAN MAKAN MINIMAL 2 JAM SEBELUMNYA ATAU LEBIH BAIK LAGI SETELAH MAKAN SORE USAHAKAN JANGAN MAKAN/NYAMIL (MAKAN CAMILAN) AGAR LAMBUNG BISA ISTIRAHAT DENGAN BAIK SEWAKTU TIDUR MALAM.
• LEBIH BAIK TAMBAHKAN MINUM VCO / MINYAK KELAPA MURNI 1 SENDOK MAKAN
PANTANGAN :
• SATE / GULE KAMBING
• JEROAN, USU, BABAT, DLL, BAIK ITU KAMBING, SAPI ATAUPUN JEROAN LAINNYA
• PEDAS / LOMBOK
• DURIAN
• GORENG-GORENGAN
• SUSU YANG BERLEMAK / KOLESTEROL ( SUSU YANG TIDAK BERLEMAK / BEBAS FAT BOLEH DIMINUM)
• MINUMAN BERKARBON, SPRITE, COCA COLA, DLL
• MENGANGKAT BARANG TERLALU BERAT
• OLAH RAGA & KERJA TERLALU BERAT
HAL-HAL YANG DIANJURKAN
• SIRSAK ATAU MURIS, BUAH PEPAYA
• JALAN- JALAN DI PAGI HARI
Minuman yang dianjurkan : AIR OKSIGEN ATAU TDS 0 (NOL)
Kalau sudah sembuh usahakan tetap menghindari makanan / minuman yang dilarang atau minimal dalam 2 tahun.
Wassalam - DENGAN MENGKONSUMSI SECARA RUTIN , SABAR DAN TEKUN - INSYA ALLAH - AKAN SEMBUH
***************
AMBEXTRA, obat ampuh atasi ambeien TANPA OPERASI, Obat ini 100% alami dr tumbuhan, AMBEXTRA sudah banyak terbukti mampu mengatasi hal-hal yg berkaitan dgn masalah ambeien mulai dari "PENDARAHAN, PEMBENGKAKAN DAERAH ANUS, bahkan KELUARNYA ANUS". Apabila terjadi pendarahan & pembengkakan perlu dutambahkan ALERGO.Banyak pengalaman orang yg dioperasi ambeien, sakitnya lebih sakit dari orang melahirkan biayanya mahal lagi. Semoga dgn AMBEXTRA insyaAllah AMBEIEN/WASIR Anda sembuh "tidak sakit & biayanya sangat terjangkau". Dengan ketelatenan & kesabaran serta ijin Allah, alhamdulillah banyak pasien kami yg sembuh terutama sopir-sopir bus,angkot,penjahit,pegawai kantor yg banyak duduk & msh banyak lagi. Semoga informasi ini berguna bagi Anda ..!









Nama Tanaman Belimbing Asam (Averhoa bilimbi.)
Nama Lokal Belimbing Asam (Indonesia), Calincing (sunda),; Blimbing wuluh (Jawa), Bhalimbing bulu (Madura),; Blimbing buluh (Bali), Selimeng (Aceh), Balimbing (Lampung); Balimbeng (Flores), Celane (Bugis), Takurela (Ambon);
Deskripsi Belimbing asam (Averhoa bilimbi) dapat tumbuh baik di tempat-tempat terbuka yang mempunyai ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan air laut. DI negara asalnya, tanaman ini tumbuh baik di daerah tropis dan di Indonesia banyak dipelihara di pekarangan atau kadang-kadang tumbuh secara liar diladang atau tepi hutan. Tumbuhan ini tingginya dapat mencapai lebih dari 10 meter dan mempunyai batang yang keras. Ada dua varitas dari tumbuhan belimbing asam yaitu yang menghasilkan buah berwarna hijau dan kuning muda atau sering pula dianggap berwarna putih. Batangnya tidak banyak memiliki cabang, sedang daunnya bersirip genap. Bunganya yang kecil-kecil menggantung berwarna merah atau keunguan dengan buah memanjang dan dalamnya berongga berbiji-biji. Daging buahnya banyak mengandung air yang berasa asam.
Untuk Penyakit Batuk, Beguk, Encok, Sariawan, Hipertensi, Diabetes melitus; Demam, Radang poros usus, Menghilangkan jerawat;
Pemanfaatan 1. Batuk
a. Bahan: 1 genggam bunga belimbing asam dan 1 potong gula batu
Cara membuat: direbus bersama-sama dengan 1 gelas air sampai
mendidih hingga tinggal ½ Gelas.
Cara menggunakan: diminum pagi dan sore secara rutin.

b. Bahan: daun, bunga dan buah belimbing asam ditambah gula
merah dan adas pulawaras
Cara Membuat: direbus bersama-sama dengan 1 gelas air sampai
mendidih hingga tinggal ½ gelas.
Cara menggunakan: diminum pagi dan sore secara rutin

2. Beguk
Bahan: 10 lembar daun belimbing asam dan 4 siung bawang merah
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk bobok dan obat luar

3. Encok
a. Bahan: 1 genggam daun belimbing asam ditambah kapur sirih
Cara membuat: ditumbuk halus bersama-sama
Cara menggunakan: digosokan sebagai param

b. Bahan: 4 genggam daun belimbing asam
Cara membuat: ditumbuk halus
Cara menggunakan: digunakan untuk menggosok bagian
pinggang

4. Sariawan
Bahan: 11 kuntum bunga belimbing asam, asam jawa dan gula merah
Cara membuat: direbus bersama-sama dengan 2 gelas air sampai
mendidih hingga tinggal 1 gelas
Cara menggunakan: diminum pagi dan sore

5. Hipertensi
Bahan: 3 buah belimbing asam, ½ ikat daun kemangi
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih
hingga tinggal ½ gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum menjelang tidur dan diulangi 3 hari
sekali

6. Diabetes mellitus, demam dan radang poros usus
Bahan: 3 genggam daun belimbing asam
Cara membuat: direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian
disaring untuk diambil airnya
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

7. Menghilangkan Jerawat
Bahan: 3 buah belimbing asam dan garam secukupnya
Cara membuat: buah belimbing diparut kemudian kedua bahan
tersebut dicampur sampai merata
Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak pada bagian wajah
yang berjerawat





LATIHAN POWER JILQ
Pendahuluan
Latihan ini HANYA untuk anda yang telah mempraktekkan dan berlatih semua latihan dalam topik “Pengenalan” dari manual ini. Latihan ini cukup intens dan jika anda tidak pernah berlatih dengan latihan-latihan di dalam bagian “Pengenalan”, anda sedang mengambil sebuah risiko lebih besar dengan munculnya bintik-bintik darah (blood spots) pada penis anda.
Pemanasan
Sebuah pemanasan yang baik diperlukan sebelum melakukan latihan ini sehingga anda akan mendapatkan hasil dan kenyamanan yang lebih besar. Mulailah dengan melakukan Balutan Panas selama 5 menit, kemudian keringkan dengan sebuah handuk lembut.
Dengan menggunakan pelumas pilihan anda (misalnya baby oil), urutlah penis anda dengan jemari anda hingga tercapai kondisi setengah ereksi. Begitu mencapai kondisi setengah ereksi, anda boleh mulai melakukan Jilq. Lakukan metode Arabic Jilq selama 15 menit, berkonsentrasilah dengan baik pada fenomena pemanjangan dan peregangan penis anda setiap kali anda mengurut. Perhatikan kepala penis anda membesar setiap kali anda mengurut, konsentrasilah pada darah yang mengisi setiap spasi di dalam penis anda. Lakukan ini secara terus menerus tanpa henti.
Setelah 15 menit terlampaui, lakukan 50 kali Kegels untuk pemanasan otot PC anda, tahan cengkeraman yang terakhir selama 10 detik.
Sekarang anda siap untuk latihan Power Jilq.
Latihan Power Jilq:
Setelah pemanasan seperti di atas, lumuri lagi penis anda dengan pelumas pilihan anda secukupnya hingga bisa menjamin sebuah sesi panjang dapat dilakukan tanpa perlu berhenti untuk melumuri lagi. Sekarang, sebagaimana telah kita bahas dalam Pengenalan Metode Arabic Jilq, cara yang tepat untuk melakukan Jilq adalah setiap urutan dari pangkal hingga bagian bawah kepala penis adalah dengan interval satu detik degan satu tangan sebelum anda melanjutkan dengan tangan yang satunya. Dengan Power Jilq, setiap urutan haruslah selama 3 detik dengan diikuti sebuah Kegel yang kuat setiap 10 kali urutan. Latihan ini sangatlah sederhana dan harus dilakukan paling sedikit 5 kali per minggu selama paling sedikit 30 menit secara kontinu tanpa berhenti.
Berikut ini adalah sebuah contoh latihan Power Jilq sederhana:
Pemanasan selama 15 menit dengan Balutan Panas selama 5 menit dan satu sesi Latihan Length Xtender selama 10 menit.
Kondisikan penis anda setengah ereksi dan mulailah sebuah sesi Arabic Jilq selama 15 menit untuk benar-benar mengekspansi jaringan ereksi penis anda dan menyiapkannya untuk sebuah latihan Power Jilq.
Berikutnya, lumuri lagi dengan pelumas anda. Sekarang anda siap untu sebuah latihan Power Jilq.
Mulailah seperti ketika anda melakukan Jilq, hanya saja kali ini lakukan dulu sebuah Kegel dan perhatikan bagaimana seketika banyak darah mengisi penis anda ketika anda menegangkan PC anda.
Sesegera anda melihat penambahan darah ketika anda melakukan Kegel, lakukan Jilq dengan perlahan selama sekitar 3 detik untuk mencapai bagian bawah kepala penis anda.
Ketika anda melakukan Jilq secara perlahan, anda seharusnya merasakan rasa geli pada kepala penis anda. Rasa kegelian ini adalah fenomena dari pembuluh-pembuluh darah yang terekspansi oleh darah ketika anda melakukan Jilq
Lakukan 3 detik Jilq perlahan sebanyak 9 kali dan lakukan sebuah Kegel yang kuat. Kemudian ikuti dengan segera sebuah Jilq yang kuat. Rasakan ekspansi ketika anda mencapai bagian bawah kepala penis anda. Lanjutkan pola ini selama 30 menit.
Ingat, 9 kali Jilq yang kuat kemudian sekali Kegel & Jilq yang kuat. Ikuti pola ini terus menerus selamai 30 menit. Lakukan sebuah Balutan Panas selama 5 menit untuk mengakhiri latihan anda.
TIPS :
Karena latihan ini sangat intensif dan merupakan sebuah bagian kritis pada aspek pembesaran dalam manual ini, maka sangatlah wajar untuk beberapa pria mengalami memar berwarna merah, bintik-bintik darah, atau titik-titik ungu pada penis mereka. Jika tanda-tanda seperti itu tampak pada penis anda, jangan khawatir, karena itu adalah cukup normal dan tidak berbahaya. Jika ada rasa sakit pada tanda-tanda tersebut, cukup bijaksana jika berhenti selama beberapa hari dan biarkan penis anda sembuh. Ingatlah bahwa pemanasan yang tepat sebelum melibatkan diri pada latihan yang intensif akan melenyapkan kemungkinan timbulnya memar yang menyakitkan dari latihan-latihan pada program ini. Baca ulang petunjuk latihan ini secara terus menerus dan pastikan anda melakukan semua latihan dengan benar. Disamping itu, melakukan hanya salah satu dari latihan-latihan ini tidak akan memberi anda hasil yang anda perjuangkan. Anda harus melatih kemauan anda dan melibatkannya dalam sebuah latihan komplit dan anda harus menggunakan latihan ini setiap hari. Rekan pria saya menghabiskan waktu satu setengah jam setiap hari untuk latihan-latihan ini. Beberapa dari anda mengatakan bahwa anda tidak punya cukup waktu untuk melakukannya. Saya katakan itu adalah omong kosong, dan saya jamin rata-rata para pria menghabiskan lebih dari 3 jam per hari pada hal-hal yang tak terlalu penting, seperti nonton sepak bola, televisi, main game atau tidur berkepanjangan. Anda harus memutuskan untuk apa waktu anda lebih baik dihabiskan.

LATIHAN POWER STRETCH
Pendahuluan
Power Stretch adalah sebuah bentuk dari Length Xtender, hanya saja lebih kompleks. Alasan kami membangun latihan ini adalah banyaknya permintaan dari klien kami untuk mampu membuat testikel mereka tergantung lebih bawah dari penis. Alasan bahwa ini penting adalah hal tersebut membuat anda tampak lebih “menggantung”. Banyak pria merasa tidak percaya diri karena testikel mereka terlalu melekat ke penis yang menyebabkan penis mereka terlihat lebih kecil. Ini membuat penis mereka yang sudah kecil terlihat lebih kecil lagi.
Langkah awal
Lakukan sebuah Balutan Panas yang baik pada penis dan testikel anda selama 5 menit dan keringkan dengan sebuah handuk lembut. Dengan lembut regangkan penis dan kulit testikel anda selama beberapa menit hingga semua titik-titik “mengkerut” akan melentur dan lebih mudah untuk diregangkan. Pegang disekitar pangkal dimana testikel anda bertaut dengan penis. Tekan dengan perlahan dan testikel selayaknya ikut tertarik ketika area pertautan itu berada di dalam tangan anda (testikel anda harusnya berada di atas tangan anda dan bagian pertautan berada di dalam tangan anda). Pegang (seperti akan mencubit) dan tariklah perlahan jaringan dan kulit bagian pertautan tersebut. Anda seharusnya merasakan sedikit rasa tak nyaman pada testikel anda dan perut bagian bawah. Saat itu adalah keadaan dimana harus berhenti menarik. Berhentilah sejenak, dan tarik lagi, beberapa kali selama beberapa menit. Ini akan membantu memanjangkan jaringan testikel anda dan meningkatkan aliran darah ke dalamnya, serta meningkatkan ukuran dan volume ejakulasi.
Berikutnya, berikan waktu istirahat dan urutlah testikel anda dan area diantaranya (tengah antara 2 buah testikel) selama beberapa menit untuk menjaga darah tetap mengalir dan melenturkan kulitnya.
Sekarang, genggam kedua bola testikel anda (ketika saya hanya menyebut ‘testikel’ itu berarti adalah dua buah bola testikel) dengan genggaman yang kuat namun nyaman dan tidak menyakitkan. Gunakan tangan yang lain dan genggamlah penis anda persis dibawah bagian kepalanya seperti dalam Length Xtender. Sekarang, tarik ke bawah tangan yang menggenggam testikel anda dan ke atas untuk tangan satunya yang menggenggam penis anda. Anda seharusnya merasakan sebuah regangan yang baik pada bagian yang menghubungkan testikel ke penis anda. Tahan keadaan tersebut selama 10 hitungan. Istirahatlah selama beberapa detik dan ulangi sebanyak 5 kali lagi.
Istirahat selama beberapa menit dan urutlah testikel anda. Dengan perlahan pukul-pukulkan penis anda ke paha untuk membuat darah mengalir kembali.
Latihan
Awali seperti diatas, pemanasan dan peregangan kulit.
Genggam testikel dan penis anda seperti diatas dan mulailah untuk meregangkan. Hentikan ketika anda merasakan sebuah regangan yang baik dan tahan selama 20 detik.
Setelah 20 detik, relaks selama beberapa detik, kemudian genggam testikel dan penis anda lagi.
Regangkan lagi, hanya saja kali ini dengan menarik testikel anda ke arah kiri dan penis anda ke arah kanan. Rasakan sebuah regangan yang baik dan tahan selama 20 detik.
Istirahatlah selama 10 detik.
Regangkan lagi, hanya saja kali ini dengan menarik testikel anda ke arah kanan dan penis anda ke arah kiri. Rasakan sebuah regangan yang baik dan tahan selama 20 detik.
Istirahatlah selama 10 detik.
Regangkan lagi, hanya saja kali ini dengan menarik testikel anda ke bawah dan penis anda ke atas. Rasakan sebuah regangan yang baik dan tahan selama 30 detik
Akhiri dengan sebuah Balutan Panas selama 5 menit.
Banyak para pria melakukan latihan ini setiap hari selama 30 menit. Anda boleh menggunakan kebijaksanaan anda sendiri untuk memutuskan berapa lama yang cukup untuk anda. Latihan ini akan memanjangkan penis anda baik dalam keadaan lemas maupun ereksi dan akan membuat testikel anda menggantung lebih bawah lagi.
Dengarlah tubuh anda dan jangan meremas atau menarik terlalu keras hingga menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman. Selalu lakukan sebuah Balutan Panas untuk memanaskan dan mengakhiri latihan. Ini akan membantu untuk mencegah kecelakaan akibat latihan yang berlebihan.

LATIHAN LENGTH XTENDER
Pendahuluan
Ini adalah latihan Length Xtender yang termasyhur yang banyak pria mengklaim sebagai latihan yang menyenangkan dan membanggakan mereka. Beberapa pria lebih menyukai Jilq, tetapi semua harus dilakukan bersama-sama untuk mendapatkan hasil terbaik.
Ini adalah latihan Length Xtender tingkat lanjut, jadi jika anda belum membaca bagian Pengenalan Latihan Length Xtender, saya sarankan untuk membaca dan melakukannya selama sebulan sebelum melibatkan diri dalam latihan ini. Latihan ini melibatkan betotan dan regangan yang intens pada penis anda dan dapat menyebabkan kecelakaan jika tidak berhati-hati dan waspada melakukannya. Selalu perhatikan apa yang penis anda rasakan, dan hentikan jika anda merasa atau ada tanda-tanda semacam kulit yang robek, memar atau tanda-tanda kesakitan lainnya pada penis anda. Selalu gunakan kebijakan anda untuk memutuskan berapa lama anda melakukan latihan ini atau latihan-latihan lainnya, dan hentikan jika anda merasa anda telah mencapai batas waktu anda. Jika anda merasa bisa melakukan lebih lagi, itu terserah anda, tetapi jangan pernah melakukan lebih dari yang anda rasakan seharusnya.
Pemanasan
Sebuah Balutan Panas sebelum SETIAP latihan adalah hal paling cerdas untuk dilakukan, karena itu membuat jaringan penis anda menghangat, membuatnya cukup lentur dan mudah untuk diregangkan. Juga membantu untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena jaringan tersebut lebih bisa diekspansi dan tidak menjadi terlalu kelebihan beban selama sesi latihan yang intens.
Setelah 5-10 menit Balutan Panas, genggam penis anda tepat dibawah bagian kepalanya dan dengan perlahan betotlah hingga anda merasakan sebuah peregangan. Tahan regangan itu selama beberapa detik, kemudian tarik/betotlah ke arah kanan dan tahan selama beberapa detik. Lanjutkan dengan ke arah kiri, atas dan bawah, serta tahan untuk setiap arah tersebut dalam beberapa detik. Lakukan ini beberapa kali hingga selama 5 menit. Setelah pemanasan ini komplit, pukul-pukulkan penis anda ke paha anda sebanyak 50 kali untuk membuat darah mengalir lancar kembali dan istirahatlah beberapa menit sebelum memasuki latihan The Length Xtender.
Length xtender
Ingat latihan ini cukup intens, jadi mohon pastikan diri anda benar-benar sudah melakukan pemanasan!
Pastikan penis anda dalam keadaan kering sama sekali dan dalam kondisi lemas total. Gunakan tangan anda yang terkuat dan genggam tepat dibawah kepala penis anda dengan kuat. Gunakan tangan yang lain untuk menggenggam tangan yang sedang menggenggam penis anda dan remaslah untuk memastikan anda telah melakukan genggaman yang baik. Begitu kedua tangan anda telah menggenggam dengan kuat penis anda, tarik/betot menjauh ke depan anda hingga anda merasakan sebuah regangan yang baik pada penis anda. Tahan peregangan ini selama 30 hitungan, kemudian lepaskan dan pukul-pukulkan penis anda ke paha untuk membuat darah mengalir kembali. Lakukan ini selama 3 set lagi, sehingga total 4 set. Setelah semua 4 set tersebut dilakukan, urut dengan lembut penis anda. Capailah hingga setengah ereksi, kemudian tunggulah hingga ereksinya menghilang. Istirahatlah selama semenit, kemudian lakukan dibawah ini.
Setelah beristirahat pendek, mulailah seperti diatas, menggenggam penis anda tepat dibawah bagian kepala. Kali ini, tariklah ke bawah hingga anda merasakan sebuah regangan yang baik pada penis dan pangkal penis anda. Begitu sebuah regangan yang baik anda rasakan, tahan selama 30 kali hitungan. Istirahat selama beberapa detik dengan memukul-mukulkan penis anda ke paha. Ulangi proses ini sebanyak 3 kali lagi untuk mencapai total 4 kali. Setelahnya, urut dengan lembut penis anda. Hingga tercapai kondisi setengah ereksi, kemudian tunggulah hingga ereksinya menghilang. Istirahatlah selama semenit, kemudian lakukan dibawah ini.
Ulangi persis seperti di atas, hanya saja kali ini regangkan ke arah kiri. Tahan setiap peregangan selama 30 kali hitungan dan lakukan total 4 set. Setelah komplit 4 set, urut dengan lembut penis anda hinnga tercapi kondisi setengah ereksi, kemudian tunggulah hingga ereksinya menghilang. Istirahatlah selama semenit, kemudian lakukan dibawah ini.
Ulangi persis seperti di atas, hanya saja kali ini regangkan ke arah kiri. Tahan setiap peregangan selama 30 kali hitungan dan lakukan total 4 set. Setelah komplit 4 set, urut dengan lembut penis anda hinnga tercapi kondisi setengah ereksi, kemudian tunggulah hingga ereksinya menghilang. Istirahatlah selama semenit, kemudian lakukan Balutan Panas selama 10 menit.
Selesai melakukan Balutan Panas, anda boleh mengulangi lagi semua 4 tahapan tersebut jika anda merasa mampu atau jika anda menginginkannya. Hanya saja perlu anda ingat dikarenakan peremasan yang ekstrim pada kepala penis, anda mungkin mengalami bintik-bintik merah atau ungu pada batang dan kepala penis anda. Ini normal dan dengan berjalannya waktu tanda-tanda tersebut akan menghilang dan membentuk jaringan yang lebih kuat.
Anda boleh menambahkan latihan dengan gerak melingkar seperti dijelaskan dalam bagian Pengenalan Latihan Length Xtender.
Setelah anda selesai dengan latihan Length Xtender anda, sebuah sesi 15-20 kali Arabic Jilq yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian dari penis anda, khususnya pada bagian kepala penis yang anda remas dengan kuat. Disamping juga akan membantu dalam proses pembesaran.
Ingatlah, dedikasi adalah kunci untuk meningkatkan ukuran dan kemampuan penis anda. Jika anda tidak melakukan latihan-latihan, maka penis anda tidak akan menjadi lebih besar. Dedikasi diperlukan untuk melihat hasilnya! Beri diri anda waktu 3 bulan dan saya jamin anda akan bisa merubah hidup anda.
TIPS :
Ingatlah, jika tangan anda kesulitan dalam meregangkan penis anda karena sering terlepas (selip), bubuhkan sedikit bedak bayi pada tangan anda agar bisa melakukan sebuah genggaman yang erat. Jangan lupa untuk membersihkan tangan dan penis anda dari bedak dengan mencucinya sebelum anda melakukan Jilq.
Kembali Ke Halaman Depan



LATIHAN JILQ AND HOLD

Pendahuluan
Tehnik Jilq and Hold adalah sesuatu yang harus anda libatkan setelah anda melakukan jilq selama paling sedikit 20 menit. Ini akan membuat penis anda dan seluruh jaringan spon didalam penis memanas dan cukup teregang untuk meminimalkan kemungkinan celaka. Latihan ini akan membesar-gemukkan dan memanjangkan penis anda baik dalam keadaan lemas maupun ereksi.

Setelah melakukan sebuah Balutan Panas selama 5-10 menit, marilah kita mulai.

Pemanasan
Urut penis anda hingga ereksi dan tegangkan otot PC anda untuk membuatnya sekeras mungkin. Begitu ereksi full, tegang-kendurkan otot PC anda sebanyak 20 kali untuk mengekspansi penis anda sebanyak mungkin. Kemudian cengkeramkan otot PC anda sekeras yang bisa anda lakukan dan tahan hingga ereksi anda menjadi setengahnya (setengah ereksi).
Sekarang waktunya untuk Jilq.

JILQ
Lumurkan pelumas yang anda pilih dan mulailah metode Jilq anda. Sembari melakukan Jilq, bayangkan penis anda memanjang setiap kali anda mengurut ke arah bagian kepalanya. Lakukan Jilq selama 20 menit secara kontinu tanpa henti. Begitu tuntas, istirahatlah selama semenit dan tetaplah mengurut penis anda untuk menjaga agar tetap setengah ereksi.
Sekarang kita siap untuk Jilq and Hold.

Jilq and Hold
Mulailah melakukan Jilq seperti yang telah anda lakukan, lakukan setiap urutan dengan interval selama 2 detik. Sekarang, setelah sekitar 20 kali Jilq untuk membuat penis anda kembali dalam permainan, lakukan sebuah Jilq sedikit lebih keras dari biasanya. Jika anda melakukannya dengan cukup kuat, tangan anda harus berhenti ketika mencapai bagian kepala. Saat itulah, tarik dengan cukup kuat untuk merasakan sebuah regangan yang baik pada penis anda, itulah yang dinamakan Jilq and Hold. Ulangi set 20 kali Jilq kemudian lakukan Jilq and Hold dengan tangan yang lain. Lanjutkan rutin ini berulang-ulang hingga total 500 kali Jilq dan 25 kali Jilq and Hold. Jika anda merasa bisa terus melakukannya tanpa merasa kesakitan, maka gunakanlah kebijakan anda untuk menentukan kapan anda rasa cukup.

Cooling Down
Pada akhir latihan ini penis anda akan merasa SANGAT kelelahan dan terlihat seperti “dipompa”. Urut penis anda hingga full ereksi keras dan pompalah otot PC anda beberapa kali sembari mengurut untuk membesarkan penis anda hingga pada potensi terbaiknya. Tetaplah mengurut dan memompa otot PC anda hingga terasa desakan cukup kuat untuk ejakulasi. Begitu sensasi ini tercapai, tegangkan otot PC anda SEKERAS mungkin yang bisa anda lakukan, potong habis semua jalan bagi sperma anda untuk keluar melalui saluran ejakulatori anda. Tetaplah menegangkannya hingga desakan itu hilang, kemudian ulangi lagi. Lakukan ini sebanyak 5 kali untuk cooling down.

TIPS :
Ketika melakukan latihan Jilq and Hold, tangan anda seharusnya secara otomatis terhenti ketika mencapai bagian kepala penis anda. Begitu tangan anda terhenti, mulailah untuk mencengkeram sedikit
lebih kuat ketika anda menariknya. Itu adalah cara yang tepat untuk melakukan latihan ini.